Select Page

Apa Sih Untungnya Bergabung di PaDi UMKM? Ini Penjelasannya

Apa Sih Untungnya Bergabung di PaDi UMKM? Ini Penjelasannya

Kementerian BUMN meluncurkan platform digital PaDi UMKM. (Foto: Istimewa)

UMINEWS.COM, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah meluncurkan Pasar Digital Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PaDi UMKM) pada Senin, 17 Agustus 2020 lalu, bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

PaDi UMKM ini merupakan platform digital yang mempertemukan para pelaku UMKM dan BUMN. Diharapkan interaksi di antara mereka akan dapat mengoptimalkan, mempercepat, dan mendorong transaksi belanja BUMN dan UMKM.

Tujuan lainnya adalah memperluas dan mempermudah UMKM mendapatkan akses pembiayaan. Diharapkan paltform digital ini akan membantu monitoring belanja BUMN pada UMKM.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebut PaDi UMKM merupakan upaya konkret dari Kementerian BUMN memberikan ruang kepada para pelaku usaha, mikro dan menengah untuk menjadi pemasok atau vendor BUMN.

Katanya, merupakan tanggung jawab bersama untuk meningkatkan kapasitas UMKM. Maka dengan itu, Kementerian BUMN memberikan ruang kepada pelaku UMKM untuk menjadi supplier atau vendor BUMN dengan program PaDi UMKM.

Peluncuran PaDi UMKM dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi UKM Teten Masduki, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wiriatmadja dan pimpinan BUMN.

Teten mengakui, pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif yang cukup signifikan terhadap perkembangan UMKM, seperti dari sisi pembiayaan, hingga turunnya permintaan konsumen.

Maka dengan itu, diharapkan terjadinya sinergi antar kementerian, pemerintah menyusun program agar UMKM bisa bangkit, mulai dari restrukturisasi, subsidi bunga, subsidi pajak, hingga Bantuan Presiden Produktif bagi usaha mikro yang belum bankable.

Untuk diketahui, selain sebagai upaya untuk menguatkan UMKM, keuntungan berbelanja di PaDi BUMN adalah penggunaan biaya pembelanjaan dari masing-masing BUMN menjadi lebih terperinci dan lebih aman. Karena seluruh proses transaksi dilakukan secara online dan seluruh pembayaran dilakukan dengan non tunai.

PaDi UMKM B2B juga menawarkan beragam variasi produk dan jasa dari para UMKM yang terpercaya. Tercatat, sedikitnya ada 8 kategori produk dan jasa utama pada PaDi UMKM B2B yang meliputi, material konstruksi, jasa konstruksi dan renovasi, jasa ekpedisi dan pengepakan, pengadaan dan sewa peralatan mesin, jasa perawatan peralatan dan mesin, jasa advertising, pengadaan dan sewa perlengkapan-funiture, hingga catering dan snack. Selain itu, masih ada 17 kategori produk dan jasa lainnya.

Lalu, bagaimana cara mendaftar sebagai penjual atau pembeli di PaDi UMKM?

Berikut cara mendaftar sebagai penjual atau pembeli, serta syarat transaksi dalam PaDi UMKM:

Cara mendaftar sebagai penjual

Tahap pertama, buka situs PaDi UMKM B2B pada tautan https://padiumkm.id/. Kemudian Klik ‘DAFTAR’ di pojok kanan atas halaman utama PaDi UMKM B2B. Selanjutnya, isi Kelengkapan Data (Nama Perusahaan, NPWP, SIUP, TDP, NIB, Jenis Kegiatan Usaha dan BUMN Pengampu), kemudian klik ‘BERIKUTNYA”.

Pada tahap kedua ini, isi alamat perusahaan dan informasi pembayaran. Kemudian klil ‘BERIKUTNYA’.

Di tahap ketiga Anda harus memasukkan data Person in Charge (PIC) perusahaan, kemudian klik ‘BERIKUT’. Selanjutnya tahap keempat, upload kelengkapan dokumen dengan format JPG atau PNG dengan ukuran maksimal 1MB, kemudian klik ‘DAFTAR’. Setelah itu, maka foto yang didaftarkan akan masuk ke verifikasi tim PaDi UMKM.

Apabila sudah diverifikasi, akan masuk email ke yang didaftarkan dan diperintahkan untuk melakukan aktivasi serta membuat password. Setelah mengirim permohonan registrasi, tunggu paling lambat 3 (tiga) hari kerja untuk proses review dan verifikasi.

Jika belum lolos verifikasi, silakan mendaftar ulang dan pastikan untuk melengkapi semua informasi yang dibutuhkan. Jika berhasil terverifikasi, Anda akan mendapatkan email notifikasi untuk melakukan aktivasi akun. Segera aktivasi akun Anda, buat password baru dan Anda dinyatakan telah bergabung dengan PaDi UMKM B2B.

Cara mendaftar sebagai pembeli

Lakukan registrasi Buyer Group/pembeli. Anda dapat mengirimkan email ke cs@padiumkm.id, dengan mencantumkan nama BUMN atau nama Buyer Group. Contoh: ‘Divisi SCM”. Cantumkan juga alamat lengkap perusahaan, nama Manager dan Staff, email Manager dan Staff Manager, nomor telepon/handphone dan nomor kantor Manager & Staff.

Sebagai infomasi, selain Kementerian BUMN meluncurkan PaDi UMKM, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) juga meluncurkan laman khusus produk UMKM yang diberi nama ‘Bela Pengadaan dan Laman UMKM’. Laman ini ini merupakan upaya mendukung pemulihan UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 557,877 Kasus
N/A 17,355 (3.1%) Meninggal
N/A 462,553 (82.9%) Sembuh
04 Dec 2020, 2:22 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia