Select Page

Cerita Kesuksesan Anak Muda Terkaya di India, Baca Yuk

Cerita Kesuksesan Anak Muda Terkaya di India, Baca Yuk

Nikhil Kamath, milioner muda asal India. (Foto: ISTIMEWA)

UMINews.com, Jika Anda mencari tahu siapa anak muda terkaya di India di mesin pencarian Google, maka akan muncul nama Nikhil Kamath. Di usia 34 tahun, jumlah kekayaannya sudah mencapai US$ 1,55 miliar atau setara Rp21,7 triliun (kurus Rp14.000). Fantastik sekali ya.

Yang jadi pertanyaannya, dari mana Nikhil Kamath memiliki kekayaan sebesar itu? Nah, ini yang mesti kita tahu, dan layak kita tiru.

Nikhil Kamath lahir di Bangalore, India. Di akhir tahun 2020 lalu oleh majalan Forbes, ia bersama saudaranya Nithin Kamath dinyatakan sebagai pemuda terkaya di India.

Kamath bersaudara ini merupakan pendiri platform jual beli saham  di India yang bernama Zerodha. Perusahaannya ini berhasil mendulang uang di tengah pandemi COVID-19.

Sebagai informasi, Zerodha merupakan salah satu platform trading saham terbesar di India. setidaknya, sebanyak 15 persen penjualan saham secara ritel dilakukan melalui platform digital ini. Hal tersebut didorong oleh lonjakan minat investor ritel yang membanjiri pasar saham di tengah pandemi.

Seperti dikutip dari CNBC, Minggu, 17 Januari 2021, Kamath mengatakan, salah satu hal penting untuk mencapai sukses adalah ketepatan waktu. Menurutnya, setiap pengusaha sangat penting untuk bisa mengenali ketepatan waktu tersebut.

“Anda harus menyadari fakta bahwa akan selalu ada puluhan ribu orang yang lebih pintar dari Anda, banyak yang lebih sebagai pekerja keras dari pada Anda, dan yang lebih mahir dalam memecahkan masalah yang Anda coba selesaikan,” ucap Nikhil Kamath

Baca Juga:
  Gara-gara COVID, Karyawan EO Menjelma Jadi Pengrajin Kulit

Lanjutnya, karena sadar akan kondisi seperti itu maka hal yang terbesar dan terpenting yang harus dilakukan adalah ketepatan waktu, berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.

Enggak usah bertele-tele lagi, ini cerita perjalanan bisnis Kamath bersaudara sehingga mencari miliader terkarya di India.

Nikhil dan Nithin Kamath awalnya sebagai pemain catur profesional. Di sela-sela itu ia menyempatkan diri untuk melakoni beragam bisnis, seperti bisnis laundry pakaian dan menjual handphone seken alias bekas.

Ia mulai meraih kesuksesan ketika platform Zerodha melakukan simplifikasi (penyederhaan) platform jual beli saham pada tahun 2010. Melalui platform tersebut, Nikhil Kamath mengatakan, dirinya berupaya mempersempit gap (jarak) antara pasar saham dengan investor ritel.

“Kita sering menghabiskan waktu terlampau banyak hanya untuk mencari masalah apa yang ingin kita selesaikan,” ujar Nikhil Kamath. “Saya pikir, memperhatikan siklus jangka panjang dari industri yang bersangkutan menjadi lebih penting, sehingga kita bisa memilih industri yang tepat pada titik perubahan,” tambahnya.

Menurutnya, jika sebuah industri sudah siap untuk berkembang dan kita berada di tempat itu pada waktu yang tepat maka akan menjadi peluang bisnis yang di kemudian hari akan memberikan keuntungan besar.

Di India sendiri, pada tahun 2020, rata-rata usia investor yang menggunakan platform Zerodha yaitu berkisar 30 hingga 32 tahun. Mereka menggunakan Zerodha sebagai alat untuk menghadapi kompetisi dalam dunia bisnis.

Baca Juga:
  Sempat Mati Suri, Kini RIS Brownies Kukus Pasir Bangkit Kembali

Data tersebut paralel dengan platform trading asal Amerika Serikat (AS), Robinhood, yang juga mengalami peningkatan investor milenial selama pandemi COVID-19.

Menyinggung soal Amerika Serikat, Nikhil mengklaim, ia dan saudaranya telah lebih dulu memulai lima tahun sebelumnya jika dibandingkan dengan investor-investor seusianya di negeri berjuluk Paman Sam tersebut. Bahkan ia menyakini, pasar yang terus tumbuh bisa membuka peluang bagi Zerodha untuk melakukan ekspansi ke Amerika Serikat.

“Kami sedang melihat dan mengamati pasar mereka (Amerika Serikat) apakah mungkin produk kami bisa diintegrasikan dengan yang ada di sana,” ujarnya.

Meski dunia teknologi financial kian berkembang dan kompetitif, Nikhti mengatakan Zerodha tidak memiliki rencana untuk mendapatkan lebih banyak suntikan modal, dan lebih memilih memperbanyak akses sehingga membuka ruang dan menumbuhkan keberanian untuk mencoba hal baru.

Nikhil Kamath lanjut bercerita, untuk mengembangkan platform Zerodha, pada tahun 2019 ia dan Nikthi telah menetapkan rencana jangka panjang. Kamath bersaudara memutuskan untuk menyasar orang-orang kaya dengan  nilai kekayaan di atas US$ 1 juta.

Beberapa bulan kemudian mereka meluncurkan perusahaan manajemen aset True Beacon sebagai upaya untuk mengatasi inefisiensi dalam model manajemen aset tradisional.

“Manajer investasi atau fund house dan klien tidak pernah selaras,” ucapnya.

Tidak seperti manajer investasi tradisional yang membebankan klien sebagian dari aset yang dikelola serta memberikan biaya dan biaya tahunan, True Beacon hanya membebankan biaya kepada klien atas kinerja pengelolaan investasi.

Baca Juga:
  Awal Merintis Bisnis Katering, Gibran Enggak Dapat Bantuan Modal dari Ayahnya

Dikatakannya, pemangkasan potensi pendapatan sebesar 10 persen tersebut mendorong perusahaan untuk mencapai hasil yang lebih baik.

“jika klien tidak bisa untuk karena alasan apa pun selama periode lima tahun, kami tidak memiliki pendapatan sebagai perusahaan. Dengan begitu kami akan benar-benar berusaha keras dan mengatakan kami akan membuat sesuatu yang berbeda, yang benar-benar selaras dengan klien dan sangat transparan. Saya kira waktu akan memberitahu bagaimana kelanjutannya,” ujar Nikhil Kamath.

Seperti Zerodha, True Beacon merupakan salah satu start up di India yang tumbuh dengan pesat. Saat ini, India merupakan rumah bagi 21 unicorn dengan nilai valuasi gabungan mencapai US$ 73,2 miliar.

Pada tahun 2025 mendatang, diprediksikan jumlah unicorn di India akan mencapai 100 perusahaan. Nikhil melihat, meski dunia startup di India semakin kompetitif, pihaknya senang berbagi peluang dengan siapa pun.

Berdasarkan itu, ia menyimpulkan ke depannya ia sangat sibuk dan tidak memiliki cukup banyak waktu untuk melalukan hal yang baru dalam waktu dekat.

Nikhil Kamath menyatakan, selama enam atau 12 bulan ke depan sebagai anak muda terkaya di India akan fokus berpikir dan menangani Zerodha dan True Beacon.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 1,347,026 Kasus
N/A 36,518 (2.7%) Meninggal
N/A 1,160,863 (86.2%) Sembuh
03 Mar 2021, 7:41 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia