Select Page

10 UMKM Didaulat Jadi Pahlawan Produk Lokal, Ini Pemenangnya

10 UMKM Didaulat Jadi Pahlawan Produk Lokal, Ini Pemenangnya

Warga Kampung Naga, Tasikmalaya, Jawa Barat mengajarkan membuat kerajinan tangan kepada para mahasiswa yang datang ke tempat mereka. (Foto: Dok Kemenparekraf RI

UMINews.com, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menetapkan 10 Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) sebagai ‘Pahlawan Produk Lokal’ dalam ajang penghargaan UKM Award 2020.

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengatakan, seluruh UMKM yang menerima penghargaan tersebut adalah sosok-sosok pahlawan produk lokal UMKM di daerahnya masing-masing.

Ia berharap dengan terpilihnya para PahlawanProduk Lokal ini seluruh peserta tidak hanya sebagai pengungkit ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat sekitarnya, tetapi juga bisa mengapresiasi dan mempercepat tumbuhnya brand-brand nasional yang ke depannya mampu bersaing di kancah internasional.

Teten menjelaskan, program UKM Award merupakan program yang digagas oleh Kemenkop UKM sebagai salah satu bagian gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Dengan menggunakan tema program UKM Award adalah Pahlawan Produk Lokal, diharapkan para peserta bisa memaknai pencapaian dari prestasi-prestasi yang dilahirkan oleh para pelaku UMKM Indonesia.

“Kami ingin pelaku UMKM Indonesia tetap produktif dan inovatif meski di masa pandemi COVID-19. Dengan begitu mereka akan menjadi inspirasi bagi orang banyak dan kebanggaan bagi bangsa dan negara,” kata Teten Masduki.

Kata Teten lagi, rangkaian UKM Award ini telah dilakukan dari pertengahan September 2020. Dimulai dari kegiatan Focus Group Discussion (FGD), sosialisasi, penjaringan proposal dari peserta, kurasi lokal dan nasional, hingga pelaksanaan penjurian. Total jumlah peserta yang melakukan pendaftaran tercatat berjumlah 832 unit UMKM.

Baca Juga:
  1.564 Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Go Digital 2020

Lebih detail lagi Teten menceritakan, setelah semua peserta terdaftar, Kemenkop UKM mulai melakukan seleksi bersama dengan tim kurator dengan mempertimbangkan persyaratan dan ketentuan, kelengkapan dokumen serta melakukan wawancana.

Sementara itu, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM Victoria Simanungkalit memaparkan, dari 176 UMKM yang lolos seleksi pada bagian administrasi, dilakukan kurasi skala total, sehingga dari seleksi tersebut bisa menghasilkan 100 UMKM unggulan dari berbagai sektor usaha dan daerah.

Selanjutnya, Victoria menambahkan, dari 100 UMKM dilakukan kurasi provinsi dan menghasilkan 25 UMKM unggulan. Setelah itu, kurator nasional dan kurator utama melakukan kurasi terakhir dengan kriteria penilaian. Antara lain, tujuan dan dampak usaha, model dan strategi bisnis yang dijalankan, segmen pasar sasaran, dan profil pelaku usaha.

“Kemudian dilakukan penilaian secara individu oleh kurator nasional dan kurator utama. Setelah itu diputuskan 10 UMKM sebagai penerima penghargaan UKM Award 2020,” terang Victoria Simanungkalit.

Diungkapkannya, ada satu UMKM yang menerima penghargaan khusus yang berasal dari daerah Perbatasan, Tertinggal dan Terluar.

Berikut 10 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang didaulay menjadi Pahlawan Produk Lokal:

1. CV Adi Daya Group asal Jawa Tengah

2. CV Jokopi Indonesia asal Jawa Timur

3. Koperasi Jasa Noto Wono asal DI Yogyakarta

4. Koperasi Mandiri Karya Madani asal Kulaku Indonesia, Sumatera Selatan

Baca Juga:
  Ke Alam Santosa Ekowisata Bandung, Rekreasi di Masa Pandemi COVID-19

5. PALA Nusantara asal Jawa Barat

6. PT Cloud Hosting Indonesia asal Riau

7. PT Kampung Marketerindo Berdaya asal Jawa Tengah

8. PT Kreasi Karya Raya asal Jawa Timur

9. PT Pravettia Nuansa Alami asal Jawa Barat

10. Virgil Coffee dari Nusa Tenggara Timur.

Nah, patut kita acungi jempol para penerima gelar ‘Pahlawan Produk Lokal’ di ajang UKM Award 2020 ini. Semoga di tahun 2021 giliran Anda yang akan dianugerahi gelar bergengsi ini.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

10365 927,380 Kasus
308 26,590 (2.9%) Meninggal
8013 753,948 (81.3%) Sembuh
19 Jan 2021, 11:44 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia