Select Page

Awalnya Hobi Belanja Online, Kini Lela Jualan Online

Awalnya Hobi Belanja Online, Kini Lela Jualan Online

Lela Ruspita, pelaku UMKM Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang bermertamorfosis dari konsumen belanja online menjadi pedagang yang memasarkan produk-produknya secara online. (Foto: Instagram @lela_ruspita_zafa)

UMINews.com, Ada cerita menarik dari seorang Lela Ruspita, pelaku UMKM Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Awalnya dia suka belanja online, sekarang menjadi jualan online.

Lela mengakui dirinya termasuk gemar belanja secara online. Diceritakannya, ia mulai berdagang pakaian secara online pada 2017, awalnya ditawari menjadi reseller oleh salah seorang temannya.

“Waktu itu ada teman menyarankan dan menawarkan saya untuk jadi reseller barang dagangan dia. Tawaran itu saya terima. Sejak saat itu saya berjualan pakaian secara online,” kata Lela Ruspita kepada UMINews.com, Minggu, 31 Januari 2021.

Berbagai jenis dan model pakaian, khususnya busana Muslim menjadi pilihan komoditasnya, di antaranya baju gamis untuk semua usia, kerudung, mukena, celana kulot, dan banyak lagi.

Produk-UMKM-Fesyen

Foto: Instagram @lela_ruspita_zafa

Karena kegigihannya berjualan, perlahan namun pasti, pelanggannya terus bertambah. Pelanggannya tak hanya orang-orang sekitarnya saja, tapi juga berasal dari luar kota.

Seperti pelaku usaha pakaian lainnya. Ia memiliki brand tersendiri, yaitu Ella Olshop. Diberitahunya, sampai saat ini ia belum memproduksi sendiri, melainkan mengambil dari orang lain atau beli di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Saya juga pesan pakaian jadi dari produsen di Cirebon, Solo dan beberapa daerah lainnya. Prinsipnya, kalau saya suka dan tertarik dengan modelnya, saya pesan,” jelas warga Perumahan Griya Parung Panjang ini.

Baca Juga:
  Gubernur BI Yakin Generasi Milenial Akan Bawa UMKM Go Internasional

Lela yang bergabung dengan Komunitas UMKM Sinergi Indonesia melanjutkan ceritanya, dia memasarkan produk-produk Ella Olshop di Facebook dengan nama Ella Zafa dan Instagram @lela_ruspita_zafa.

“Pemesanan juga bisa melalui nomor WhatsApp (WA) di 081210644326. Saya juga buat galeri di rumah kalau ada pelanggan yang ingin melihat-lihat dan beli produk Olshop secara offline,” imbuhnya.

Produk-UMKM-Fesyen

Foto: Instagram @lela_ruspita_zafa

Soal harga, Lela menyebutkan mulai Rp35.000 sampai dengan ratusan ribu. Ia mencontohkan, untuk baju dijualnya antara Rp120.000 hingga Rp200.000 dan kerudung di kisaran Rp35.000-60.000. “Mukena orang dewasa Rp130.000 hingga Rp150.000, baju gamis anak-anak Rp80.000 hingga Rp150.000,” paparnya.

Lela Ruspita mengatakan, sebelum terjadinya pandemi COVID-19 setiap bulannya ia mampu meraup omzet sekitar Rp5 juta. Omzetnya menurun jadi sekitar Rp3 juta di masa pandemi.

Sempat berhenti berwirausaha

Seperti pelaku wirausaha kebanyakan, Lela Ruspita juga merasakan pasang surutnya berwirausaha. Tidak hanya dari sisi penjualan saja, tapi juga keyakinan dan tekad yang kuat membuatnya dapat bertahan.

Seperti yang diucapkannya di atas, Lela memulai berjualan pakaian pada tahun 2017. Dengan alasan yang tidak diberitahunya, ia sempat berhenti berjualan. “Sempat berhenti jualan. Tahun 2019 saya jualan kembali,” ujar Lela.

Nah, begitu jualan kembali, Lela langsung tancap gas sekencang-kencangnya. Untuk menggaet pelanggan, Lela tak segan-segan memberikan kemudahan dalam pembayaran, yaitu dengan cara dicicil alias kredit.

Produk-UMKM-Fesyen

Foto: Instagram @lela_ruspita_zafa

Tapi, tegas Lela, pelanggan yang diberi fasilitas kredit tersebut hanya orang-orang tertentu saja, seperti tempat tinggalnya tak jauh dari rumahnya atau pelanggan yang sudah terbukti kredibilitasnya.

Baca Juga:
  Produk UMKM Menguasai Bandara dan Stasiun, Bagaimana dengan Produk Anda?

“Sebagai pelaku UMKM, saya harus memperhitungkan, bagaimana dampaknya bagi usaha saya kalau pelanggan telat membayar cicilan kreditannya. Alhamdulillah sampai sekarang ini semuanya lancar-lancar saja jualan online dan offline,” pungkas Lela Ruspita.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 3,532,567 Kasus
N/A 100,636 (2.8%) Meninggal
N/A 2,907,920 (82.3%) Sembuh
05 Aug 2021, 7:36 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia