Select Page

Cerita Pedagang Moci yang Berjualan di Gerai UMKM Tangerang

Cerita Pedagang Moci yang Berjualan di Gerai UMKM Tangerang

(Foto: Dok Agustina Widiastuti)

UMINEWS.COM, Indonesia kaya dengan kuliner tradisional. Dari makanan berat sampai ringan dapat kita pilih untuk disajikan saat bersama keluarga, rekan bisnis taau sahabat. Salah satu yang direkomendasikan adalah penganan ringan moci.

Bagi yang tinggal di Kota Tangerang, Anda bisa datang ke gerai UMKM Cibojah Jasa atau Pasar Subuh Malabar. Di dua tempat ini kita akan menemukan gerai atau kios Rasyaliya milik Bu Tina. Sedangkan yang tinggal di luar Kota Tangerang dapat memesannya melalui WhatsApp (WA) 085210507877.

“Selain di gerai, saya melayani permintaan melalui WA. Sementara ini saya belum memanfaatkan Gofood, Grab Food, dan marketplace karena takut enggak kepegang kalau banyak permintaan,” kata Agustina Widiastuti nama lengkap Tina, kepada Uminews.com, Rabu, 11 November 2020.

Agustina Widiastuti, pelaku UMKM Moci Rasyaliya. (Foto: Dok Agustina Widiastuti)

Warga Jalan Bawang VI, RT 02 RW 023 No. 145, Bogasari, Kota Tangerang, Provinsi Banten ini mengatakan, selain moci, dirinya juga berjualan kue gambin dan berbagai macam minuman segar.

Dirincinya, untuk moci ada dua pilihan yaitu moci bulat dan moci gulung. Lebih detail lagi dijelaskannya, moci gulung pada bagian luarnya ditaburi tepung maisena. Sedangkan moci gulung isinya kacang.

“Moci gulung isinya kacang, taburan di luar wijen, sedangkan pada bagian kulitnya ada beberapa variasi rasa yaitu cokelat, strauberi, original, dan pandan. Saya juga membuat kue gabin rasa tape dan asin,” jelasnya.

(Foto: Dok Agustina Widiastuti)

Berapa harganya? Tina menyebutkan, harga per bungkus mocil bulat isi 13-14 buah Rp.7.000, sementara moci gulung ukuran loyang 22 harganya Rp25 ribu.

Lanjut Tina bercerita, untuk minuman ia menyediakan soda rasa susu jeli dan kedondong yang masing-masing dibanderol Rp7.000 dan Rp8.000.

Tina bersyukur setiap harinya dari hasil berjualan dapat mengantongi pendapat bersih antara Rp50 ribu sampai Rp100 ribu.

Dapat BLT UMKM

Wanita berusia 42 tahun dengan empat anak yang terdiri dari tiga laki-laki dan satu perempuan ini menceritakan awalnya di tahun 2017 dirinya membuat minuman soda susu jeli dan jus kedongdong.

“Minuman-minuman ini saya titipkan ke kantin-kantin di beberapa sekolah di Kota Tangerang, sekarang sudah enggak lagi, setiap hari jualan di Gerai UMKM Cibojah Jasa dan Pasar Malabar aja,” ungkapnya.

(Foto: Dok Agustina Widiastuti)

Seiring sejalan berkembang usahanya, sekitar tahun 2019, Tina bereksperimen membuat moci dan kue gabin. Alhamdulillah, banyak yang suka dan memesan ke dirinya.

Baru-baru ini Tina mengaku dirinya mendapat Bantuan Tunai Langsung (BLT) UMKM dari pemerintah sebesar Rp2,4 juta. Ia memastikan uang itu akan digunakan untuk menambah modal usahanya.

(Foto: Dok Agustina Widiastuti)

Diberitahunya, saat ini dirinya sedang mengurus sertikasi Halal dan izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) dengan harapan usahanya dapat lebih berkembang.

Mengenai pemberian nama Rasyaliya pada produk-produk yang dibuatnya, Tina menyebutkan diambil dari dua nama anaknya Rasya dan Aliya.

1 Comment

  1. Avatar

    Kereeeen,,,semoga sukses ya bu agustina

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

8369 557,877 Kasus
156 17,355 (3.1%) Meninggal
3673 462,553 (82.9%) Sembuh
03 Dec 2020, 7:02 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia