Select Page

Bangkitkan Pariwisata Indonesia, Kemenparekraf Libatkan Mahasiswa

Bangkitkan Pariwisata Indonesia, Kemenparekraf Libatkan Mahasiswa

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara Wisata Edukasi Tematik Nusantara yang digelar di Jawa Barat pada 17-21 November 2020. (Foto: ISTIMEWA)

UMINews.COM, Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara bertema ‘Wisata Edukasi Tematik Nusantara’ dari tanggal 17-21 November 2020. Ikut dalam kegiatan tersebut puluhan mahasiswa dan komunitas pariwisata se-Jawa Barat.

Tiga daerah wisata di Jawa Barat yang disambangi rombongan Kemenparekraf yaitu berada di wilayah Bandung, Garut dan Tasikmalaya. Di tiga wilayah ini rombongan dibawa ke berbagai lokasi destinasi alam dan beberapa tempat produksi ekonomi kreatif di sekitarnya.

Di Bandung, mereka menginap di alam terbuka di wisata Alam Santosa Ekowisata dengan menggunakan tenda.

Bergeser ke Garut, peserta mengunjungi beberapa destinasi yaitu Desa Wisata Saung Ciburial, Candi Cangkuang, ke pengrajin Batik Garutan di Jalan Papandayan dan beberapa tempat ekonomi kreatif lainnya. Selanjutnya di Tasikmaya rombongan Kemenparekraf bertamu ke Kampung Naga.

Foto: ISTIMEWA

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan/Event Rizki Handayani mengatakan kegiatan ini sebagai upaya menggairahkan kembali dunia pariwisata Nusantara.

Rizki menyebutkan, industri pariwisata merupakan salah satu bidang yang paling terkena dampaknya akibat pandemi COVID-19.

“Dibatasinya pergerakan masyarakat dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai bentuk langkah penanganan untuk melindungi kesehatan masyarakat, imbasnya banyak tempat rekreasi dan hiburan ditutup, sehingga memberikan dampak ekonomi yang sangat besar bagi industri pariwisata Indonesia,” ujarnya.

Foto: ISTIMEWA

Kata Rizki lagi, kepada mahasiswa dan komunitas pariwisata, Kemenparekraf menjelaskan tentang daya tarik wisata khusus di daerah yang mereka sambangi. Dan tentunya Kemenparekraf membekalinya dengan pengetahuan tentang cara berwisata yang benar di masa pandemi, yaitu mengimplementasikan protokol Cleanliness, Healt Safety, dan Environmental Sustainability (CHSE).

Foto: ISTIMEWA

Rizki Handayani berharap, keterlibatan mahasiswa, komunitas pariwasata, kalangan jurnalis, dan influencer dalam kegiatan ini akan menginspirasi masyarakat luas dalam merencanakan dan melakukan perjalanan wisata di masa kenormalan baru.

Baca Juga:
  Kemenparekraf Libatkan Mahasiswa Viralkan Wisata Edukasi Tematik Nusantara

Rizki Handayani mengatakan, pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemenparekraf sangat yakin keadaan akan kembali pulih, krisis akan segera berlalu, beberapa cara di antaranya dengan memanfaatkan peluang-peluang baru yang muncul akibat kreatif dan inovatif dan mempublikasikan ke masyarakat luas tentang Wisata Edukasi Tematik Nusantara.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 927,380 Kasus
N/A 26,590 (2.9%) Meninggal
N/A 753,948 (81.3%) Sembuh
20 Jan 2021, 4:32 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia