Select Page

5 Jurus Jitu Agar UMKM Mendapatkan Pelanggan Sebanyak-banyaknya

5 Jurus Jitu Agar UMKM Mendapatkan Pelanggan Sebanyak-banyaknya

Ilustrasi (Foto: ISTIMEWA)

UMINews.com, Mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya merupakan impian setiap pelaku usaha. Bisa dikatakan, menggaet pelanggan adalah pekerjaan susah-susah gampang.

Tidak ada salahnya kita ‘mencontek’ dari pelaku usaha yang sudah sukses, salah satunya adalah Agit Bambang Suswanto, owner Amble Footwear, sebuah merek dagang sepatu kulit dan apparel asli Indonesia.

Berikut bocoran tips dari Agit untuk pelaku UMKM agar dapat menggaet pelanggan sebanyak-banyaknya:

1. Membuat produk yang berbeda

Memulai bisnis di tahun 2009, produk sepatu kulit yang diproduksi Agit banyak diminati masyarakat. Padahal dulu cara memasarkan atau berjualan tidak seperti sekarang, secara daring melalui Instagram atau YouTube.

Agit pun berstrategi yaitu membuat model sepatu kulit yang menabrak logika masyarakat (out of the box). Sebelumnya, sepatu kulit identik dengan bentuk yang kaku dan ‘kebapak-bapakan’. Agit justru membuat model atau desain yang disukai oleh kaum milenial dan senyaman sneakers.

“Mengubah image sepatu kulit itu bentuknya pantofel, untuk pergi kondangan menjadi bisa dipakai oleh anak muda,” ujar Agit.

Tak kalah pentingnya, lanjut Agit, pelaku usaha harus mengetahui atau menentukan target pasar dari produk yang dijualnya.

Target ini sangat penting karena terkait dengan rancangan atau model produk, menentukan harga, cara pemasaran, dan sebagainya.

Baca Juga:
  Menteri Erick Ingin Bentuk Holding UMKM, Ekonom Senior: Pemikiran yang Sesat

2. Tampilkan foto-foto menarik

Harus Anda pahami, foto-foto menarik akan menjadi magnet bagi masyarakat ingin mengetahui, merasakan, dan pada akhirnya membeli produk yang kita tawarkan. Tampilkan foto-foto semenarik mungkin, jangan berprinsip semampunya saja, apalagi asal-asalan.

Bagi yang tidak memiliki skill atau kemampuan dalam bidang fotografi, tidak perlu khawatir. Di era 4.0 seperti sekarang ini sudah banyak platform digital yang bisa mengajarkan secara gratis, seperti YouTube dan Google. Bahkan banyak aplikasi yang dapat di-download sehingga memudahkan kita menyulap foto-foto dari yang biasa menjadi luar biasa.

3. Tetapkan harga produk

Disarankan, menetapkan harga sebuah produk tidak boleh asal-asalan. Yang menjadi dasar menetapkan harga adalah harus mengetahui pasar atau segmen yang Anda incar.

Misalnya, Anda menetapkan harga yang ramah dengan isi kantong karena menargetkan penjualan ke kalangan pelajar dan mahasiswa yang notabene-nya belum memiliki penghasilan atau belum mapan secara keuangan.

4. Berikan garansi

Pemberian garansi biasanya dilakukan pelaku usaha untuk produk-produk non makanan, seperti fesyen, elektronik, alat rumah tangga, dan sebagainya.

Tapi, sebelum memberikan garansi sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu keuntungan dan kelemahan pemberian garansi untuk setiap produk yang dipasarkan ke masyarakat.

Agit mencontohkan, seorang pelanggan mengajukan penukaran sepatu yang dibelinya karena nomornya kekecilan. Selagi stoknya ada bisa kita berikan segera. Jika tidak ada, kita meminta pelanggan untuk bersabar menunggu.

Baca Juga:
  Cari Solusi Hadapi Pandemi COVID-19, Komunitas UMKM Maunesia Gelar Acara Urun Rembug

5. Mengumpulkan testimoni

Jangan ragu meminta testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. Karena testimoni ini akan dilihat oleh calon pelanggan terbarumu. Testimoni yang bagus akan membuat usahamu menjadi salah satu brand/merek terpercaya.

Testimoni yang telah dikumpulkan bisa dipajang di akun media sosial milik Anda seperti Instagram, Facebook, Twitter, bahkan website resmi jika memilikinya.

Bagaimana, sudah jelas sekali kan pemaparan dari Agit Bambang Suswanto? Enggak ada salahnya Anda menerapkan juga, dengan harapan akan mendatangkan, menambah jumlah pelanggan yang membeli produk-produk Anda.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

10365 927,380 Kasus
308 26,590 (2.9%) Meninggal
8013 753,948 (81.3%) Sembuh
19 Jan 2021, 11:55 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia