Select Page

Ada Kampus Khusus UMKM di Daerah Cisarua Bogor, ke Sana Yuk!

Ada Kampus Khusus UMKM di Daerah Cisarua Bogor, ke Sana Yuk!

Ilustrasi (Foto: ISTIMEWA)

UMINEWS.COM, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki baru-baru ini meresmikan berdirinya Kampus Kebun Loka Hejo. Tujuan dari didirikannya kampus ini adalah sebagai wadah untuk terciptanya produk-produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang inovatif dan dapat bersaing dengan produk-produk dari luar negeri, juga mengoptimalkan pemanfaat aset milik negara yang berada di daerah Cisarua, Bogor, Jawa Barat tersebut.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan Kampus Kebun Loka Hejo ini berdiri di atas tanah seluas 13 hektare.

“Lahan ini milik negara,” kata Teten Masduki, Minggu, 8 November 2020.

Tempat ini, ucap Teten, akan menjadi pusat pendidikan berbasis tanaman olahan dan laboratorium inovasi bisnis produk untuk para pelaku UMKM yang bergerak di sektor, kuliner, kerajinan dan fesyen.

Teten berharap, program Sparc Campus dan Kampus Kebun Loka Hejo ini dapat mendukung program strategis peningkatan kapasitas pelaku UMKM untuk inovasi bisnis berbasis pengolahan tanaman.

Ia mengklaim, program ini merupakan inisiatif yang berwawasan lingkungan dan berbasis ekonomi sirkular.

“Nantinya, kampus ini akan memanfaatkan potensi daerah setempat yaitu pertanian, perkebunan dan pariwisata,” jelas Teten Masduki.

Ke depannya, kata Teten, Kampus Kebun Loka Hejo juga diharapkan dapat membentuk mata rantai baru antara petani, local heroes, dan pelaku pertanian urban dari manapun, yang pada akhirnya, tercipta tiga aspek inisiatif yaitu Loka Tani, Loka Saji, dan Loka Seni, sehingga menjadi langkah untuk mendorong inovasi bisnis berbasis olahan tanaman bagi pelaku UMKM.

Sementara itu, Direktur Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata mengatakan, Kampus Kebun Loka Hejo adalah bagian dari program pembinaan dan pendampingan UMKM yang lebih komprehensif, yaitu melalui Sparc Campus, yang juga memiliki fasilitas lainnya yaitu Smesco Labo.

Katanya melanjutkan, konferensi dan konsolidasi ini diadakan dengan maksud selain mensosialisasikan inisiatif pembangunan Kampus Kebun Loka Hejo dan Sparc Campus yang di-launching-kan Menkop UKM Teten Masduki, juga menghimpun masukan, saran, dan berbagai kemungkinan kerja sama dan langkah-langkah kolaboratif untuk menyempurnakannya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

6267 534,266 Kasus
169 16,815 (3.1%) Meninggal
3810 445,793 (83.4%) Sembuh
29 Nov 2020, 4:33 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia