Select Page

Ingin Sukses Berbisnis Rumahan? Ada 4 Strategi yang Harus Anda Terapkan

Ingin Sukses Berbisnis Rumahan? Ada 4 Strategi yang Harus Anda Terapkan

Ilustrasi (Foto: ISTIMEWA)

UMINews.com, Di masa pandemi COVID-19 banyak masyarakat memulai bisnis rumahan. Ada yang sekadar mencari tambahan saja, ada juga yang dijadikan penghasilan utama.

Adapun yang menjadi alasan banyak orang memulai berbisnis dengan base di rumah saja, karena tidak perlu membutuhkan atau mengeluarkan modal yang besar untuk menyewa tempat atau biaya operasional lainnya. Ditambah lagi, menjalankan bisnis di rumah membuat diri lebih aman dari ancaman terpapar virus COVID-19.

Meski begitu, memulai berbisnis di rumah tetap ada chalenge, apalagi sekarang ini sangat banyaknya orang memulai berbisnis di rumah juga. Ditambah lagi produk yang Anda jual tidak jauh berbeda dengan pedagan lainnya, bahkan cenderung sama. Akibatnya, persaingan pun semakin ketat.

Nah, jika Anda ingin menjadi ‘pemenang’ dan produk ada dipilih calon konsumen, maka diperlukan strategi yang jitu.

Berikut ini strategi agar produk Anda dilirik dan tentunya dibeli konsumen:

Pilih produk/jasa yang tepat

Anda tidak bisa menutup mata dan telinga terhadap apa yang disukai atau sedang trend di masyarakat, jangan mempertahankan idealisme. Dengan begitu dagangan Anda akan laris dan dicari banyak orang.

Bisnis-Rumahan

Foto: ISTIMEWA

Sekadar contoh, di masa pandemi COVID-19 masyarakat lebih mementingkan produk kesehatan, produk sejenis suplemen, makanan dan minuman kesehatan bisa menjadi pilihan yang layak kita tawarkan ke masyarakat.

Baca Juga:
  Petuah dari Bos Tokopedia Agar UMKM Bertahan Selama Pandemi

Contoh lainnya, saat ini sedang trend di masyarakat menggunakan sepeda untuk aktivitas sehari-harinya. Kenapa tidak menjual aksesoris sepeda.

Strategi pemasaran

Memulai berbisnis di era digital seperti sekarang ini memiliki keuntungan, terutama dari segi promosi. Kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berpromosi, cukup menggunakan sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube. Hanya dituntut kreatif agar dagangan Anda dilirik dan dibeli masyarakat.

Bisnis-Rumahan

Foto: ISTIMEWA

Terpenting, Anda disarankan untuk lakukan pemasaran yang tepat sasaran dan efektif. Pilih target pasar yang tepat supaya peluang produk Anda dilirik/dibeli calon konsumen lebih tinggi. Kalau memang harus beriklan lakukan, tapi harus disesuaikan dengan kemampuan financial.

Beriklan di media sosial akan memudahkan Anda mencapai target sesuai yang diinginkan, karena Anda bisa mengatur iklan sesuai keinginan.

Misalnya, Anda bisa mengatur iklan sesuai target kategori umur, gender, dan sebagainya.

Jangan takut perang harga

Anda harus berani memasang harga yang kompetitif agar masyarakat lebih memilih membeli produk Anda dibandingkan kompetitor.

Lebih baik menjual dengan harga lebih murah dari yang lain meski untung yang didapat tidak seberapa tapi dengan kuantitas yang jauh lebih banyak.

Bisnis-Rumahan

Foto: ISTIMEWA

Bekerjasama dengan platform order online

Bagi Anda yang berbisnis kuliner di rumah, bekerjasama dengan platform layanan delevery order atau layanan pesan antar menjadi keputusan dan solusi yang tepat di masa kini.

Baca Juga:
  Enggak Bahas Video Mesum Miripnya, Gisel Juga Berbisnis Kuliner Loh!

Cobalah melakukan kerjasama dengan platform order online seperti Gofood dan Grab Food, karena akan mengatrol penjualan produk Anda.

Bisnis-Rumahan

Foto: ISTIMEWA

Nah, sudah jelas banget kan maksud dari artikel ini. Semoga bisnis rumahan yang Anda lakoni akan berjalan sukses dan memberikan cuan yang lumayan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

10365 927,380 Kasus
308 26,590 (2.9%) Meninggal
8013 753,948 (81.3%) Sembuh
19 Jan 2021, 12:15 PM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia