Select Page

Bermodalkan Resep dari Keluarga, Kang Achmad Wirausaha Pangsit Rasa Kacang Tanah

Bermodalkan Resep dari Keluarga, Kang Achmad Wirausaha Pangsit Rasa Kacang Tanah

Kacang Pangsit (Cangsit), produk UMKM asal Cianjur, Jawa Barat. (Foto: Dok Achmad Soleh)

UMINews.com, Ketika mendengar kata pangsit, yang ada di benak kita adalah sejenis makanan yang di dalamnya berisi olahan ayam dan disajikan sebagai toping saat menyantap mie ayam.

Tapi, pernahkah merasakan pangsit rasa kacang tanah. Nah, kalau penasaran dengan rasanya, order saja ke Achmad Soleh.

Kang Achmad, panggilan akrab warga Jalan Cimatis, Kampung Ngantay RT 08 RW 02, Desa Lembahsari, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini mengatakan dirinya membuat Cangsit (kacang pangsit) yang resepnya merupakan warisan dari keluarganya.

“Cara membuatnya, kacang tanah dimasukkan ke dalam kulit pangsit, lalu digulung. Tentunya ada bumbu-bumbu yang saya buat agar saat menyantapnya ada rasa khasnya,” kata Achmad Soleh saat dihubungi UMINews.com, Jumat, 8 Januari 2021.

Pelaku-UMKM-Cianjur

Achmad Soleh bersama dengan para pelaku dan Petugas Penyuluhan Koperasi Lapangan (PPKL) UMKM di Cianjur mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM. (Foto: Dok Achmad Soleh)

Kata Kang Achmad lagi, kini produk Cangsit dapat dibeli di Saung UMKM Cikalongkulon Mandiri dan pusat oleh-oleh atau di beberapa toko di wilayah Cianjur.

Berapa harganya Cangsit? Achmad Soleh menyebutkan saat ini dijual dengan dua pilihan harga yaitu Rp5.000 dan Rp10.000. “Enggak lama lagi saya akan launching kemasan standing poch, harganya Rp15.000,” terangnya.

Baca Juga:
  Indahnya Kerajinan Tangan Cantika Craft yang Dibuat Penyandang Disabilitas di Cianjur

Selain Cangsit, Achmad juga membuat produk makanan lainnya yaitu kue Saptu Kacang Ijo Pelangi. Untuk camilan ini ia membuat dengan tampilan menggugah selera.

UMKM-Cianjur

Kue Saptu Kacang Ijo Pelangi. (Foto: Dok Achmad Soleh)

Namun, lanjutnya, dirinya belum bisa maksimal memproduksi kue Saptu Kacang Ijo Pelangi karena terkendala persoalan modal. “Ke depannya saya ingin buat beberapa produk lainnya, seperti dari kopi dan gula aren,” tuturnya. “Untuk produk kue Saptu Kacang Ijo Pelangi saya jual ada yang harga Rp35.000 dan Rp40.000,” tambah Kang Achmad.

Tak hanya menitipkan di Saung UMKM Cikalongkulon Mandiri dan beberapa toko saja, ia juga berjualan dan melayani calon pembeli melalui nomor WhatsApp (WA) 081324155056, Facebook pribadinya dengan nama akun Achmad S Dinata Hipo dan fanpage Facebook UMKM Cikalongkulon Mandiri.

Awalnya tak punya produk

Achmad Soleh menceritakan perjalanan dirinya sehingga bisa menjadi berwirausaha makanan camilan Cangsit dan kue Saptu Kacang Ijo Pelangi. Sebelumnya ia membuka jasa service komputer, laptop dan menjual pulsa.

Seiring waktu berjalan, tepatnya 25 Oktober 2020, Achmad  bersama beberapa warga Cikalongkulon mendirikan komunitas dan dirinya dipercaya sebagai Wakil Ketua Komunitas UMKM Cikalongkulon Mandiri. “Ketuanya Akang Deka alias Dede Kasmiran,” ucap Achmad Soleh.

UMKM-Cianjur

Gerai Saung UMKM Cikalongkulon, Cianjur. (Foto: Dok UMKM Cikalongkulon)

Meski sebagai pengurus komunitas, Achmad mengaku awalnya tak punya produk sendiri, hanya membantu menjual produk-produk temannya. Berkat dukungan dari sesama pengurus lainnya dan anggota, akhirnya ia kini memiliki produk sendiri, Cangsit dan kue Saptu Kacang Ijo Pelangi dengan nama brand “Yah Acep’.

Baca Juga:
  Gluten Free, De'Benta Layak Disajikan Kepada Anak Berkebutuhan Khusus

Dia pun menceritakan pertama kali membuat Cangsit modalnya didapat dari bibinya, yaitu berupa 3/4 Kg kacang tanah dan sedikit uang yaitu Rp50.000. Ungkap Achmad, bibinya memberi uang setelah mendapat bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH).

Achmad kini bersyukur, sebelumnya hanya memproduksi Cangsit sekali dalam seminggu, kini 3-4 kali, bahkan bisa lebih.

“Penjualan kacang pangsit (Cangsit) sekarang masih di wilayah Cianjur dan sekitar. Insya Allah ke depan sudah keluar daerah seperti di Pelabuhan Ratu dan Aceh. Saya sedang melakukan penjajakan,” jelas Achmad Soleh.

2 Comments

  1. Avatar

    Semngat luar biasa

    Reply
  2. Avatar

    Keren👍

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

10365 927,380 Kasus
308 26,590 (2.9%) Meninggal
8013 753,948 (81.3%) Sembuh
19 Jan 2021, 11:38 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia