Select Page

Kemampuannya Tingkat ‘Dewa’, Mak Jen Bikin Pempek Berbentuk Menara Banten

Kemampuannya Tingkat ‘Dewa’, Mak Jen Bikin Pempek Berbentuk Menara Banten

Henny Kartini (kiri) dan anaknya Jenny Jasmin.. (Foto: @jhenny_2321)

UMINEWS.COM, Tak hanya rasanya yang menggugah selera. Pempek buatan ibu dan anak ini memiliki nilai seni yang teramat. Sang kreator menamakannya pempek karakter.

Karakter yang pernah dibuat di antaranya mesin jahit, kue ulang tahun, doraemon, bunga dengan warna-warni yang menarik, dan banyak lagi karakter lainnya.

Henny Kartini, 44 tahun, mengatakan, dirinya membuat pempek karakter tersebut bersama anak semata wayangnya, Jenny Yasmin. Katanya, berbagai karakter bisa dibuatnya tergantung pesanan pelanggan.

“Tergantung pelanggannya mau karakter apa, Insya Allah bisa kami buatkan,” kata Mak Jen, panggilan akrab perempuan ini kepada Uminews.com, Rabu, 11 November 2020.

pempek-karakter-mak-jen

Foto: Instagram @jhenny_2321

Lanjut warga Graha Regency, Pinang, Kota Tangerang ini bercerita, seperti panggilannya sehari-hari, label atau brand pempek yang dibuat bernama ‘Pempek Makjen’.

“Saya dipanggil dengan sebutan Mak Jen karena anak saya namanya Jenny,” jelasnya sambil tersenyum.

Bagaimana caranya jika masyarakat ingin memesan pempek karakter buatannya. Dia mempersilakan menghubungi nomor telepon atau WhatsApp (WA) 082195995103, atau bisa juga melalui akun Instagram @jhenny_2321.

pempek-karakter-mak-jen

Foto: Instagram @jhenny_2321

Tak hanya unik dan memiliki nilai seni yang tinggi, Henny menyebut pempek yang dibuatnya juga mementingkan kesehatan pelanggan. Dijelaskannya, bahan pewarna yang digunakan untuk pempek diambil dari sari pati sayuran.

“Warna hijau diambil dari sayuran sawi, cesin, atau pocay. Kalau warna kuning dari jagung, merah dari wortel. Pempek saya juga enggak menggunakan MSG (mecin). Sebagai penggantinya saya menggunakan kaldu,” tuturnya.

pempek-karakter

Pempek karakter mesin jahit. (Foto: Instagram @jhenny_2321)

Soal harga, Henny menyebutkan paling murah Rp200 ribu. Katanya, harga tergantung dari tingkat kesulitan dan ukurannya.

Henny bersyukur setiap bulannya selalu ada pemesanan. Ia menyatakan sanggup menangani 10 orderan dalam setiap bulannya. “Kalau setiap harinya saya jualan pempek biasa di rumah,” ujar Henny.

Baru-baru ini, Henny mencoba peruntungan dengan mengikuti lomba masak dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Banten ke-20.

pempek-karakter

Pempek berbentuk Menara Banten. (Foto: Instagram @jhenny_2321)

Untuk menyesuaikan tema yang diusung penyelenggara,  yakni ‘Masakan Ciri Khas Banten’, Henny membuat pempek berbentuk Menara Banten dengan bahan atau rasa ikan Bandeng, ikannya orang Banten.

Usaha pempek karena desakan ekonomi

Henny Kartini mengaku dirinya berwirausaha pempek karakter baru beberapa bulan, tepatnya sejak pandemi COVID-19 terjadi di Indonesia.

Sebelumnya ia membuat kerajinan (craft) berkarakter berbahan dasar sabun di antaranya karakter bunga Sakura, yang fungsinya sebagai pengharum ruangan.

pempek-karakter-mak-jen

Foto: Instagram @jhenny_2321

Katanya lagi, selain menurunnya permintaan akan craft berkarakter di masa pandemi COVID-19, di masa normal juga tidak setiap bulan dirinya menerima pemesanan.

“Yang pesan craft karakter saya selain teman-teman, juga ada restoran, dan sebagainya. Tapi kan dalam waktu sebulan, pewanginya belum tentu habis, jadi mereka akan memesan dalam jangka waktu lama kemudian,” terangnya.

Menyadari itu, Henny putar otak mencari sesuatu yang baru, dan terbesit membuat pempek karakter yang setiap bulan ada pemesannya. “Setiap bulan kan pasti ada yang ulang tahun. Alhamdulillah selama ini ada aja yang memesan pempek karakter saya untuk acara ulang tahun, aqiqah-an, atau acara pesta,” imbuh Henny.

pempek-karakter-mak-jen

Foto: Instagram @jhenny_2321

Meski sekarang lebih memfokuskan diri berbisnis pempek karakter, Henny dan anaknya, Jenny, tetap menerima orderan craft dari pelanggan yang membutuhkan.

Tak hanya itu, ia dan sang anak juga sesekali membuat berbagai produk dan baju berbahan dasar dari barang-barang daur ulang dan masyarakat dipersilakan untuk memesan juga.

baju-daur-ulang-mak-jen

Foto: Instagram @jhenny_2321

Ditanya, bakat seni yang dimiliki dirinya dan anaknya turunan dari siapa, Henny mengaku tidak tahu. Sepengetahuan dirinya, tidak ada satupun keluarga besar dari dirinya memiliki keahlian seni.

“Mungkin dari bapaknya anak saya. Dia memang senang ngelukis,” kata wanita yang kini berstatus single parents ini.

Menarik bukan penuturan dari Henny Kartini alias Mak Jen, yang berduet dengan anaknya membuat pempek karakter.

2 Comments

  1. Avatar

    Sukses selalu ya bu,,,

    Reply
  2. Avatar

    Keren bu.. Didoain menang lombanya

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

8369 557,877 Kasus
156 17,355 (3.1%) Meninggal
3673 462,553 (82.9%) Sembuh
03 Dec 2020, 8:34 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia