Select Page

Kalian Harus Tahu, Sales Sama Dengan Entrepreneur

Kalian Harus Tahu, Sales Sama Dengan Entrepreneur

UMINEWS.COM, Di-PHK atau dirumahkan akibat pandemi Covid-19? Tidak perlu putus asa. Kalian bisa menjadi seorang entrepreneur atau berwirausaha tanpa mengeluarkan modal dalam jumlah besar. Ternyata menjadi sales bisa dikatakan sama dengan seorang entrepreneur.

Kalian harus tahu, meski memiliki modal (uang) yang berlimpah tidak menjamin suatu usaha akan berjalan dengan lancar. Diperlukan keyakinan, keseriusan, dan pintar membaca peluang.

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini banyak masyarakat mencari-cari peruntungan di bidang lain, bahkan belum pernah digelutinya. Ingin berwirausaha tapi terkendala dengan modal.

Pakar marketing Hermawan Kartajaya mengatakan jangan bermimpi jika ingin memiliki usaha dengan modal dengkul. Semua bisnis pasti membutuhkan modal. Untuk kondisi seperti sekarang ini ia menyarankan sebaiknya menjadi penjual lepas alias sales.

“Sales itu kan entrepreneur yang artinya seorang wirausaha juga. Jualannya apa? Bisa asuransi, peralatan rumah tangga, dan banyak lagi. Hitung-hitungan keuntungannya berapa sudah ada,” kata Hermawan Kartajaya, Senin (22/6/2020).

Diberitahunya, membuka atau menjalankan bisnis baru di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini tidak mudah. Mereka yang punya jiwa pengusaha saja belum berhasil. Danm menjalani profesi sales saat ini merupakan pilihan yang tepat.

Ada dua jenis yang pantaskan ditekuni di masa pandemi Covid-19 yakni sales asuransi dan ikut anggota Multi Level Marketing (MLM). Keduanya bisa dijalani dengan modal yang sangat minim.

Lanjut Hermawan, menjadi sales juga tidak mudah, sering ditolak. Ia menyarankan perlu membekali diri dengan mental yang kuat dan tidak mudah menyerah. Terpenting juga, seorang sales harus memiliki jaringan dan wawasan yang luas.

“Menjadi sales juga harus terisi otaknya, memiliki wawasan dan jaringan yang luas. Di zaman sekarang bisa belajar gratis kok melalui internet atau Youtube,” imbuhnya.

Lebih detil lagi dipaparkannya, untuk sales asuransi, Hermawan menyarankan di masa pandemi Covid-19 lebih tepat memilih asuransi jiwa. Sedangkan untuk MLM disarankan menawarkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan saat ini.

“Produknya harus bagus seperti vitamin, pasti laku. Apalagi meningkatkan imunitas,” jelas Hermawan.

Profesi sales sangat bergantung pada kinerja dan tidak bergaji atau pemasukan pasti setiap bulannya. Itu artinya, menjalani profesi ini sangat bergantung pada kegigihan masing-masing individu.

Kemudian, Hermawan membocorkan tips menjadi sales yang sukses. Katanya, seorang sales harus menguasai customer knowledge. Seorang sales harus memahami apa yang menjadi kebutuhan customer.

“Namanya jualan, ya selling make people buy. Kita harus dapat membuat orang secara otomatis membeli produk kita, customer number one. Jadi bukan product knowlwdge saja, tapi juga customer knowledge,” tegasnya.

Menurutnya, banyak sales yang keliru dengan hanya menguasai produknya saja (product knowledge). Jika dia menghadapi konsumen yang tidak membutuhkan produk tersebut maka tenaga yang dikeluarkan untuk menawarkan produk akan terbuang sia-sia.

“Selama ini banyak sales yang keliru dengan anggapan harus menguasai product knowledge saja. Dia ngoceh terus menawarkan produknya, tapi ujung-ujungnya calon konsumen itu tidak membeli. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang sedang berhemat. Mereka hanya mengeluarkan uang lebih untuk membeli alat-alat kesehatan atau obat-obatan yang dibutuhkan,” ucap Hermawan.

Bagi Hermawan, profesi sales dapat menjamin kehidupan yang layak jika mempraktikan apa yang dipaparkannya di atas tadi. Selain itu, dengan menggeluti profesi sales di masa pandemi Covid-19 sama saja kita belajar menjadi seorang entrepreneur yang bisa diterapkan di kemudian hari ketika kita memiliki usaha sendiri.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

5534 511,836 Kasus
114 16,225 (3.2%) Meninggal
4494 429,807 (84.0%) Sembuh
25 Nov 2020, 2:42 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia