Select Page

7 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan Pelaku Usaha

7 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan Pelaku Usaha

Foto: ISTIMEWA

UMINews.com, Sebelum memulai suatu usaha atau bisnis, perlu dilakukan terlebih dahulu rencana bisnisnya (business plan). Rencana bisnis merupakan langkah awal yang harus dilakukan para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya.

Business plan merupakan peta untuk menyusun, menjalankan dan mengembangkan suatu bisnis hingga mencapai tujuan.

Menyusun rencana bisnis memerlukan perhitungan dan riset yang matang agar bisnis yang direncanakan dapat dijalankan dengan baik. Namun, masih banyak pelaku usaha yang melakukan sejumlah kesalahan dalam membuat rencana bisnis.

Berikut beberapa kesalahan yang kerap dilakukan pebisnis yang paling umum terjadi.

1. Tidak memiliki rencana bisnis

Kesalahan yang paling sering dilakukan para pelaku usaha adalah tidak menuliskan rencana bisnis. Padahal hal ini sangat penting demi keberlangsungan bisnisnya.

Tidak perlu dibuat dalam versi yang formal atau dikemas secara professional, yang terpenting ada rencananya.

2. Tidak ada tujuan yang jelas

Rencana bisnis pada dasarnya adalah untuk membantu mencapai tujuan bisnis, yaitu kesuksesan. Tujuan dari rencana bisnis ini akan mempengaruhi segala sesuatu, mulai dari apa bentuk rencana yang akan dilakukan, bagaimana strategi yang akan diterapkan, dan lain sebagainya.

3. Model bisnisnya tidak jelas

Bisnis yang sukses tentu harus menghasilkan keuntungan. Kesalahan yang juga sering dilakukan para pelaku usaha adalah memulai bisnis tanpa model bisnis yang jelas. Model bisnis adalah rencana untuk menghasilkan pendapatan di atas pengeluaran (modal).

Baca Juga:
  Tips Cara Mengatur Keuangan Jika Anda Seorang Freelancer

Bisnis apapun tidak akan berhasil jika tidak memiliki model bisnis yang jelas.

4. Tidak melakukan riset

Tidak melakukan riset atau penelitian terlebih dulu adalah kesalahan fatal yang dilakukan pelaku usaha. Melakukan sejumlah penelitian diperlukan agar pelaku usaha lebih siap untuk memulai bisnisnya.

Setiap bagian dari rencana bisnis akan membutuhkan penelitian. Saat ini banyak penelitian dapat dilakukan secara online.

5. Mengabaikan realitas pasar

Mengabaikan atau menyuekkan realitas pasar juga menjadi kesalahan yang kerap dilakukan pelaku usaha. Padahal, penting untuk menguji respon pasar terhadap sebuah produk atau layanan sebelum melakukan penjualan.

Jika ada persaingan maka yang harus dilakukan yaitu ditangani secara memadai dalam rencana bisnis. Pikirkan strategi yang tepat untuk bersaing dan memenangkan pasar.

6. Persiapan keuangan tidak matang

Pelaku usaha perlu mencari tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk memulai dan menjalankan bisnis, serta membuat prediksi berapa keuntungan yang dihasilkan selama tahun pertama beroperasi atau berjualan.

Ada 2 kesalahan umum yag dilakukan orang saat menangani bagian rencana bisnis ini yaitu, tidak realities tentang pengeluaran mereka dan terlalu optimis tentang prospek bisnis barunya itu.

7. Tidak menjalankan rencana bisnisnya

Tidak sedikit pelaku usaha melupakan rencana bisnis yang telah ditetapkannya. Tentu ini akan membuat suatu bisnis sulit berhasil.

Agar tidak lupa, disarankan sebaiknya rencana bisnis (business plan) yang telah ditetapkan dicatat dan didokumentasikan dan secara berkala dilihat kembali, lalu dievaluasi.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 3,532,567 Kasus
N/A 100,636 (2.8%) Meninggal
N/A 2,907,920 (82.3%) Sembuh
05 Aug 2021, 6:47 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia