Select Page

Indonesia Mall Buka Pintu Selebar-lebarnya Untuk Komunitas UMKM

Indonesia Mall Buka Pintu Selebar-lebarnya Untuk Komunitas UMKM

Andry Sugiarto Pimpinan Tim Leader Indonesia Mall (bawah sebelah kiri) bersama pelaku UMKM menunjukkan produk-produknya. (Foto: Dok Andry Sugiarto)

UMINews.com, Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui Indonesia Mall berkomitmen memajukan dan mengangkat produk-produk UMKM ke permukaan. Mereka pun membuka pintu selebar-lebarnya untuk melakukan kerja sama dengan komunitas UMKM.

“Sekarang ini kami sudah bekerja sama dengan Komunitas UMKM Indonesia dan Sahabat UMKM. Kami sangat antusias menunggu komunitas lainnya untuk bekerja sama dengan Indonesia Mall,” kata pimpinan Tim Leader Indonesia Andry Sugiarto kepada UMINews.com, Selasa, 12 Januari 2021.

Andry mengaku punya pengalaman menarik dengan komunitas UMKM yang bergabung ke dalam Indonesia Mall. Pihaknya sempat skeptis akan ada komunitas UMKM asal Jakarta yang akan bergabung, ternyata faktanya berbeda dari perkiraannya. “Justru mereka antusias sekali. Sudah banyak yang bergabung dengan kami,” ucapnya.

Indonesia-Mall

Andry Sugiarto (kiri) bersama tim dari FTA Center sedang melakukan proses Kurasi Export B2B Alibaba. (Foto: Dok Andry Sugiarto)

Selain komunitas UMKM, Andry menyebutkan pihaknya juga telah bekerja sama dengan beberapa BUMN di Tanah Air yang memiliki UMKM binaan seperti Angkasa Pura, Pertamina dan PT Semen Indonesia.

“Hampir semua BUMN punya UMKM binaan. Indonesia Mall bekerja sama mempromosikan dan memasarkan produk-produknya,” jelasnya.

Menurutnya, bekerja sama dengan komunitas UMKM maka akan sangat membantu dan mempermudah mewujudkan UMKM Indonesia menjadi lebih maju.

Baca Juga:
  Uniknya Produk T & Y Calico Crafts, Oke Banget Buat Souvenir dan Cinderamata

Kemudian Andry menjelaskan bagaimana cara bergabung dengan Indonesia Mall. Pertama yang harus dilakukan adalah mengakses website bri.co.id. Di website ini nanti akan menemukan link http://bit.ly/RegistrasiIM cara mendaftar ke Indonesia Mall.

“Kalau terlalu lama diresponnya, bisa juga melalui Instagram @indonesiamallbri. Kirim pesan saja ke Direct Message (DM). Kami sangat aktif dan sering menerima pengajuan melalui DM Instagram,” terang Andry Sugiarto.

Indonesia-Mall

Indonesia Mall yang digagas oleh BRI menjadi salah satu wadah para pelaku UMKM untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produknya. (Foto: Dok Andry Sugiarto)

Selanjutnya, kata Andry lagi, pihaknya akan memberitahu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelaku UMKM, salah satunya harus sudah memiliki izin Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi yang berjualan kuliner. Selain itu, Indonesia Mall juga akan memperhatikan bentuk kemasan produk UMKM yang bersangkutan.

“Kami punya standar kemasan. Kalau dianggap belum layak, kami akan mengarahkan dan menyarankan untuk memperbaiki kemasannya. Ini perlu dilakukan demi tingkat penjualan mereka,” tuturnya.

Begitu dinyatakan sudah sesuai dengan klasifikasi yang ditentukan, dirinya akan menghubungkan pelaku UMKM dengan perwakilan atau PIC Indonesia Mall di daerahnya masing-masing.

Syarat lainnya yaitu, pelaku UMKM bersedia bekerja sama secara konsiyasi sesuai yang disepekati, khususnya persoalan pembayaran dan harus memiliki rekening BRI.

Terkhusus untuk pelaku UMKM di bidang kuliner, ia memberitahu hal yang harus diperhatikan adalan masa kadaluarsa (expired) produknya minimal 6 bulan.

Baca Juga:
  Kalian Harus Tahu, Sales Sama Dengan Entrepreneur

Terakhir, para pelaku UMKM yang ingin bergabung dengan Indonesia Mall harus bersedia menyediakan stok sesuai permintaan. “Karena sangat mungkin akan didistribusikan ke daerah-daerah lainnya dan dipromosikan secara besar-besaran,” ungkap Andry.

Indonesia-Mall

Para pelaku/komunitas UMKM Medan, Sumatera Utara mengikuti proses kurasi Indonesia Mall beberapa waktu lalu. (Foto: Dok Andry Sugiarto)

Andry Sugiarto menyebutkan keuntungan bergabung dengan Indonesia Mall dibandingkan dengan marketplace lainnya, yaitu akan dipromosikan dan dipasarkan ke banyak marketplace tak hanya di dalam negeri saja, tapi juga di luar negeri.

“Seperti Tokopedia, Bli Bli, Shopee, Lazada, dan sebagainya. Dengan marketplace luar negeri kami juga bekerjasama,” jelasnya.

Keuntungan lainnya yaitu, dengan bergabung ke Indonesia Mall, pelaku UMKM tidak perlu repot dan kebingungan membuat materi promo, karena Indonesia Mall akan memotretkan produk tersebut, bahkan sampai menyediakan sosok modelnya sehingga terlihat bagus dan menarik saat produk UMKM tersebut dipromosikan dan dipasarkan.

“Bisa dibayangkan berapa anggaran yang harus dikeluarkan pelaku UMKM untuk menggunakan jasa fotografer profesional dan seorang model. Kami menyediakannya free loh,” imbuhnya.

Indonesia Mall masuk kampus

Andry Sugiarto melanjutkan bercerita, pihaknya juga memiliki program khusus untuk kaum milenial, yaitu bekerja sama dengan kampus-kampus yang bertajuk “BRIWork’.

Diharapkan, kerja sama dengan kampus-kampus tersebut akan meningkatkan value produk UMKM.

Indonesia-Mall

Foto: Instagram @indonesiamallbri

Tak hanya semata-mata mengejar target penjualan produk-produk UMKM saja, diharapkan program BRIWork akan menumbuhkembangkan jiwa enterpreneur kaum milenial.

Baca Juga:
  Selama Pandemi, Transaksi di Tokopedia Meningkat Lebih dari 100 Juta

“Dengan bergabung di BRIWork mahasiswa bisa jadi reseller, hasilnya mereka mendapat uang tambahan yang bisa digunakan untuk keperluan mereka tanpa harus meminta ke orang tua,” ucap Andry Sugiarto yang pernah menjadi reseller pakaian wanita.

Nah, bagaimana setelah membaca artikel ini, menarik bukan. Terutama para pelaku UMKM dan mahasiswa, jangan ditunda-tunda lagi segera bergabung dengan Indonesia Mall dan BRIWork yang diinisiasi oleh BRI ini.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

10365 927,380 Kasus
308 26,590 (2.9%) Meninggal
8013 753,948 (81.3%) Sembuh
19 Jan 2021, 12:23 PM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia