Select Page

Insya Allah, BLT UMKM Rp2,4 Juta Diperpanjang Hingga 2021

Insya Allah, BLT UMKM Rp2,4 Juta Diperpanjang Hingga 2021

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Foto: Dok Kemenkop UKM)

UMINEWS.COM, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengungkapkan rencana pemerintah Indonesia memperpanjang masa program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Tunai Langsung (BLT) sebesar Rp2,4 juta kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga tahun depan, atau minimal pada Kuartal I Tahun 2021.

Kata Teten, rencana tersebut karena melihat fakta di lapangan bahwa jumlah peminatnya masih tinggi.

“Sebanyak 28 juta peminat mendaftarkan diri untuk menerima Banpres Produktif UMKM ini, sementara pemerintah menargetkan yang mendapatkan bantuan ini sebesar 12 juta,” ucap Teten Masduki, Jumat, 13 November 2020.

Berdasarkan fakta tersebut, lanjut Teten, pemerintah akan melakukan evaluasi untuk terus melanjutkan program Banpres Produktif UMKM hingga tahun depan, setidaknya hingga Kuartal I Tahun 2021.

Sebelumnya Teten Masduki menyarankan kepada pelaku UMKM yang ingin mendapatkan Banpres Produktif UMKM segera mengajukan diri ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten/Kota di wilayahnya masing-masing.

Saat mendaftar, para calon penerima bantuan harus membawa atau memenuhi berbagai persyaratan dengan lengkap yaitu memberitahu nama lengkap, memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) beserta melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), memberitahu bidang usahanya, dan memiliki nomor telepon.

Teten menegaskan, tidak semua pelaku UMKM layak mendapat bantuan hibah ini. Faktor yang cukup menentukan apakah seseorang dapat atau tidaknya bantuan Banpres Produktif UMKM yaitu sedang tidak menerima kredit modal kerja atau investasi dari perbankan (unbankable), tidak terdaftar sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), bukan anggota TNI/Polri, dan tidak terdaftar sebagai karyawan BUMN/BUMD.

Seandainya tidak memiliki rekening bank, Teten memberitahu hal itu tidak bisa dijadikan alasan menghalangi seseorang mendaftar sebagai calon penerima Banpres Produktif UMKM. Sebab, jika seseorang dinyatakan berhak mendapatkan bantuan akan dibuatkan rekening oleh pihak bank yang ditunjuk sebagai penyalur.

Teten Masduki menyebutkan tiga bank yang telah ditunjuk pemerintah sebagai lembaga penyalur dana BLT Banpres Produktif UMKM yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Persero, PT Bank Negara Indonesia (Persero), dan Bank Syariah Mandiri (BSM).

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

6267 534,266 Kasus
169 16,815 (3.1%) Meninggal
3810 445,793 (83.4%) Sembuh
29 Nov 2020, 3:41 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia