Select Page

Kapan Waktu yang Tepat Memulai Wirausaha? Ini Menurut Iriana Jokowi

Kapan Waktu yang Tepat Memulai Wirausaha? Ini Menurut Iriana Jokowi

Ibu Negara Iriana Joko Widodo. (Foto: ISTIMEWA)

UMINews.com, Banyak di antara kita yang ingin berwirausaha, tapi tidak tahu kapan atau ragu-ragu menentukan waktu yang tepat untuk memulai. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, banyak perusahaan yang menghentikan aktivitas berniaganya.

Namun Ibu Negara Iriana Joko Widodo berpendapat berbeda. Justru, katanya, saat ini waktu yang sangat tepat, khususnya para generasi milenial menjadi seorang wirausaha.

Kata Iriana, wirausaha yang dikembangkan kaum milenial harus bersentuhan dengan teknologi sehingga bisa membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Sekarang ini adalah waktu yang tepat bagi anak muda Indonesia untuk menjadi seorang wirausaha, untuk membangun dan membesarkan UMKM, membantu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, dan tentunya mendorong ekonomi agar kembali bergerak,” kata Iriana Joko Widodo dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri III secara virtual, Jumat, 20 November 2020.

Menurutnya, menjadi wirausaha di masa pandemi sangat menjanjikan, lantaran masifnya penggunaan teknologi. Pandemi, katanya lagi, memaksa dunia untuk mempercepat penetrasi digital, sehingga membuat siapapun di dunia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman.

Iriana menyebutkan, penetrasi digital sangat bermanfaat karena mampu membuat produk UMKM semakin cepat dikenal masyarakat internasional. Ujung-ujungnya, UMKM Indonesia akan semakin maju dan naik kelas.

Penggunaan platform digital juga perlu cepat dieksekusi agar produk UMKM lokal tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri.

Diucapkan Iriana, pemakaian platform digital bagi UMKM akan membuka kesempatan luas untuk mengembangkan usaha kreatif dan inovatif lebih banyak dan lebih beragam jenisnya.

“Perkembangan yang baik harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kita harus segera menyesuaikan dan menyiapkan diri untuk memperbaiki produk, kualitas, branding, packing, pelayanan, dan juga harga,” imbuh Iriana.

Selain itu, pemanfaatan platform digital sangat menjanjikan karena jumlah anak muda Indonesia sangat besar. Generasi milenial ini terbiasa dengan teknologi sehingga cepat beradaptasi Tak heran, jaringan pertemanannya pun sangat luas.

Bagaimana dengan pemerintah? Iriana menyatakan sangat dimungkinkan memberikan bantuan, seperti memberikan kemudahan melalui banyak program pengembangan kewirausahaan UMKM dari kementerian maupun lembaga pemerintah, Bank Indonesia, BUMN, dan lain-lain.

“Kita dorong dan ciptakan budaya entrepreneur, berwirausaha di kalangan anak-anak muda sebagai kekuatan ekonomi baru yang siap go global dan mendunia, meski di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Mari kita cintai produk dalam negeri, dukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan bangga menggunakan produk Indonesia,” tuturnya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

8369 557,877 Kasus
156 17,355 (3.1%) Meninggal
3673 462,553 (82.9%) Sembuh
03 Dec 2020, 8:06 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia