Select Page

Dari Orang Biasa, Desainer Terkenal Hingga Warga Australia Jahit Pakaian di Ibu Ini

Dari Orang Biasa, Desainer Terkenal Hingga Warga Australia Jahit Pakaian di Ibu Ini

Aspiah, pelaku UMKM konveksi di Kota Tangerang dengan brand Cicipluk melayani permintaan jasa menjahit hingga ke luar negeri. (Foto: Dok Aspiah)

UMINews.com, Terkenal dengan kualitas jahitannya, Cicipluk konveksi kebanjiran order. Pelanggannya dari berbagai kalangan, yaitu masyarakat biasa, desainer Indonesia terkenal, bahkan pakaian yang dijahitnya sudah diekspor ke berbagai negara.

Aspiah, pemilik Cicipluk konveksi mengatakan dirinya memulai usaha jasa menjahit tahun 2013.

“Awal buka jasa menjahit ini saya hanya punya satu mesin doang. Dua tahun kemudian, 2015, bertambah jadi 3. Alhamdulillah sekarang sudah punya 7 mesin jahit,” kata Aspiah kepada UMINews.com, Senin, 8 Februari 2021.

Aspiah pun menceritakan  bagaimana pakaian-pakaian yang dijahitnya bisa diekspor ke luar negeri, berawal dari perkenalannya dengan seorang perempuan berkewarganegaraan Australia yang bersuami orang Indonesia.

“Selama di Indonesia dia tinggalnya di daerah Kemang, Jakarta Selatan,” jelasnya.

UMKM-Konveksi

Foto: Dok Aspiah

Kepadanya, perempuan Australia itu mengaku sangat peduli dan ingin memberdayakan potensi-potensi perempuan Indonesia. Ia merasa memiliki tanggung jawab untuk memajukan perempuan Indonesia.

“Dia mengaku ke saya sudah membantu pemberdayaan perempuan di Thailand dan India. Kenapa tidak membantu kaum perempuan di Indonesia yang merupakan negara suaminya,” ucap Aspiah menirukan perkataan perempuan Australia tersebut.

Dibantu oleh perempuan tersebut, pada Januari 2021 kemarin Aspiah mengirim berbagai pakaian anak-anak ke tiga negara yaitu Singapura, Thailand dan Australia. Tapi, Aspiah menjelaskan, ia ekspor ke luar negeri tidak mengatasnamakan merek Cicipluk, karena bekerja sama dengan pihak lain. “Saya hanya menjahit saja,” tuturnya.

Baca Juga:
  Berjualan Olahan Jahe, Wanita Asal Bima Ini Kantongi Omzet Rp12 Juta

Seiring berkembangnya usaha jasa konveksi, Aspiah bergabung dengan beberapa komunitas UMKM di antaranya Jaringan Pekerja Rumahan Indonesia (JPRI). Di organisasi ini dirinya dioercaya menjadi Koordinator Wilayah Poris Plawad. Ia berharap, dengan bergabungnya ke berbagai komunitas atau organisasi akan membantu pengembangan usaha konveksinya tersebut.

UMKM-Konveksi

Foto: Dok Aspiah

Selain dikirim ke luar negeri, ia pernah diminta menjahit seragam untuk para aparatur negara yang bekerja di kantor Wali Kota Bandung. “Pelanggan saya lainnya adalah salah seorang anggota dewan di Tangerang. Beliau sering minta dijahitkan pakaian ke saya, baik untuk pribadi atau organisasinya,” ungkap Aspiah.

Karena terkenal denga kerapihan jahitannya, seorang desainer top Tanah Air, Ivan Gunawan, kepincut dan menggunakannya. Kata Aspiah, Ivan Gunawan pernah meminta dijahitkan desain maskernya sebanyak tiga kali yang jumlahnya masing-masing antara 300-800 masker.

“Saya juga pernah diminta oleh Kesbangpol Kota Tangerang untuk membuatkan masker sebanyak 6.100 picis. Pernah juga menjahit pesanan dari organisasi mahasiswa Universitas Pelita Harapan (UPH), dan bekerja sama dengan konveksi-konveksi besar,” imbuhnya.

UMKM-Koveksi

Aspiah, pemilik konveksi Cicipluk, saat mengikuti acara di Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) beberapa waktu lalu. (Foto: Dok Aspiah)

Aspiah bersyukur, justru di masa pandemi COVID-19, orderan yang datang ke dirinya semakin banyak. Omzet yang diraihnya setiap bulan meningkat.

Ia menyebutkan, sebelum pandemi, omzet yang didapatnya berkisar Rp3 juta per bulan. Sedangkan di masa pandemi bisa mencapai Rp6 juta per bulan.

Baca Juga:
  Lestarikan Kuliner Tradisional, Kumpul-kumpul Keluarga Sambil Ngelahap Cilok Diny Thea

Lalu, bagaimana cara atau menghubungi ke siapa jika masyarakat ingin merasakan jasa Cicipluk konveksi seperti desainer Ivan Gunawan? Aspiah mempersilakan menghubungi nomor WhatsApp (WA) 085715395906, atau melalui Instagram @aas6173 dan Facebook Aas Aspiah.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 3,532,567 Kasus
N/A 100,636 (2.8%) Meninggal
N/A 2,907,920 (82.3%) Sembuh
05 Aug 2021, 7:42 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia