Select Page

4 Rahasia Agar Bunda Menjelma Jadi Mompreneur

4 Rahasia Agar Bunda Menjelma Jadi Mompreneur

UMINEWS.COM, Bagi para ibu rumah tangga (IRT) yang ingin berbisnis atau istlah kerenny, mompreneur, sebaiknya memperhatikan beberapa hal ini. Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan, waktu, atau bisa dilakukan kapan saja.

Pada umumnya yang paling ditakutkan para ibu rumah tangga ketika hendak memulai berbisnis yaitu takut kekurangan modal atau rugi dan lain sebagainya.

Namun nyatanya beberapa ibu rumah tangga sendiri banyak berhasil membuka bisnis dan mencapai omset ratusan juta Rupiah. Salah satunya yang sukses menjadi mompreneur adalah Meita Irianty. Ia berhasil meraih omset hingga Rp400 juta.

Meita atau lebih dikenal Tata memulai bisnis Sarian Skincare sejak 2019. Ia telah berhasil membangun bisnisnya secara online dengan sudah memiliki 20 distributor yang masing-masing ditargetkan membukukan pembelian Rp20 juta.

Sarian Skincare sendiri saat ini telah memiliki pengikut 115 ribu followers di Instagram sejak bisnis tersebut resmi beroperasi pada November 2019.

Meita mengatakan, bisnis yang berbasis online miliknya ini telah bisa mengantongi omset Rp200 juta hingga Rp400 juta, dengan setidaknya 10.000 produk terjual setiap harinya.

Kesuksesan Meita tak terlepas dari prinsip hidupnya, dalam membangun bisnisnya. “Tidak terbang karena pujian, dan tidak tumbang karena cacian. Itu prinsip dalam hidup saya dalam berusaha,” kata Meita.

Meita pun membocorkan rahasia yang membuat dirinya sukses menjadi mompreneur. Berikut kiat berbisnis yang dijalankan oleh Meita:

1. Tidak boleh Baper

Menurut Meita dalam menjalankan bisnis, setiap orang tak boleh terbawa perasaan alias baperan. Seorang pebisnis harus selalu berfikir positif.

“Kalau ingin usaha kita maju enggak boleh baper, positif aja. Misalnya ada yang mengatakan masa sarjana jual pecel. Omongan seperti ini jangan didengarin, enggak usah gengsi deh,” ujarnya.

Ia mengatakan, kesuksesan akan berpihak pada orang yang bekerja keras dan yang dapat menurunkan gengsinya.

“Usaha tak serta merta langsung jadi, harus ada kerja keras dan ridho Allah,” tutur Meita.

2. Kerugian Sebagai Bahan Pembelajaran

Ketika memulai berbisnis tentunya kerugian tak bisa dihindarkan, sebab ini merupakan bagian proses yang akan dialami dan menjadi pembelajaran penting.

“Seorang pengusaha yang dikatakan sudah berhasil pasti pernah mengalami kerugian, apalagi di awal berbisnis. Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini pasti ada kerugian juga,” ucapnya.

Untuk itu, Meita menegaskan, kerugian harus dijadikan pembelajaran bukan alasan untuk tidak melanjutkan berbisnis.

3. Bisnis yang Bagus adalah Bisnis yang Dilakukan

Meita mengatakan bisnis yang cocok untuk diri sendiri adalah bisnis yang langsung dilakukan bukan sebatas ucapan.

Menurutnya, dengan melakukan bisnis yang kita sukai maka akan paham dengan seluk beluk dunia bisnis, sehingga ini menjadi pembelajaran penting dan pegangan untuk membangun suatu usaha.

“Bisnis yang cocok bagi setiap orang adalah bisnis itu harus dilakukan, direalisasikan, bukan hanya diucapkan. Makanya dilakukan dulu, nanti kan bisa belajar,” imbuhnya.

4. Network dan Pengalaman Sangat Penting

Sebuah bisnis akan berkembang jika kita berani mengembangkan network atau jaringan. Dengan begitu akan mendapatkan pengalaman baru yang bisa dijadikan bekal saat mengembangkan bisnis yang kita jalani.

Meita mengungkapkan, dirinya memulai bisnisnya dari pertemuan dengan seorang teman yang memiliki pabrik kosmetik. Untuk itu hal ini menjadi penting dalam menjalankan bisnis.

“Pengalaman dan network adalah hal yang tidak bisa dibeli. Untuk itu hal seperti  ini perlu dikembangkan,” katanya.

Nah, bagi para ibu rumah tangga yang ingin menjadi mompreneur ada baiknya menjalankan 4 rahasia yang dibocorkan Meita Irianty.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

5803 563,680 Kasus
124 17,479 (3.1%) Meninggal
3625 466,178 (82.7%) Sembuh
04 Dec 2020, 10:51 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia