Select Page

Beli Yuk, Tumbler Kayu Jati Jepara yang Anti Jamur

Beli Yuk, Tumbler Kayu Jati Jepara yang Anti Jamur

Tumbler dari kayu jati Jepara hasil kreasi Danang Wahyudi. (Foto-foto: Sae Wooden)

UMINEWS.COM, Kayu merupakan material yang bisa diolah menjadi berbagai jenis barang. Di tangan Danang Wahyudi pria asal Jepara, Jawa Tengah, kayu diolah menjadi tumbler alias botol minuman dengan desain yang unik.

Danang mengaku awalnya tidak berencana mengembangkan botol minuman yang unik ini.

Diceritakannya, pada tahun 2018 dia membangun Sae Wooden yang awal mulanya hanya memproduksi alat makan dari kayu seperti sendok dan garpu.

Ada pun alasan Danang membuat peralatan makan dari kayu karena memiliki visi mengurangi ketergantungan akan pemakaian plastik. Apalagi ia melihat banyak warung makan yang memberikan sendok atau garpu dari plastik kepada konsumennya.

“Semuanya berawal dari kepedulian saya mencoba mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, seperti sendok dan plastik,” kata Danang Wahyudi seperti dikutip dari detik.com, Minggu, 27 September 2020.

Keseriusannya membuat tumbler bermula ketika secara tidak disangka-sangka dirinya menerima pesanan dari sebuah resort di Batam untuk membuat botol minum dari kayu. Ia pun menyanggupi dan selanjutnya membuat desain hingga jadilah tumbler dari kayu tersebut.

Setelah jadi, Danang menyadari saat produksi pertama kali ada sejumlah kekurangan pada tumbler-nya. Diungkapkannya, karena tempat minum itu terbuat murni dari kayu menyebabkan bagian dalamnya mudah berjamur.

“Setelah mendapat testimoni dari user seperti itu, saya sempat diskontinu dan vakum beberapa bulan. Tujuannya mencoba melakukan perbaikan dan inovasi produk,” tuturnya.

Setahun kemudian, tepatnya November 2019, Danang kembali memasarkan tumbler-nya dengan produk yang model baru.

Pada produk tumbler terbarunya itu Danang melakukan modifikasi, yakni mengubah produknya yang murni kayu ditambah dengan stainless di dalamnya. Dengan begitu tempat minum tersebut tidak akan berjamur meski sudah lama digunakan.

Adapun cara membuatnya, ungkap Danang, bahan baku yakni kayu jati dipotong menjadi papan lalu dikeringkan.

Pengeringan dilakukan secara alami dengan bantuan cahaya matahari. Setelah kering sesuai standar yang telah ditentukan, kayu dipotong lebih tipis lagi dan selanjutnya direkatkan dengan stainless pada bagian dalam tumbler.

Tumbler kayu jati buatan Danang ini dibanderol seharga Rp250 ribu. Katanya, tumbler ini hanya dijual melalui online, salah satunya di aplikasi Instagram dengan nama akun @saewooden.

Danang mengaku dalam setiap bulannya dia mampu menjual sekitar 150 tumbler. Omzet yang diraihnya pun lumayan besar, yakni sampai Rp35 juta.

Hebatnya, konsumennya tidak hanya di dalam negeri saja. Beberapa konsumen dari luar negeri pernah dilayaninya seperti dari Amerika Serikat hingga Eropa.

Untuk pesanan negara Eropa, lanjut Danang, salah satunya adalah Kantor Pusat Uni Eropa di Belgia.

Kata Danang lagi, informasi yang diterimanya tumbler kayu jati Jepara ini dijadikan merchandise oleh Kantor Pusat Uni Eropa di sebuah event yang digelar secara offline. Karena pandemi, event diadakan jadi secara online, tapi tetap butuh merchandise untuk sejumlah orang.

Apakah dirinya akan membuat peralatan rumah tangga atau produk-produk lainnya dari kayu jati asli Jepara setelah sukses membuat tumbler? Danang Wahyudi menyatakan hal itu sangat dimungkinkan. Pastinya, produk-produk yang dibuatnya tidak akan dibuat asal-asalan, melainkan akan melalui proses uji coba terlebih dahulu dan terpenting harus dapat membaca respon atau minat pasar. “Jangan sampai konsumen yang membeli produk kita kecewa. Saya tidak ingin seperti itu, hanya mementingkan untung saja. Terpenting juga kita harus bisa membaca respon pasar seperti apa jika suatu produk diluncurkan,” ucap Danang Wahyudi.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

5803 563,680 Kasus
124 17,479 (3.1%) Meninggal
3625 466,178 (82.7%) Sembuh
04 Dec 2020, 4:53 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia