Select Page

Bunda Harus Tahu Cara Melindungi Keluarga dari COVID-19

Bunda Harus Tahu Cara Melindungi Keluarga dari COVID-19

Foto-foto: Istimewa

UMINEWS.COM, Sampai sekarang ini hampir manusia di seluruh dunia masih menanti-nanti hadirnya obat atau penangkal dari ancaman virus COVID-19. Sambil menunggu sebaiknya Anda menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian.

Gaya hidup sehat yang dimaksud adalah mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan terpenting menerapkan protokol kesehatan yang berlaku saat beraktivitas baik di dalam maupun di luar rumah.

Melakukan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 adalah keharusan agar tubuh kita tidak rentan tertular  virus yang mematikan tersebut.

Contohnya di DKI Jakarta. Beberapa waktu lalu pemerintah sempat melonggarkan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan memperbolehkan kembali beberapa tempat keramaian seperti restoran dan mal buka kembali.

Fatalnya, dilonggarkannya penerapan PSBB tidak diikuti dengan kepatuhan menjalankan protokol kesehatan, sehingga penyebaran virus COVID-19 terjadi kembali secara masif. Kondisi tersebut memaksa Gubernur DKI Anies Baswedan menerapkan kembali PSBB ketat.

Seperti diketahui, kerumunan orang merupakan faktor utama terjadinya penyebaran virus COVID-19. Oleh karena itu, antisipasi dan kesadaran lebih perlu ditingkatkan agar Anda dan keluarga tidak rentan tertular virus COVID-19.

Lantas, apa saja antisipasi yang dilakukan agar Anda dan keluarga tetap sehat di masa pandemi COVID-19? Yuk Bunda, simak ulasannya berikut ini:

1. Selalu menyiapkan masker cadangan

anak-pakai-masker

Masker kini menjadi barang yang sangat berharga dan wajib dibawa ke mana pun Anda berada guna meminimalisir terkena virus COVID-19. Menggunakan masker disarankan baik untuk orang sakit maupun mereka yang masih sehat.

Dilansir Live Science, salah satu jenis masker yang dianjurkan dipakai untuk menghalau virus yakni masker N95. Masker type ini mampu menyaring 95 persen partikel kecil berukuran 0,3 mikron.  Namun karena langkanya persediaan masker N95, Anda bisa menyediakan alternatif lain seperti surgical mask (masker medis) dan masker kain yang terdiri dari tiga lapisan.

Untuk memastikan penggunaannya efektif, selalu sediakan masker cadangan yang siap dipakai kapan pun. Terutama bila Anda dan keluarga kerap menggunakan masker kain, idealnya hanya boleh dipakai maksimal 4 jam.

2. Gunakan pakaian lengan panjang

Jika daerah tempat Anda tinggal telah menerapkan masa adaptasi kebiasaan baru (New Normal), disarankan Anda dan keluarga lebih memilih berkegiatan di rumah. Seandainya terpaksa keluar rumah, misalnya ke kantor, berbelanja kebutuhan sehari-hari atau alasan apa pun, sebaiknya gunakan pakaian berlengan panjang atau jaket.

Pakaian berlengan panjang akan menurunkan risiko kulit menyentuh permukaan benda yang mungkin saja sudah terkontaminasi COVID-19 atau virus lainnya saat sedang berada di tempat ramai.

Mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan (SE Kemenhub) No. 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran COVID-19, penumpang yang hendak naik KRL, MRT atau LRT wajib mengenakan baju lengan panjang atau jaket sebagai pelindung tubuh.

3. Langsung ganti pakaian setelah keluar rumah

ganti-baju

Saat keluar rumah risiko terkontaminasi berbagai virus penyebab penyakit pun semakin besar, dan pakaian berfungsi sebagai pelindung tubuh dari serangan tersebut. Karena itulah, hal pertama yang harus dilakukan setiba di rumah usai beraktivitas di luar yaitu segera mandi dan ganti pakaian dengan yang bersih.

Pisahkan pakaian kotor yang Anda gunakan di luar rumah, jangan dicampur dengan pakaian kotor lainnya agar kuman dan virus yang mungkin menempel tidak menyebar semakin luas. Kalau perlu, segera cuci pakaian dan jemur di bawah sinar matahari agar kuman yang menempel mati.

4. Gunakan produk yang tepat untuk membersihkan diri

Demi kesehatan keluarga, memilih produk pembersih tubuh maupun pakaian tidak boleh sembarangan.

Selain bisa menghilangkan kotoran yang menempel, produk yang kita gunakan harus punya kemampuan membunuh kuman penyebab penyakit.

Detergen misalnya, tidak hanya dapat membersihkan pakaian dari kotoran, tapi harus dipastikan dapat membunuh kuman yang menempel, terutama untuk membersihkan baju anak yang sering kali terkena kotoran dari sisa makanan, mainan, hingga tanah dan lumpur.

Jika khawatir detergen tersebut dapat merusak atau melunturkan warna pakaian kesayangan, sebaiknya pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak masalah jika harus merogoh kantong cukup dalam demi kesehatan dan kebersihan keluarga.

Diingatkan kembali, tak hanya menghilangkan kotoran saja, produk yang dipilih juga harus dapat membunuh kuman yang menempel di pakaian. Dengan begitu Anda telah menerapkan gaya hidup sehat di keluarga Anda agar terbebas dari virus COVID-19.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

5803 563,680 Kasus
124 17,479 (3.1%) Meninggal
3625 466,178 (82.7%) Sembuh
04 Dec 2020, 4:34 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia