Select Page

8 Langkah Untuk Meningkatkan Jualan di Instagram yang Patut Anda Tiru

8 Langkah Untuk Meningkatkan Jualan di Instagram yang Patut Anda Tiru

Foto: ISTIMEWA

UMINews.com, Setiap pedagang atau wirausahawan pasti menginginkan barang dagangannya terjual dalam jumlah banyak. Untuk mewujudkan itu diperlukan strategi dan trik jitu, salah satunya dengan memanfaatkan jejaring sosial seperti Instagram.

Di era teknologi digital seperti sekarang ini, berjualan atau berpromosi tidak lagi harus secara konvensional seperti membuka lapak atau memiliki toko. Kita dapat menggunakan website, marketplace dan e-commerce, atau yang sedang trend menggunakan Instagram.

Di Indonesia, pengguna Instagram sudah mencapai 81 juta lebih, meningkat hampir 20 juta pengguna dibandingkan Desember 2019 lalu. Jadi jangan heran kalau timeline Anda banyak bermunculan orang berjualan di sosial media tersebut karena memang konsumen atau pasarnya ada.

Jualan atau melakukan promosi di Instagram memang hanya mem-posting foto,, video dan caption yang menarik serta memikat saja. Tapi disarankan akan lebih baik juga memasang iklan atau melakukan digital marketing di jejaring sosial media tersebut.

Medsos-Instagram

Foto: ISTIMEWA

Kekuatan utama beriklan di Instagram adalah dapat meningkatkan reach (capaian) postingan Anda supaya banyak orang yang di luar follower bisa tahu dan lihat produk Anda. Yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan.

Keuntungan lainnya dengan beriklan di Instagram Marketing, Anda bisa mengatur dan menargetkan secara spesifik siapa saja atau akun mana yang bisa jadi calon pelanggan potensial. Misalnya, target marketing Anda pria atau wanita, lokasi tempat tinggalnya, bahkan sampai hobi calon pelanggan dapat kita ketahui.

Baca Juga:
  Hal-hal yang ‘Diharamkan’ Jika Ingin Jadi Pebisnis Sukses

Tujuannya apa? Supaya yang melihat postingan adalah orang-orang yang berkaitan dengan produk Anda. Dari situlah Anda bisa mengukur dan mengetahui, berapa like, reach, dan followers yang didapatkan. Jika penjualannya bagus maka kita bisa menaikkan lagi budget iklannya, tergantung dari hasil iklan pertama.

Jika tertarik beriklan di Instagram Marketing, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

1. Daftar akun bisnis Instagram

Mulai dengan mendaftar akun Bisnis Instagram dengan nama brand sesuai produk. Jika akun personal (pribadi) Anda sudah dikenal dan memiliki banyak followers tinggal ubah saja menjadi akun bisnis.

2. Optimalkan profil

Setelah mendaftar akun bisnis, selanjutnya adalah mengoptimalkan profil Instagram tersebut. Caranya gunakan foto profil yang unik dan mudah diingat. Lalu lengkapi profil dengan menyebutkan produk atau jasa kami. Jelaskan juga siapa saja yang bisa membeli dan mengapa harus membeli produk Anda. Selanjutnya, berikan info kontak seperti nomor telepon, alamat, email atau menambahkan Landing Page.

3. Tentukan tujuan

Untuk mencapai target konsumen, kamu perlu terlebih dahulu menentukan tujuan dari suatu iklan. Anda bisa meniru iklan-iklan yang sudah ada seperti mamasarkan produk/jasa, membangun komunitas brand, meningkatkan brand awareness, mengiklankan produk/jasa, meningkatkan brand loyality, hingga membagikan update bisnis Anda.

Medsos-Instagram

Instagram Story. (Foto: ISTIMEWA)

4. Target audience

Setelah tujuan sudah dimiliki, selanjutnya menentukan target audience berdasarkan demografis seperti jenis kelamin, minat, dan tempat tinggal.

Baca Juga:
  Ingin Menjalankan Bisnis Franchise, Perhatikan 6 Hal Ini

5. Konten reguler

Buatlah konten yang unik dan menarik secara reguler. Anda bisa membuat tema-tema khusus, mengikuti trend yang ada dan lain sebagainya. Disarankan Anda membuat jadwal kapan menayangkan konten.

6. Gunakan fitur-fitur Instagram

Tidak hanya posting foto dan video di feed, Anda juga bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram dari Story, Story Highlights dan lain-lainnya. Ajaklah followers dan orang lain untuk berinteraksi dengan brand kamu, misalnya dengan mengadakan challenge menggunakan hashtag tertentu.

7. Evaluasi dan analisis

Ketika menggunakan Instagram Marketing, Anda harus memantau hasil postingan, story dari akun bisnis secara keseluruhan. Manfaatkan fitur Instagram insights, monitor indikator dasar seperti likes, comments, dan jumlah followers. Setelah melihat semuanya kamu bisa mengukur seberapa besar respon pasar.

8. Pilih sistem pembayaran yang aman dan praktis

Untuk mendukung kemudahan jualan online, Anda perlu memilih sistem pembayaran yang aman dan praktis, misalnya menggunakan aplikasi pembayaran sehingga kamu dapat menerima pembayaran non tunai (cashless).

Bagaimana, sangat jelas sekali penjelasan dari artikel ini. Dengan strategi marketing yang tepat dan terarah, salah satunya dengan menggunakan Instagram, akan berdampak pada meningkatnya penjualan produk-produk kita.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 4,235,384 Kasus
N/A 142,999 (3.4%) Meninggal
N/A 4,075,011 (96.2%) Sembuh
19 Oct 2021, 9:15 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia