Select Page

9 Mompreneur yang Sukses Membangun Bisnis Startup

9 Mompreneur yang Sukses Membangun Bisnis Startup

Foto-foto: Istimewa

UMINEWS.COM, Ketika kita mendengar kata startup, apa yang ada dalam pikiranmu? Mungkin banyak yang berpikiran bahwa industri baru yang masih berada dalam tahap pengembangan ini didominasi oleh kaum Adam. Ternyata di Indonesia banyak sekali sosok-sosok perempuan yang berhasil menembus dunia startup dengan ide-ide cemerlang. Berikut 9 mompreneur yang sukses mendobrak dunia bisnis starup:

1. Aulia Halimatussadiah

Pendiri toko buku online ‘Kutukutubuku’ ini telah berhasil mengembangkan bisnisnya dalam bidang literatur. Ia juga mendirikan ‘Nulisbuku’, sebuah wadah bagi para penulis untuk mempublikasikan tulisan-tulisan mereka secara mandiri.

Hebatnya, Aulia sudah memulai bisnisnya ini sejak tahun 2006. Padahal di tahun tersebut belum banyak orang yang melihat internet sebagai sarana bisnis yang baru.

2.Chaterine Hindra Sutjahyo

Kita pasti pernah mendengar atau bahkan pernah berbelanja di Zalora. Nah, Chaterine Hindra Sutjahyo adalah wanita kreatif di balik kesuksesan Zalora sebagau pusat fashion online yang resmi beroperasi di Indonesia mulai tahun 2012.

Untuk membangun bisnisnya ini, Chaterine melakukan sebuah pengorbanan besar yaitu melepaskan pekerjaannya di McKinsey & Company.

3. Cynthia Tenggara

Kalau kamu membutuhkan jasa katering untuk acara keluarga, keperluan kantor atau kumpul-kumpul bersama teman tapi malas memasak makanan, solusinya bisa menghubungi Cynthia Tenggara.

Cynthia adalah koki yang menyiapkan resep sukses Berrykitchen, layanan pengiriman makan. Berrykitchen telah sukses menggandeng investor besar yang dipercaya pada kemampuannya mengembangkan bisnis katering modern ini.

4. Claudia Wijaya dan Yenti Elizabeth

Awalnya BerryBenka hanyalah toko online kecil-kecilan yang dirintis oleh Claudia Wijaya dan Yenti Elizabeth pada tahun 2011. Setelah mengalami pengembangan dan inovasi, BerryBenka berhasil menjadi e-commerce yang menyediakan segala kebutuhan wanita dan pria yang ingin tampil fashionable.

Saat ini BerryBenka telah menerima investasi sejumlah lebih dari Rp60 miliar.

5. Diajeng Lestari

HijUp adalah sebuah e-commerce yang diluncurkan oleh Diajeng Lestari. Berbeda dengan e-commerce lainnya, HijUp berkonsetrasi pada penjualan pakaian dan aksesoris yang khusus ditujukan untuk perempuan Muslim di Indonesia pada khususnya. Diajeng memulai usahanya di 2011 dan ia berencana akan melangkah ke pasar internasional.

6. Donna Lesmana

Untuk kamu yang sedang mencari koleksi lingerie baru, silakan mampir di toko lingerie online Donna, Lolalola. Bisnis ini sukses dirilis pada tahun 2014 dan telah menggaet kerja sama dengan berbagai perusahaan di Hongkong. Tentu saja kesempatan Donna untuk segera mengembangkan usahanya di kancah internasional pun terbuka sangat lebar.

7. Grace Tahir

Direktur Rumah Sakit Mayapada ini mengembangkan sayapnya dalam dunia kesehatan dengan menciptakan PilihDokter. Bisnis yang berdiri pada tahun 2014 ini menawarkan bantuan untuk berbagai masalah kesehatanmu dengan cara menjadi wadah bagi para pasien dan dokter untuk bertemu dan saling berdiskusi secara online.

8. Nabilah Alsagoff

Doku adalah wadah pembayaran online yang didirikan sekaligus dikepalai oleh Nabilah. Usaha ini disambut hangat oleh berbagai perusahaan besar di Indonesia dan Asia seperti Air Asia dan Sinar Mas. Mereka tak ragu untuk mempercayakan masalah pembayarannya pada startup Nabilah.

Rahasia suksesnya adalah berani mengambil risiko dan mewujudkan mimpinya, bahkan ketika itu berarti dia harus meninggalkan pekerjaan lamanya di Kementerian Pariwisata Indonesia (Kemenpar).

9. Veronika Linardi

Startup yang didirikan Veronika ini adalah sebuah website yang menawarkan informasi mengenai gaji di perusahan-perusahaan Indonesia. Para pencari kerja dan karyawan bisa saling bertukar data secara anonim di ‘Qerja’. Pengalamannya dalam bidang sumber daya manusia (SDM) memberikan keberanian untuknya membangun bisnis ini. Veronika juga memiliki perusahaan perekrutan kerja yang ia kepalai sendiri sejak 2006, yaitu Linardi Associates.

Bagaimana, sembilan pengusaha startup wanita ini keren sekali ya. Kamu pun bisa memulai bisnismu sendiri, jangan terlalu banyak pertimbangan dan keraguan yang hanya akan menjauhkanmu dari mimpimu. Asal ada kemauan dan komitmen, kamu bisa menjadi mompreneur seperti salah satu di antara mereka. Siapa tahu kali berikutnya namamu yang akan masuk dalam daftar di atas.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

5803 563,680 Kasus
124 17,479 (3.1%) Meninggal
3625 466,178 (82.7%) Sembuh
04 Dec 2020, 5:49 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia