Select Page

Jika Anda Besar Pasak daripada Tiang, Sebaiknya Lakukan 4E

Jika Anda Besar Pasak daripada Tiang, Sebaiknya Lakukan 4E

Ilustrasi (Foto: ISTIMEWA)

UMINews.com, Tahun telah berganti dari 2020 ke 2021. Tapi, prospek keuangan Anda masih samar-samar, bahkan terkesan tidak ada perubahan. Pertanyaannya, apa yang harus diperbuat agar keuangan Anda menjadi lebih baik.

Menurut konsultan keuangan Prita Hapsari Ghozie, jika masalah keuangan Anda karena ‘besar pasak daripada tiang’ alias lebih besar pengeluaran daripada pendapatan (cash flow), maka yang harus diperhatikan adalah mencari tambahan pendapatan, kalau perlu cari dari sumber lainnya.

“Mau tidak mau tidak, suka tidak suka kita harus melakukan sesuatu untuk menciptakan cash flow yang baru,” ujar Prita Hapsari Ghozie melalui siaran video YouTube, Sabtu, 9 Januari 2021.

Prita pun memberitahu 4 cara yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan cash flow atau mendapatkan sumber penghasilan tambahan yang ia beri nama 4E.

Ia pun menjelaskan yang dimaksud 4E yaitu Easy, Excellent, Earning dan Enjoy.

Lebih detail lagi dijelaskan Prita. Yang dimaksud dengan Easy (mudah) yaitu agar tidak mempersulit diri sendiri untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti mencari sertifikasi yang justru akan membuat pengeluaran Anda bertambah besar. Sebaiknya kerjakan apa yang bisa dikerjakan sesuai dengan kemampuan Anda.

Kedua, Excellent (hebat), yaitu melakukan apa yang sudah Anda kuasai dengan menggunakan alat atau bahan yang sudah tersedia di rumah. Sehingga produk/barang yang diciptakan bisa langsung dipasarkan.

Baca Juga:
  Jangan Boros, Ini Tips Mengelola Uang dari Hasil Nyambi

Selanjutnya Earning (pendapatan). Banyak orang berbisnis tidak melakukan perhitungan secara tepat, yang pada akhirnya bisnis yang dijalankannya tidak memberikan hasil (keuntungan) seperti yang diharapkan atau tidak bisa menciptakan cash flow, bahkan bisa jadi memperparah keuangan Anda.

Terakhir adalah Enjoy (menikmati). Prita mengatakan semua hal yang dilakoni dengan senang hati maka akan memberikan kenikmatan yang tiada tara bagi yang menjalankannya. Jangan pernah merasa terpaksa, sehingga akan terhindar dari beban. “Kalau enggak enjoy bisa stres. Kalau stres bisa menghambat kita menciptakan cash flow,” tukasnya.

Bagaimana, sangat masuk akal sekali apa yang dikatakan Prita Hapsari Ghozie. Hanya diperlukan tekad dan action untuk menstabilkan cash flow keuangan Anda.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

10365 927,380 Kasus
308 26,590 (2.9%) Meninggal
8013 753,948 (81.3%) Sembuh
19 Jan 2021, 12:01 PM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia