Select Page

Hanya Modal Rp2 Juta, Wirausaha Ini Aja

Hanya Modal Rp2 Juta, Wirausaha Ini Aja

Ilustrasi (Foto-foto: ISTIMEWA)

UMINEWS.COM, Banyak di antara kita ingin berwirausaha karena dari pendapatan gaji saja tidak cukup membiayai kebutuhan sehari-hari. Tapi kendalanya, modal yang dipunya sangat sedikit. Jangan khawatir, ada beberapa wirausaha hanya membutuhkan modal kecil tidak lebih dari Rp2 juta.

Sudah banyak contoh orang menjadi pengusaha sukses karena tekun merintis usaha yang berawal dari modal seadanya. Intinya, jangan pernah menjadikan modal sebagai kendala untuk memulai suatu usaha. Karena dana atau modal sekecil apapun dapat dialokasikan dan diinvestasikan ke dalam bisnis jangka panjang yang menguntungkan.

Berikut beberapa jenis usaha yang bisa Anda mulai dengan hanya bermodalkan tidak lebih dari Rp2 juta:

1. Membuka warung kopi

Meminum kopi sudah menjadi tradisi mayoritas masyarakat sebelum beraktivitas atau saat bersantai baik bersama kolega bisnis, teman, maupun keluarga.

Anda bisa memanfaatkan tradisi minum kopi ini dengan membuka warung kopi di pinggir jalan atau depan kantor/ruko dengan konsep lesehan. Akan lebih baik, selain kopi Anda juga menyediakan peganan seperti goreng-gorengan atau snack.

Jika kurang sreg dengan konsep lesehan, Anda bisa menyediakan bangku dari plastik untuk pelanggan.

Meskipun warung kopi sudah menjamur di mana-mana, tapi risiko sepi pelanggan sangat kecil. Anda hanya membutuhkan semacam spanduk untuk memberitahu eksistensi warung kopi Anda ke masyarakat.

Jangan lupa harus izin terlebih dahulu kepada pemilik kantor/ruko yang akan Anda tempati bagian terasnya. Setelah mendapat izin, Anda sudah bisa berjualan.

warung-kopi-pinggir-jalan

2. Usaha camilan

Usaha kuliner menjadi pilihan banyak masyarakat yang ingin berbisnis. Alasannya, makan merupakan kebutuhan primer manusia.

Selain makanan utama seperti nasi, camilan juga menjadi pilihan masyarakat untuk disantap sebagai ‘penahan’ lapar ketika masih sibuk bekerja dan ketika bersantai.

Bisnis camilan tidak harus punya tempat untuk berjualan. Anda bisa berjualan di rumah dan jika pelanggan order tinggal diantar ke alamat yang dituju.

Untuk bisnis ini, modal yang Anda keluarkan sangat kecil, apalagi jika sudah peralatan memasaknya. Hanya butuh membeli bahan-bahan untuk membuat kue dan toples atau kemasan.

Bisnis ini terbilang memberikan manfaat tidak hanya kepada pelakunya saja, tapi juga sekelilingnya. Jika berkembang maka bisa menyerap tenaga kerja, misalnya mempekerjakan tetangga-tetangga.

makanan-ringan

3. Usaha salon dan kecantikan

Ingin terlihat cantik dan menawan merupakan kodratnya wanita. Kenapa tidak bagi yang memiliki keahlian di bidang kecantikan mulai membuka usaha ini.

Jangan terpaku dengan konsep klasik salon atau bisnis kecantikan yang harus menyewa tempat untuk berbisnis. Berpikir secara out of the box jika berminat dengan usaha ini. Gunakan rumah Anda atau door to door.

Bisnis ini terbilang menguntungkan sebab di zaman sekarang tidak hanya kaum hawa saja yang gemar ke salon, tapi juga para pria. Begitu pun target konsumennya sangat luas, dari berbagai kalangan dan usia.

Untuk memulai usaha ini yang perlu dipersiapkan dan dibeli adalah yaitu peralatan make up yang bisa didapat di toko-toko grosiran sehingga harganya lebih murah jika dibandingkan membeli di mal.

salon-rumahan

4. Bisnis bimbingan belajar

Apabila Anda berlatar belakang dan memiliki kemampuan sebagai seorang pendidik, kenapa tidak memanfaatkan keahlian tersebut menjadi sebuah bisnis. Tak hanya materi yang didapat, Anda berarti turut serta mencerdaskan masyarakat.

Bisnis yang bisa Anda jalankan seperti les privat atau lembaga bimbingan belajar (bimbel).

Kunci untuk menjalankan bisnis ini adalah pengetahuan yang luas dari pengajarnya dan selalu update dengan perkembangan zaman.

Disarankan bagi Anda yang berminat membuka bisnis ini agar menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menyediakan fasilitas pendukung seperti buku serta alat peraga.

Dengan hanya bermodalkan tidak lebih dari Rp2 juta Anda sudah bisa membuka usaha les privat taau bimbel secara mandiri.

belajar-di-rumah

5. Reseller online

Nah, kalau ini model bisnis yang sedang trend di masa kini, yaitu menjadi reseller online.

Bisnis jenis ini untungnya sangat menggiurkan dan simpel. Anda tinggal membeli dari suppler dan menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi agar mendapatkan keuntungan.

Sebaiknya, sebelum memulai Anda harus memikirkan dengan matang jenis barang apa yang akan dijual. Terpenting, Anda harus memastikan kualitas produk dari supplier sehingga konsumen akan puas membeli suatu produk dari Anda.

Ingat, kepuasan pelanggan adalah nomor satu dan syarat mutlak jika bisnis Anda ingin mendapatkan loyalitas atau bertambahnya jumlah konsumen.

6. Usaha barang seserahan

Memiliki jiwa seni, kreativitas atau mahir menciptakan suatu produk yang tinggi sebaiknya jangan disia-siakan. Manfaatkan untuk menjadi sumber atau tambahan pendapatan kita.

Salah satu produk yang sangat dicari dan diminati masyarakat adalah produk-produk terkait acara seserahan pernikahan.

Anda harus tahu, tidak semua orang bisa membuat apalagi berbisnis produk-produk jenis ini, karena tidak mudah membuatnya karena memerlukan keahlian khusus.

Tapi, bagi mereka yang dianugerahi keahlian khusus dapat membuat produk-produk seserahan hanya mengeluarkan modal sedikit kaan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Selain uang, keuntungan yang didapat para pelaku bisnis seserahan yaitu hobinya tersalurkan, dan juga akan mendapatkan kepuasaan begitu mengetahui hasil karyanya diminati oleh banyak orang.

Modal yang dikeluarkan pun sedikit hanya untuk membeli beberapa peralatan dan bahan-bahan seperti lem, karton, kardua, dan lain-lainnya.

barang-seserahan

7. Tukang jahit pakaian

Jika Anda memiliki keahlian menjahit atau mendesain pakaian, kenapa tidak melangkah lebih maju menjadi tukang jahit pakaian.

Sebagai refrensi, Anda bisa melihat model-model baju atau celana dari internet dan majalah mode. Sedangkan peralatan yang harus disiapkan yaitu mesin jahit, benang, kancing dan lain-lain yang harganya tidak mahal.

tukang-jahit

Bagaimana, Anda berminat untuk berwirausaha? Tidak perlu mengajukan pinjaman dalam jumlah besar ke lembaga keuangan atau ke orang lain agar Anda bisa memiliki wirausaha.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 502,110 Kasus
N/A 16,002 (3.2%) Meninggal
N/A 422,386 (84.1%) Sembuh
24 Nov 2020, 8:35 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia