Select Page

Kalau Ke Ponorogo Mampir ke Rumah Makan Kembar Jowo Ya

Kalau Ke Ponorogo Mampir ke Rumah Makan Kembar Jowo Ya

Rumah Makan Kembar Jowo di Ponorogo, Jawa Timur menyajikan menu zaman dulu. (Foto-foto: Istimewa)

UMINEWS.COM, Bagi Anda yang sedang berada di wilayah Ponorogo, Jawa Timur, tidak akan lengkap rasanya jika tidak mampir dan menyicipi makanan khas di Rumah Makan Kembar Jowo. Selain harganya yang terjangkau, konsep yang ditawarkan bernuansa ndeso.

Mulai dari bentuk bangunannya yang berbentuk Joglo, hingga peralatan makan yang digunakan bisa dikatakan jadul layaknya rumah zaman dulu, namun tetap artistik. Rumah makan ini berlokasi di Jalan Parang Baris, Desa Patihan Wetan, Kecamatan Babadan, Ponorogo.

Menu yang disajikan beragaman, yaitu menu makanan rumahan seperti sayur jantung pisang yang dicampur dengan santan, sayur daun kelor dan sayur terong. Sedangkan untuk penggila masakan pedas ada beberapa pilihan seperti sambal kluwak, terasi, sambal korek hingga sambal gerih.

Pemilik Rumah Makan Kembar Jowo Saidah Ahmad mengatakan memang sengaja menyajikan menu-menu rumahan tradisional tersebut. Tujuannya, agar kaum milenial dapat merasakan makanan di masa masa muda neneknya.

Soal harga, Saidah membanderolnya denga harga variatif. Ia memastikan harga semua menu terjangkau oleh semua kalangan.

“Murah kok harganya Rp9.000, lauknya Rp12 ribu. Sedangkan gorengan seperti tahu dan tempe hanya Rp900,” kata Saidah Ahmad.

Kata Saidah, Rumah Makan Kembar Jowo beroperasi setiap hari dari pukul 09.00 WIB sampai 23.00 WIB. Namun mulai pukul 15.00 WIB sajiannya berubah menjadi menu angkringan.

Alasan lainnya Saidah Ahmad mendirikan rumah makan seperti ini karena melihat banyaknya rumah makan di Bumi Reog tersebut yang menyajikan menu western alias kebarat-baratan. Ia tidak ingin kaum milenial melupakan dan jangan sampai tidak tahu melupakan budaya bangsanya.

Agar lebih bisa menarik masyarakat atau wisatawan datang, Rumah Makan Kembar Jowo menyiapkan alternatif nasi. Bagi yang bosan atau tidak mengkonsumsi nasi putih disediakan nasi tiwul yang rendah karbohidrat.

Sedangkan untuk menu minuman disediakan es susu tape dan wedang rempah.

“Itu yang paling khas. Minuman lainnya standar, seperti es teh, kopi dan lainnya,” ujarnya.

Saidah bersyukur, rumah makannya menjadi pilihan masyarakat Ponorogo dan wisatawan domestik dan mancanegara. Bahkan di hari weekend ia dan karyawannya kewalahan melayani pelanggan yang datang.

“Tapi kita senang melayaninya, apalagi yang datang generasi milenial. Keinginan kami   memperkenalkan makanan tradisional yang dibuat nenek-nenek kita kepada anak muda perlahan-lahan tercapai,” ucap Saidah Ahmad dengan nada bangga.

Ke depannya, Saidah akan semakin memperkaya sajian-sajian khas Ponorogo untuk memanjakan pelanggan.

Pilihan Wisata Kuliner di Ponorogo

Selain Rumah Makan Kembar Jowo, ada beberapa tempat lainnya di Ponorogo yang layak dijadikan pilihan Anda untuk mampir.

Selama ini makanan khas Ponorogo yang paling akrab di telinga para wisatawan adalah Sate Ponorogo yang disajikan dengan campuran bumbu kacang yang kental.

Berikut beberapa restoran atau rumah makan jika Anda berada di Ponorogo:

1. Joglo Manis

Tempat makan ini berada di Jalan Sultan Agung No. 52, Ponorogo. Rumah makan ini beroperasi mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

Begitu berada di dalam, Anda akan dipertontonkan berbagai menu yang menggunggah selera seperti Pecel Ponorogo yang terkenal dengan rasa pedas dan gurihnya. Anda juga bisa merasakan garang asem yang enak dan gurih.

2. Warung Saye Ayam Ponorogo

Menu andalan warung ini adalah sate ayam. Konon katanya, rasa sate ayam di sini memiliki rasa khas tersendiri jika dibandingkan denga sate ayam di Ponorogo lainnya. Sate ayam yang disajikan sangat lembut dan empuk.

Kenikmatan menyantap akan semakin terasa setelah dicampurkan bumbu sambal kecap yang meresap hingga ke dalam. Rasa gurih, manis, pedas bercampur menjadi satu.

Bagi Anda yang ingin mampir, silakan datang ke Jalan Lawu, Gang 1, No. 41 J.

Warung ini buka dari pukul 05.00 WIB sampai 11.00 WIB saja.

3. Mbok Mingkem

Satu lagi tempat wisata kuliner di Ponorogo yang direkomendasikan adalah Mbok Mingkem. Ternyata tidak hanya namanya saja yang cukup unik, tapi juga rasa makannya.

Semua menu makanan di sini terasa lezat dan pedas. Sangat cocok bagi kamu yang penggila makanan pedas.

Rumah makan Mbok Mingkem terletak di Jalan Kumbokarno No. 3, Ponorogo. Dijamin Anda tidak akan kecewa menyantap kudapan di sini.

Nah, bagi kalian yang sedang berada di wilayah Ponorogo atau akan ke Ponorogo, tidak perlu bingung lagi mencari tempat wisata kuliner yang enak. Selain Rumah Makan Kembar Jowo, ada banyak pilihan lainnya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

8369 557,877 Kasus
156 17,355 (3.1%) Meninggal
3673 462,553 (82.9%) Sembuh
04 Dec 2020, 1:46 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia