Select Page

Gluten Free, De’Benta Layak Disajikan Kepada Anak Berkebutuhan Khusus

Gluten Free, De’Benta Layak Disajikan Kepada Anak Berkebutuhan Khusus

Foto: Instagram @de_benta

UMINews.com, Berbahan dasar gluten free, De’Benta memproduksi berbagai macam cake dan cookies yang sehat dan layak dikonsumsi anak-anak berkebutuhan khusus (autis).

Ningsih Zakaria, owner De’BENTA mengatakan yang dimaksud dengan gluten free yaitu dirinya tidak menggunakan terigu (non terigu).

Sebagai penggantinya, dirinya menggunakan Mocaf, tepung Garut, dan Sorgum. Dijelaskannya, Mocaf adalah tepung yang terbuat dari singkong (Cassava) yang difermentasi dan dimodifikasi sehingga berbentuk seperti butiran beras yang kaya dengan nutrisi, bergizi, dan banyak lagi manfaatnya.

“Sedangkan pati atau tepung Garut dibuat dari umbi tanaman Garut (Maranta arundinacea) yang ditanam tanpa pupuk dan petisida kimia. Bentuknya mirip tepung sagu atau tapioka,” jelas Ningsih Zakaria saat dihubungi Uninews.com, Minggu, 3 Januari 2021.

UMKM-Camilan

Foto: Instagram @de_benta

Sedangkan Sorgum, lanjut Ningsih, adalah tanaman serba guna sejenis gandum yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Sorgum juga layak dijadikan makanan alternatif selain beras, makanan pokok masyarakat Indonesia.

Dari ketiga bahan tersebut, De’Benta membuat berbagai aneka camilan atau kue-kue seperti nastar, brownies cookies, pie, bolu tape, ongol-ongol, dan lainnya.

UMKM-Camilan

Foto: Instagram @de_benta

Kata Ningsih lagi, tak hanya diperuntukkan untuk anak-anak berkebutuhan khusus saja, juga sangat bagus dikonsumsi oleh siapa pun. Karena kandungan ketiga bahan yang disebutkan tadi pada produk-produk De’Benta dapat memperlancar pencernaan dan baik jika dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah dengan lambungnya.

UMKM-Camilan

Foto: Instagram @de_benta

Produk-produk De’Benta kini dapat dibeli di beberapa toko dan supermarket diantaranya 212 Mart Tangerang dan PTIC Serang. “Pernah dititipkan di sentra oleh-oleh Bandara Soekarno-Hatta. Tapi sejak pandemi COVID-19 di-stop dulu pengiriman ke sana,” jelasnya.

Baca Juga:
  Roti dan Pizza Ummi Fattan, UMKM Kuliner Emak-emak Tangerang

Selain itu, produk-produk De’Benta juga dapat ditemui di beberapa koperasi instansi pemerintah, salah satunya Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten.

Ningsih menyebutkan, produk-produk De’Benta juga dapat dipesan melalui WhatsApp (WA) 087871905558 dan Instagram @de_benta. Sedangkan di marketplace Tokopedia dan Shopee dalam waktu dekat sudah tersedia.

Ningsih mengaku pelanggannya dari berbagai kalangan dan daerah. Bahkan ada salah satu perusahaan yang berbasis di daerah Bogor, Jawa Barat yang khusus menjual makanan gluten free minta dipasok oleh dirinya.

UMKM-Camilan

Ongol-ongol De’Benta. (Foto: Instagram @de_benta)

Soal harga, diakuinya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan produk-produk sejenis yang ada di pasaran. Tapi menurutnya, produk De’Benta mengandung lebih banyak nutrisi dan bergizi.

“Harganya dari Rp50.000 sampai dengan Rp140.000,” ucapnya. “Meski lebih mahal saya enggak khawatir, karena pelanggan sangat tahu dan butuh makanan yang menyehatkan,” tambah Ningsih Zakaria.

Ketidak khawatiran Ningsih terbukti. Sedikitnya dalam jangka wakru seminggu dirinya mampu menjual produk-produk De’Benta 20 buah. “Kalau ditotal seriap bulannya minimal 80 buah,” imbuhnya.

UMKM-Camilan

Ningsih Zakaria, pelaku UMKM camilan De’Benta. (Foto: Instagram @de_benta)

Selain bergizi dan menyehatkan, produk-produk De’Benta telah mengantongi sertifikat Halal. Sementara untuk izin Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) sedang diproses, juga akan dibuatkan barcode dibantu oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten.

Sebelum menutup pembicaraan, warga Jalan Sange Goraya No. 67, Kowang Jaya, Karawaci, Kota Tangerang ini  mengatakan nama De’Benta yang digunakan sebagai brand produk gluten free-nya diambil dari nama kedua anaknya yakni Dita dan Dian. Sedangkan Benta kependekan dari Benteng Tangerang.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

10365 927,380 Kasus
308 26,590 (2.9%) Meninggal
8013 753,948 (81.3%) Sembuh
19 Jan 2021, 11:44 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia