Select Page

Jurus Jitu Jika Ingin Jadi Orang Kaya di Indonesia

Jurus Jitu Jika Ingin Jadi Orang Kaya di Indonesia

Foto: Ilustrasi/ISTIMEWA

UMINews.com, Setiap orang pasti ingin kaya raya secara materi. Banyak hal positif yang bisa lakukan jika memiliki materi yang lebih, salah satunya dapat membantu sesama yang kurang beruntung.

Pertanyaannya, bagaimana caranya agar bisa menjadi orang kaya secara benar, tanpa korupsi atau melakukan hal-hal yang berpotensi melanggar hukum.

Sebelum kita membahas jurus-jurus jitu agar bisa menjadi orang kaya, akan lebih baik jika Anda harus yakin terlebih dahulu bahwa apa pun bisa terjadi di dunia jika Tuhan Yang Maha Kuasa berkehendak, termasuk menjadikan seseorang kaya raya.

Sekarang ini isi dompet Anda hanya terisi selembar Rupiah saja. Tapi tak ada yang tahu, bagiamana dengan esok, lusa atau beberapa tahun kemudian. Bahkan mungkin saja dalam waktu sekejap nasib seseorang akan berubah 180 derajat.

Berikut beberapa langkah yang pantas Anda lakukan jika ingin menjadi salah satu orang kaya di Indonesia:

1. Membangun bisnis dan usaha

Kemungkinan besar kamu pernah mendengar petuah, “Kalau ingin kaya jangan jadi karyawan, jadilah pebisnis’.

Petuah ini ada benarnya. Kalau bekerja sebagai karyawan, berapa sih besar gajinya. Umumnya, semakin besar gaji seseorang di sebuah perusahaan maka semakin besar pula beban dan tekanannya.

Bandingkan jika Anda menjadi seorang wirausahawan atau mendirikan usaha. Tidak usah muluk-muluk, mulai saja dari kecil-kecilan dan menggunakan fasilitas yang ada, seperti garasi rumah.

Dengan semangat, jiwa pantang menyerah, kerja keras, mau belajar, kreatif dan inovatif, pasti usahamu akan berkembang.

Jika sudah memungkinkan, maka Anda yang akan mempekerjakan orang.

2. Investasi saham

Kenapa tidak hasil dari bekerja disisihkan sekian persen untuk berinvestasi yang kelak dapat menambah pundi-pundi isi kantong Anda. Tidak menutup kemungkinan, jika tepat dan jeli mengiventasikan dana ke perusahaan tertentu maka dalam sekejap menjelma jadi orang kaya.

Mengiventasikan dana yang kita punya disebut-sebut sebagai salah satu cara ‘menggandakan’ uang.

Jika dibandingkan dengan gaji yang didapat dari hasil bekerja di perusahaan orang, paling bagus setiap tahunnya hanya naik 10 persen saja. Sementara harga-harga bahan pokok membumbung tinggi, sehingga dampak kenaikan gaji tidak terlalu berarti. Tetapi jika menanam investasi maka keuntungan puluhan, bahkan ratusan dan ribuan persen akan kita raih.

Kita bisa tiru apa yang dilakukan Lo Kheng Hong. Investor sukses yang diberi gelar Warrent Buffet-nya Indonesia. Pada tahun 1998 ia membeli saham PT United Tractor Tbk (UNTR) seharga Rp250 per lembar.

Lalu, saham itu dibiarkan ‘tidur’. Perlahan namun pasti saham itu naik menjadi Rp15.000 per lembar. Lo Kheng Hong pun menjelma menjadi orang kaya raya karena mendapat keuntungan 5.900 persen dari saham UNTR yang disimpannya selama enam tahun.

Lo Kheng Hong juga membeli saham PT Indika Energy Tbk (INDY) yang dibeli seharga Rp106 per lembar pada tahun 2016. Ia mengeramkan selama dua, dan kemudian saham tersebut melambung menjadi Rp4.550 per lembar.

Saat harga tertinggi itulah Lo Kheng Hong menjual sahamnya dan meraup cuan hingga sebesar 4.000 persen.

Dengan berinvestasi Anda mendapatkan capital gain dari kenaikan harga saham, dan mengantongi deviden dari perusahaan-perusahaan di mana Anda menaruh saham.

3. Jangan boros

Satu lagi yang penting diterapkan jika ingin selalu punya uang, jangan boros dan berhemat.

Lihat saja pendiri Microsof Office Bill Gates dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Dua miliader ini selalu berpenampilan sederhana di mana dan kapanpun. Mereka tidak mengenakan jam mewah di tangannya, enggan mengenakan baju mahal, dan menolak memakai atribut-atribut yang harganya membuat dahi berkerut.

Karena tujuan mereka menjadi orang kaya bukan ingin memiliki barang-barang mahal atau berfoya-foya, melainkan biasa-biasa saja.

Disarankan, uang yang didapat dari gaji atau hasil usaha, sebaiknya ditabung. Akan lebih baik lagi diputar kembali dengan cara berinvestasi atau mengembangkan usaha yang sedang Anda jalankan. Dengan demikian uang tersebut akan beranak pinak, karena ada keuntungan yang diperoleh.

Intinya, manfaatkan dan gunakan uang yang Anda miliki untuk hal-hal yang bermanfaat. Maka Anda akan menjadi orang kaya yang bijak.

4. Cari penghasilan tambahan

Untuk memiliki uang dalam jumlah banyak, jangan terfokus menjalani satu bidang bisnis atau pekerjaan saja. Lakoni juga pekerjaan tambahan.

Kenapa tidak jika hobimu dapat menciptakan penghasilan tambahan. Lakukan saja selama tidak merugikan orang lain.

Sangat jelas dan detail sekali penjelasan di atas ya? Tidak setiap orang terlahir dari keluarga kaya raya. Tapi menjadi orang kaya merupakan hak dan siapa pun bisa.

1 Comment

  1. Avatar

    Keren artikelnya. Sangat menginspirasi 🙂

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

8369 557,877 Kasus
156 17,355 (3.1%) Meninggal
3673 462,553 (82.9%) Sembuh
03 Dec 2020, 8:24 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia