Select Page

Hal-hal yang Harus Diwaspadai Ketika Anda Memulai Berbisnis

Hal-hal yang Harus Diwaspadai Ketika Anda Memulai Berbisnis

Foto: ISTIMEWA

UMINews.com, Memulai suatu bisnis tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Seseorang harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya selama menjalankan usaha tersebut. Jangan sampai salah langkah yang berujung pada kerugian.

Perencana keuangan Andi Nugroho mewanti-wanti hal yang harus diwaspadai apakah calon pelaku usaha itu mengetahui produk atau jasa apa yang akan dijualnya.

“Ketika kita mengetahui produk atau jasa apa yang kita jual, selanjutnya kita harus membuka diri, memberikan info ke orang-orang. Usaha atau jualan gue ini loh,” kata Andi Nugroho.

Terkadang, kata Andi lagi, ada beberapa orang yang belum terbiasa membuka usaha dan memasarkannya sendiri. Ada beberapa faktor yang membuat pelaku usaha bersikap seperti itu di antaranya background pekerjaannya sebelum dirinya berwirausaha sehingga membuat dirinya tidak terlalu percaya diri.

“Faktor lainnya yaitu kurang mengenal dunia luar dan dunia pemasaran. Dia enggak tahu untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Malas memberitahu orang atau promosi sendiri. Padahal bisa melalui media sosial atau WhatsApp (WA),” tambah Andi menjelaskan.

Rencana-Bisnis

Foto: ISTIMEWA

Perlu diperhatikan juga, bagaimana cara memasarkan produk dan self branding di saat ingin membuka suatu usaha. Bersosialisasi dengan banyak orang, selain memberikan teman baru, juga dapat membuka peluang bisnis jadi lebih maju.

Baca Juga:
  Cara Menghemat Pengeluaran Usaha Agar Anda Tidak Rugi

“Meski produk kita sebagus apa pun, kalau enggak ketemu marketnya, enggak ada pembelinya ya repot juga,” ujarnya.

Selain self branding, yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah bagaimana kita mengeluarkan modal. Jangan terlalu banyak mengeluarkan modal tapi tidak ada hasilnya.

“Sedikit demi sedikit saja dikeluarkan. Apalagi kalau kita tidak ada sumber penghasilan yang lain. Awalnya bisa 30 persem dulu, ya maksimal 50 persen deh. Modal pertama ini biar mutar dulu,” saran Andi Nugroho.

Menurutnya, ketika kita sudah mengerti ritme atau perputaran keluar masuk uang, dan sudah mendapatkan pola yang tepat, maka dipersilakan untuk menyuntik modal kembali. Karena, risiko ketika mengeluarkan modal sebesar 100 persen di awal jika tidak berhasil maka tidak bisa membuka usaha lagi.

Ia menyarankan juga, sambil menjalankan usaha yang baru dirintis tersebut sebaiknya melakoninya juga sebagai reseller atau perantara bisnis produk lainnya. Jika berhasil, selain mendapatkan fee juga mendapatkan ilmu berbisnis. Dengan begitu kita bisa menentukan langkah selanjutnya bisnis yang sedang kita rintis ini.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

3835 4,185,144 Kasus
219 140,138 (3.3%) Meninggal
7912 3,976,064 (95.0%) Sembuh
17 Sep 2021, 4:14 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia