Select Page

3 Trik Supaya Bisnis Anda Punya Konsumen Loyal

3 Trik Supaya Bisnis Anda Punya Konsumen Loyal

UMINEWS.COM, Dalam berbisnis, sangat penting memelihara loyalitas konsumen agar mereka tidak berpindah ke produk yang sama atau yang ditawarkani oleh orang lain. Ada trik berbisnis untuk mendapatkan loyalitas konsumen.

Menjaga kesetiaan pelanggan adalah hal terpenting yang bisa dilakukan, mengingat banyak sekali pesaing dengan produk serupa yang mulai berlomba-lomba mencapai kesuksesan.

Persaingan usaha yang semakin ketat akan membuat para pebisnis berpikir keras, bagaimana caranya agar pelanggan tidak kabur ke produk lain dan justru membawa lebih banyak konsumen lagi kepada mereka.

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga loyalitas konsumen demi kesuksesan bisnis Anda.

1. Memberi Pelayanan Memuaskan

Salah satu kunci untuk tetap menjaga loyalitas konsumen pada produk yang Anda buat adalah dengan memberikan pelayanan atau service yang memuaskan kepada setiap konsumen.

Selain keberadaan produk yang baik, pelayanan memang menjadi hal yang nomor satu dalam berbisnis. Pelayanan yang sangat berkualitas merupakan kunci sukses dari bisnis yang dijalani.

Tidak hanya kepada pelanggan setia saja, namun juga pelayanan yang sempurna harus diberikan pada pelanggan baru. Dengan tujuan supaya mereka tertarik dan mau menjadi pelanggan setia kamu juga.

Banyak sekali aspek yang harus dijaga dalam hal pelayanan, di antaranya kebersihan tempat berbisnis.

Mungkin, ini tidak berlaku bagi yang berbisnis dengan sistem online, di mana lokasinya tidak diketahui oleh orang lain.

Selain kebersihan tempat, aspek lain yaitu keramahan pun juga diperlukan. Sehingga pelanggan akan merasa dihargai karena telah menggunakan barang atau jasa yang Anda jual.

2. Membangun Hubungan Simbiosis Mutualisme

Ketika pelayanan terbaik bisa Anda berikan kepada pelanggan, maka secara tidak langsung Anda telah membuat mereka bertahan sekaligus menjadi setia dengan bisnis yang Anda dirikan.

Selanjutnya hal yang harus Anda lakukan dalam meningkatkan loyalitas konsumen adalah membentuk hubungan kerja sama yang baik dengan para pelanggan alias konsumen.

Sebisa mungkin, buat kerja sama antara Anda (selaku pemilik bisnis) dan para pelanggan berjalan sesuai dengan harapan, serta masing-masing pihak sama-sama merasa diuntungkan.

Dengan demikian, perlahan-lahan, dampak positif dari bisnis Anda akan semakin terlihat nyata dan dekat dengan kesuksesan.

Anda bisa memberikan promo-promo menarik kepada para pelanggan. Ini sebagai bentuk apresiasi kesetiaan mereka. Secara otomatis, hal tersebut membawa kamu pada promosi yang paling menguntungkan.

3. Mendengarkan Keluhan Konsumen

Dalam menjalani sebuah Bisnis, Anda akan menghadapi banyak jalan berkelok dan bebatuan kecil. Hambatan berupa bebatuan kecil ini bisa datang dari mana saja, termasuk dari konsumen yang sudah pernah mencoba langsung produk Anda.

Di suatu kondisi, akan ada banyak konsumen yang memberi komplain karena merasa tidak puas atas pelayanan atau produk yang Anda jual.

Beberapa keluhan mungkin ada yang tidak masuk akal dan merupakan hal sepele. Namun, ada pula yang benar-benar menyatakan alasan yang valid dengan bukti yang kuat.

Anda harus menyiapkan waktu khusus untuk menangani segala keluhan yang ada dengan cepat dan tepat.

Jika banyak komplain yang sama dan merujuk pada satu barang tertentu, maka sebaiknya Anda melakukan pembenahan saat itu juga. Sehingga nantinya tidak ada lagi Konsumen yang komplain tentang hal yang sama pula.

Sementara untuk komplain lainnya bisa Anda tangani dengan kepala dingin. Jangan sampai terbawa emosi apalagi memaki-maki pelanggan yang menyampaikan keluhan, karena itu dapat membuat reputasi bisnis Anda akan menurun.

Jaga kesetiaan pelanggan, jangan kecewakan mereka sedikitpun. Selalu tersenyum dan ramah adalah solusi yang tepat dalam menghadapi komplain mereka. Bahkan saat mereka melontarkan kata-kata kasar di depan Anda.

Nah, jika tiga trik berbisnis yang dipaparkan di atas dijalankan dengan konsisten, itu artinya Anda mampu menjaga loyalitas konsumen. Pada akhirnya bisnis Anda akan sukses.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

5534 511,836 Kasus
114 16,225 (3.2%) Meninggal
4494 429,807 (84.0%) Sembuh
25 Nov 2020, 1:51 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia