Select Page

Jurus Maut Agar Pelaku UMKM Berhasil Menggaet Pelanggan Setia

Jurus Maut Agar Pelaku UMKM Berhasil Menggaet Pelanggan Setia

Ilustrasi konsumen. (Foto: ISTIMEWA)

UMINews.com, Semua pelaku usaha, tidak terkecuali pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pasti menginginkan dagangannya laris dibeli masyarakat. Bagaimana caranya agar pembeli yang sebelumnya hanya bertransaksi sesekali saja, bermetamorfosis menjadi pelanggan setia yang sangat royal dan sering berbelanja produk-produk yang kita jual.

Namun, tidak semua orang tahu strategi cara yang ampuh mendapatkan pelanggan setia. Ingin tahu caranya?

Merchant Education Senior Lead Tokopedia Pipit Indrawati mengatakan, setidaknya ada 5 cara yang bisa dilakukan agar konsumen yang sebelumnya hanya sesekali saja membeli dagangan kita menjelma menjadi pelanggan yang loyal.

Dia pun membeberkan jurus maut agar pelaku UMKM mendapatkan pelanggan loyal. Berikut 5 jurus maut tersebut dari Pipi Indrawati.

Pertama, Pipit menyarankan agar pelaku UMKM cepat membalas pesan dari calon pembeli. Baginya ini penting sekali, sebab ketika kita lama membalas pesan maka sama saja kita membuka peluang kepada toko ‘sebelah’ menggaet calon pembeli kita tersebut.

Menurut Pipit, batas waktu terlama untuk membalas pesan dari calon pembeli adalah satu jam. Jika lebih dari waktu itu tidak memberikan respon atau tidak membalas pesan dari calon pembeli, maka bisa jadi calon pembeli itu tidak jadi berbelanja di toko kita, bahkan sangat dimungkinkan calon pelanggan loyal itu akan memilih pindah ke toko lainnya.

Baca Juga:
  Sulit Dapat Mitra Bisnis, Apa yang Salah dengan UMKM?

“Lebih parahnya lagi, kredibilitas Anda sebagai pelaku usaha tercoreng, karena dinilai tidak profesional,” kata Pipit Indrawati dalam konferensi pers virtual Tokopedia, Jumat, 27 November 2020.

Selanjutnya, Kedua, cepat melakukan proses pemesanan. Pipit Indrawati menyatakan, jika kita sangat cepat memproses pesanan, maka pihak pembeli semakin merasa senang. Efek positif yang diterima pelaku UMKM, berikutnya mereka akan berbelanja di toko kita lagi karena puas dengan pelayanan yang kita berikan.

Berikut dan tak kalah penting, Ketiga, lanjut Pipit, pelaku UMKM harus berusaha membuat semenarik mungkin kemasan produknya dan menjamin keamanannya. Apalagi saat ini, ritual membuka pesanan atau unboxing menjadi trend di masyarakat, khususnya pesanan yang memiliki kemasan yang lucu dan menarik. Selain itu, perlu juga dipastikan keamanan dari produk tersebut.

Lanjut Pipit membeberkan jurus Keempat yaitu pelaku usaha harus bersikap sabar ketika menanggapi komplain dari pembeli. Katanya, setiap pembeli memiliki karakter yang berbeda-beda, tidak bisa disamaratakan. Oleh sebab itu penjual harus bersikap sabar menanggapi semua bentuk komplain yang dikeluhkan pembeli.

Ingat! Masyarakat kita sangat menyakini prinsip ‘pembeli adalah Raja’ yang harus diperlakukan secara spesial.

Jurus terakhir, Kelima, adalah menerapkan komunikasi yang ramah. Diakuinya, tak jarang ada orang yang hanya sekadar bertanya saja alias tidak membeli. Tapi di sinilah pelaku usaha diuji untuk memberikan pelayanan yang terbaik, dengan menerapkan komunikasi yang baik dan ramah.

Baca Juga:
  2021, Pemerintah Kembangkan Koperasi Berbasis Komunitas dan Komoditas

Momen-momen seperti itu yang terkadang bisa membuat calon pembeli ingat dengan kita dan di kemudian hari akan datang untuk membeli produk di toko kita akibat layanan kita yang ramah. Jadi, kita harus menjaga sikap dan cara berkomunikasi.

Bagaimana, mudah bukan cara mendapatkan pelanggan setia yang suatu waktu nanti akan menghambur-hamburkan uangnya dengan membeli produk-produk kita. Nah, tunggu apa lagi, yuk kita mulai terapkan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

10365 927,380 Kasus
308 26,590 (2.9%) Meninggal
8013 753,948 (81.3%) Sembuh
19 Jan 2021, 10:40 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia