Select Page

270 Juta Penduduk Indonesia Adalah Target Konsumen Produk UMKM

270 Juta Penduduk Indonesia Adalah Target Konsumen Produk UMKM

Menkop UKM Teten Masduki menghadiri acara 'Ngetem X-Lokal Heroes UMKM 2020 beberapa waktu lalu. (Foto: ISTIMEWA)

UMINews.com, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Menkop UKM) Teten Masduki meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Senin, 11 Januari 2021 kemarin di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Di kesempatan itu Teten mengungkapkan target pemerintah Indonesia terhadap jumlah produk UMKM yang terhubung ke dalam sistem digital.

Teten mengatakan Gernas BBI merupakan salah satu upaya pemerintah membantu pelaku UMKM agar bisa bertahan di tengah dampak pandemi COVID-19. Diharapkan, dengan gerakan ini masyarakat didorong dan mau membeli produk-produk dalam negeri, khususnya produk UMKM.

“Kalau masyarakat membeli produk-produk UMKM, maka secara otomatis omzet penjualan yang diraih pelaku UMKM akan semakin meningkat. Memang saat ini daya beli masyarakat sedang menurun,” kata Teten Masduki dalam keterangan persnya, Selasa, 12 Januari 2021.

Ditegaskan Teten, jumlah penduduk Indonesia sangat besar, yaitu hampir 300 juta jiwa. Hal ini harus dimanfaatkan secara optimal menjadi peluang besar keberlanjutan produk-produk UMKM.

Dia pun mengandaikan, jika masyarakat menggunakan produk dalam negeri yang digunakannya sehari-hari, maka akan berdampak positif bagi para pelaku UMKM. Mereka bisa mempertahankan eksistensinya di tengah pandemi COVID-19.

Di kesempatan ini Teten Masduki mengingatkan kembali pentingnya produk UMKM terhubung ke dalam sistem digital. Katanya, ini merupakan strategi untuk menghubungkan para pelaku UMKM dengan berbagai penyedia platform online marketplace.

Baca Juga:
  Gubernur BI Yakin Generasi Milenial Akan Bawa UMKM Go Internasional

Teten Masduki menyebutkan, pemerintah Indonesia menargetkan hingga tahun 2024  sedikitnya 30 juta pelaku UMKM sudah tersambung dengan sistem digital. “Sekarang ini baru sekitar 10,26 juta pelaku UMKM yang onboarding ke digital,” terang Teten.

“Dengan menguasai pasar digital dalam negeri, maka dengan sendirinya kita memiliki akses ke pasar global,” tambahnya menjelaskan.

Teten Masduki pun meminta seluruh elemen berbangsa dan bernegara bahu membahu memajukan UMKM, salah satunya dengan menyukseskan Gerakan Nasional Bangsa Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

10365 927,380 Kasus
308 26,590 (2.9%) Meninggal
8013 753,948 (81.3%) Sembuh
19 Jan 2021, 10:59 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia