Select Page

Hobi Gonta-ganti Motor, William Berbisnis Motor Seken

Hobi Gonta-ganti Motor, William Berbisnis Motor Seken

William, owner KJV Motorsport. (Foto: Dok William)

UMINEWS.COM, Sudah banyak sekali contoh berawal dari hanya sekadar hobi, seseorang menjelma menjadi seorang pengusaha sukses. Hal ini juga dibuktikan oleh William, owner KJV Motorsport, sebuah perusahaan yang menjual sepeda motor seken alias bekas.

William bercerita bagaimana awal mula dirinya menggeluti bisnis jual beli motor seken berangkat dari kegemarannya gonta-ganti sepeda motor, khususnya jenis motor sport.

Sebelum berbisnis, Willian merupakan mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi di Taiwan. Di tengah perjalanan ia memutuskan kembali ke Tanah Air dan tidak menyelesaikan kuliahnya.

Tiba di Indonesia, Willian bekerja sebagai transalator di sebuah lembaga pusat pelatihan bahasa.

“Waktu kerja sebagai transalator, saya pulang pergi dari Depok ke Jakarta naik sepeda motor,” kata William.

Karena dirinya gampang bosanan, William sering gonta-ganti sepeda motor. Dari situlah dia melihat ada peluang untuk mendapatkan keuntungan dari hasil jual beli motor bekas.

“Lalu saya pelajari dan membaca peluang. Saya kemudian mempraktikkan dengan menjual motor saya sendiri, enggak tahu bagaimana caranya harus mendapatkan untung,” tuturnya.

Di akhir tahun 2014 William mulai hunting produk-produk sepeda motor bekas di beberapa situs penjualan online. Motor-motor yang dibelinya itu kemudian dimodifikasi, selanjutnya dijual kembali.

“Lambat laun saya menyadari bisnis ini sangat menjanjikan dan akhirnya memutuskan fokus mengembangkan usaha ini,” ujar William.

Nah, saat ingin mengembangkan usahanya, William tidak memiliki cukup modal. Dia hanya mendapatkan pinjaman puluhan juta saja dari kakeknya ditambah keuntungan dari menjual motor bekas.

Di awal merintis usaha, William hanya mampu menjual 3-4 unit saja. Tapi sekarang penjualannya mencapai 180 sampai 200 sepeda motor setiap bulannya. Berkat usaha kerasnya, William kini telah berhasil membuka hingga 10 cabang di berbagai daerah di Indonesia. Rencananya, dalam waktu dekat ia akan membuka kembali dua cabang baru.

“Kalau diingat-ingat di awal merintis saya enggak punya showroom, hanya di rumah saja, tapi sekarang sudah punya 10 cabang,” ujar William bangga.

Untuk produk yang dijualnya pun beraneka ragam seperti motor Kawasaki Ninja berbagai type hingga motor CBR. Begitu pun dengan harganya, beragam. Wlliam membanderoli harga mulai dari Rp20 juta sampai Rp600 juta.

Omset naik di masa pandemi COVID-19

Bagaimana penjualan sepeda motor seken ketika di beberapa wilayah di Indonesia memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), William menyatakan justru penjualannya mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Ia pernah berhasil menjual sebanyak 250 unit sepeda motor bekas dalam sebulan.

Bahkan dengan bangganya William menyebut dirinya tidak melakukan pemecatan terhadap seorang karyawan pun seperti perusahaan pada umumnya. Justru ia berencana akan membuka dua cabang baru lagi.

Ia berharap dengan dibukannya cabang baru akan dapat membuka lowongan pekerjaan di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini yang sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya para korban PHK.

Saat ini William melayani pelanggan tidak hanya di Jakarta dan sekitarnya, tapi juga berasal dari berbagai daerah, mulai dari Aceh sampai Papua.

Di era serba digital seperti sekarang ini, William menyadari pentingnya berpromosi di jejaring sosial. Dia pun memanfaatkan aplikasi seperti Facebook, Instagram (IG), YouTube, hingga Tik Tok untuk mengembangkan bisnisnya.

“Saya bentuk tim khusus tugasnya membuat konten-konten menarik yang akan di-upload di media sosial. Saya merasakan sekali manfaatnya,” imbuh Willy.

Dia percaya, cara ini bisa membuat  KJV Motorsport yang khusus menjual sepeda motor seken lebih dikenal hingga berbagai pelosok Indonesia.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

5092 543,975 Kasus
136 17,081 (3.1%) Meninggal
4361 454,879 (83.6%) Sembuh
01 Dec 2020, 6:22 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia