Select Page

Alhamdulillah, Tukang Service HP Dapat Bantuan UMKM Rp2,4 Juta

Alhamdulillah, Tukang Service HP Dapat Bantuan UMKM Rp2,4 Juta

Foto: Ilustrasi/ISTIMEWA

UMINEWS.COM, Betapa senangnya perasaan Taufik Akbar begitu mengetahui dirinya berhak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp2,4 juta dari program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif dari pemerintah RI.

Seperti diketahui, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah satu satu sektor yang benar-benar terkena imbasnya semenjak wabah pandemi COVID-19 merebak di seluruh wilayah Indonesia. Banyak dari mereka yang pendapatannya anjlok karena tidak ada pembeli atau pelanggan.

Menyikapi kondisi itu, pemerintah RI melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) meluncurkan program Banpres Produktif atau BLT sebesar Rp2,4 juta yang diberikan kepada pengusaha mikro untuk membantu mengembangkan dan melakukan aktivitas usahanya kembali.

Taufik Akbar sendiri berwirausaha di bidang service ponsel (HP). Pria asal Desa Plambik, Lombok Tengah ini sudah tiga tahun menjalankan usahanya itu.

Taufik mengatakan sebelum pandemi dirinya bisa mengantongi omzet hingga Rp250 ribu setiap harinya. Namun sejak merebaknya pandemi COVID-19 omzetnya anjlok hingga Rp70 ribu per hari.

“Terasa banget pelanggan saya berkurang. Sekarang ini paling besar pendapatan per hari Rp100 ribu,” ujarnya, Jumat, 30 Oktober 2020.

Ia mengaku sempat berpikir untuk mencari tambahan di bidang yang lain. Hingga suatu hari ketika sedang membuka media sosial dirinya membacanya sebuah berita yang menginformasikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan kepada pelaku UMKM yang terdampak pandemi COVID-19 sebesar Rp2,4 juta.

Tak ingin menyia-nyiakan peluang itu Taufik langsung mencari tahu secara detail kebenaran informasi tersebut. Ia juga memenuhi persyaratan dan mendaftar sesuai petunjuk.

Ibarat pepatah ‘pucuk di cinta ulam tiba’, tak beberapa lama kemudian ia mendapatkan informasi dari Bank Republik Indonesia (BRI) untuk melakukan verifikasi data. Dia pun diminta datang ke salah satu kantor cabang BRI yang berada di wilayahnya dengan membawa sejumlah dokumen yang dibutuhkan.

Kepadanya, salah seorang karyawan BRI menyarankan agar tidak terlalu berharap akan dapat, sebab untuk mendapatkan bantuan ini harus disaring atau diseleksi terlebih dahulu.

Namanya sudah rezeki, Taufik Akbar dinyatakan berhak mendapatkan BLT program Banpres Produktif. Uang tersebut digunakannya untuk membeli peralatan service HP seperti bor IC EMMC dan MBR Predator untuk memperbaiki handpohone yang rusak.

Katanya, banyak handphone pelanggannya yang belum bisa di-service karena terkendala peralatan yang dimilikinya belum lengkap. “Makanya uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif ini saya gunakan sebaik-baiknya untuk membeli perlengkapan,” pungkas Taufik Akbar.

1 Comment

  1. Avatar

    Alhamdulillah ya pa Taupik saya juga salah satu penerima banpres presiden
    Saya didaftarkan melalui dinas dkupp yg berada di Pemkab
    Alhamdulillah manfaat
    Tetap semangat ya pa💪🙏

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 502,110 Kasus
N/A 16,002 (3.2%) Meninggal
N/A 422,386 (84.1%) Sembuh
24 Nov 2020, 8:42 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia