Select Page

Jika Ingin Dapatkan Suntikan Dana dari PMV, Pelaku Startup Harus Perhatikan Ini

Jika Ingin Dapatkan Suntikan Dana dari PMV, Pelaku Startup Harus Perhatikan Ini

Ilustrasi startup. (Foto: ISTIMEWA)

UMINEWS.COM, Saat ini banyak Perusahaan Modal Ventura (PMV) menawarkan bantuan suntikan modal ke berbagai startup di Indonesia untuk membantu mengembangkan bisnis mereka.

Misalnya seperti Kopi Kenangan, pada Mei 2020 lalu mendapatkan pendanaan Seri B yang dipimpin oleh Sequoia Capital, sebesar US$ 109 juta.

Wakil Ketua I Asosiasi Modal Ventura Untuk Startup Indonesia (AMVESINDO) William Gozali mengatakan setidaknya ada 4 (empat) poin yang menjadi pertimbangan para modal ventura ketika memutuskan akan memberikan suntikan modal ke startup atau para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

Kata William, pertimbangan pertama adalah potensi pertumbuhan. PMV akan melihat sebesar apa potensi pasar yang dimiliki oleh startup tersebut.

“Menurut dia, apabila keadaan pasar di suatu daerah cukup besar dan terus berkembang, maka akan bisa mendorong pertumbuhan produk cukup besar juga.

“Dua hal ini saling berkaitan, dan apabila potensi pertumbuhan di suatu perusahaan tidak cukup berkembang, maka PMV pun tidak memiliki keinginan untuk memberikan suntikan modal,” kata William Gozali dlam diskusi Webinar AMVESINDO, Senin, 2 November 2020.

Pertimbangan kedua, lanjut William, adalah kemampuan beradaptasi. Di sini startup diminta untuk terus bisa menyesuaikan diri dengan ketidakpastian yang terjadi saat ini.

Dicontohkannya, seperti yang dilakukan oleh perusahaan di bidang ride hailing yang tergerus bisnisnya akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, setelah beberapa lama, perusahaan tersebut telah bisa beradaptasi dan mendiversifikasi bisnisnya dengan membuat layanan pengantaran makanan dan pengantaran logistik.

Ketiga yaitu, kualitas founder. PMV akan melihat siapa sosok pendiri yang berada di perusahaan tersebut untuk memastikan apakah perusahaan tersebut benar-benar di tangan orang yang tepat atau tidak.

Wajar saja track record pendiri menjadi suatu hal yang penting karena investasi yang dilakukan PMV bersifat jangka panjang yang diprediksikan membutuhkan waktu 5-10 tahun.

Berikutnya, keempat, efisiensi. PMV akan melihat apakah calon perusahaan yang diberikan suntikan dana mempunyai model bisnis yang jelas atau tidak. Selain itu perusahaan yang bersangkutan juga harus efisien dalam penggunaan dana.

“Oleh sebab itu Perusahaan Modal Ventura (PMV) tidak sembarangan memberikan suntikan dana. Tentu mereka berharap dengan adanya suntikan dana tersebut, maka perusahaan atau startup yang diberikan suntikan dana bisa jauh berkembang, bukan malah sebaliknya,” jelas William Gozali.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

6267 534,266 Kasus
169 16,815 (3.1%) Meninggal
3810 445,793 (83.4%) Sembuh
29 Nov 2020, 4:43 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia