Select Page

Cukup 3 Tahun Kerja di Perusahaan Orang, Marissa Dirikan Balai Kopi

Cukup 3 Tahun Kerja di Perusahaan Orang, Marissa Dirikan Balai Kopi

Marissa Fortunata Permatasari owner sekaligus pendiri Kafe Balai Kopi, Malang. (Foto: ISTIMEWA)

UMINEWS.COM, Berawal dari membantu bisnis waralaba milik keluarga, Marissa Fortunata Permatasari kini telah memiliki Kafe Balai Kopi yang berlokasi di Jalan Dewandaru No. 4, Kota Malang, Jawa Timur.

Marissa menceritakan, sebelum mendirikan Kafe Balai Kopi dirinya terlibat dalam bisnis waralaba franchise milik keluarganya.

“Selama tiga tahun saya terlibat di bisnis waralaba milik keluarga itu,” kata Marissa Fortuna.

Keterlibatan dirinya di dalam mengelola bisnis keluarga tersebut ternyata memberikan berkah. Ketertarikan Marissa terhadap dunia bisnis tumbuh subur. Bahkan tercetus ide ia ingin memiliki usaha sendiri dengan konsep berbeda, tidak seperti yang dijalankan keluarganya.

“Saya enggak mau menjalankan bisnis franchise atau brand milik orang. Inginnya punya brand sendiri,” jelasnya.

Tak ingin idenya jadi khayalan saja, langkah selanjutnya Marissa memikirkan dan mempersiapkan semuanya secara matang. Tak butuh waktu lama, tepatnya Januari 2019 ia mendirikan Kafe Balai Kopi.

Marissa beralasan dirinya menciptakan brand sendiri karena tidak ingin tergantung dengan orang lain.

“Soalnya kalau  menjalankan bisnis franchise harus melaporkan setiap transaksi keuangan ke pusat. Saya enggak mau direpotkan dengan rutinitas seperti itu, jadi memutuskan untuk mendirikan brand sendiri,” tukasnya.

Diungkapkan Marissa, dirinya memilih berbisnis dengan konsep kafe karena beberapa faktor. Pertama, basic bisnis keluarganya di bidang kuliner.

Basic bisnis keluarga saya ya di bidang kuliner, ditambah lagi sudah punya pengalaman, belajar di perusahaan waralaba milik keluarga. Jadi saya berani membuka kafe,” ucap Marissa.

Sedangkan faktor kedua yaitu kondisi Malang sendiri. Katanya, di Malang banyak berdiri kampus sehingga mahasiswanya membutuhkan tempat untuk berkumpul alias nongkrong di luar kampus untuk membicarakan persoalan perkuliahan atau hanya sekadar mengisi waktu luang saja saja.

“Melihat kondisi Malang seperti itu, saya berkeyakinan prospek bisnis kafe sangat menjanjikan. Hal ini didukung dikenalnya Malang sebagai salah satu Kota Pendidikan di Indonesia,” tuturnya.

Selama Kafe Balai Kopi beroperasi, Marissa bersyukur belum pernah menghadapi kendala yang cukup berat semuanya bisa diselesaikan dengan baik.

“Saya sadar namanya usaha atau bisnis pasti ada saja kendala dan tantangannya, tapi selama ini enggak terlalu saya rasakan dan bisa diselesaikan dengan baik,” ujarnya.

“Saya bersyukur punya pengalaman terlibat di perusahaan milik keluarga. Pastinya kalau mau berbisnis, kita harus menjalaninya dengan tekun, jangan mudah menyerah,” ujarnya.

Dia pun berpesan kepada para perempuan Indonesia agar tidak takut memulai suatu usaha.

“Jangan pernah takut, karena kita tidak pernah tahu ternyata melalui bisnis adalah jalan kita menuju kesuksesan,” terang Marissa Fortunata.

Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Yang lebih membanggakan dirinya, lanjut Marissa Fortunata, dengan hadirnya Kafe Balai Kopi berarti dirinya telah turut serta ameringankan beban pemerintah dalam penyediaan lapangan pekerjaan untuk rakyatnya,  khususnya di Kota Malang. Apalagi di masa pandemi COVID-19 banyak perusahaan yang terpaksa merumahkan, bahkan ada yang memberhentikan karyawannya.

“Semua usaha terdampak pandemi COVID-19, Alhamdulillah kami mampu bertahan,” ujarnya.

Ia kembali mengucapkan sangat beruntung karena punya pengalaman saat bekerja di perusahaan waralaba milik keluarganya, bagaimana cara mengelola sebuah usaha yang baik dan benar, khususnya ketika menghadapi situasi yang tidak menguntungkan bagi perkembangan bisnisnya. Berkat bekal itu ia bisa mempertahankan eksistensi kafe Balai Kopi di kala masa pandemi COVID-19.

Mengenai penilaian orang yang menyebutnya telah menjadi Woman Preneur sukses karena telah berhasil mendirikan Kafe Balai Kopi, ia mengucapkan terima kasih. Marissa Fortuna Purnamasari mengakui bahwa berbisnis merupakan fesyen dirinya, mungkin juga bakat yang diturunkan dari keluarganya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

8369 557,877 Kasus
156 17,355 (3.1%) Meninggal
3673 462,553 (82.9%) Sembuh
03 Dec 2020, 8:34 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia