Select Page

Kenalan Yuk dengan Siti Nurjanah, Enterpreneur Muda Asal Kota Tangerang

Kenalan Yuk dengan Siti Nurjanah, Enterpreneur Muda Asal Kota Tangerang

Siti Nurjanah (tengah bawah) di antara enterpreneur muda Kota Tangerang lainnya. (Foto: Dok Siti Nurjanah)

UMINews.com, Didorong oleh kedua orang tuanya, Siti Nurjanah menjelma menjadi seorang enterpreneur muda asal Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Janah, panggilan gadis berusia 21 tahun ini mengatakan dirinya mulai berwirausaha sejak usia 19 tahun.

Diceritakannya awal terjun ke dunia enterpreneur pada tahun 2018, saat itu dirinya gagal masuk ke salah satu perguruan tinggi pilihannya.

“Memang enggak mudah diterima perguruan tinggi tersebut, peserta, persaingan dan proses seleksinya sangat ketat,” kata Siti Nurjanah kepada Uminews.com di sela-sela acara ‘Kopdar Masyarakat Uminiaga Indonesia (Maunesia)’ yang digelar di Resto Kawali Babakan, Jalan Jenderal Sudirman, Tangerang, Sabtu, 19 Desember 2020.

enterpreneur-muda

Siti Nurjanah bersama komedian Azis Gagap di sebuah acara UMKM di Kota Tangerang, Banten. (Foto: Dok Siti Nurjanah)

Karena tidak lolos seleksi masuk perguruan tinggi, Siti Nurjanah berpikir apa yang bisa dirinya perbuat. Oleh ibunya ia diarahkan untuk belajar berwirausaha. Katanya, sang ibu adalah seorang wirausaha, yaitu memiliki usaha tata rias pengantin.

Ia pun memilih bidang usaha kuliner, yakni membuat sambal dalam bentuk kemasan botol yang diberi label Sambal Ayu Man Nyus.

entrepreneur-muda

Siti Nurjanah (berselendang) bersama-sama pemuda Kota Tangerang. (Foto: Dok Siti Nurjanah)

Kata Ayu lagi, awalnya yang membuat sambal adalah ibunya, ia masih dibimbing. Seiring waktu berjalan, sekarang ini dari mulai proses menyiapkan bahan-bahan, memproduksi, sampai menjual, dirinya yang menanganinya sendiri. “Sekarang sudah saya yang tangani sendiri sampai sistem penjualannya,” ucapnya.

Baca Juga:
  Yosh Adiguna Young, Dokter Gigi yang Banting Setir Jadi Pelaku UMKM

Tak mau setengah-setengah, di tahun yang sama, ia mengikuti pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Tangerang. Dari hasil mengikuti pelatihan tersebut ia mendapatkan sertifikat kewirausahaan.

Tak hanya itu, Siti Nurjanah juga eksis di berbagai bazar, pameran atau event-event kewirausahaan yang digelar Pemerintah Kota Tangerang.

Foto: Dok Siti Nurjanah

Sukses memperkenalkan diri di wilayah Kota Tangerang, Siti Nurjanah melangkah ke tingkat nasional. Ia diundang berpartisipasi dalam sebuah event yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC). Sukses kembali diraihnya, sedikitnya ada 5 perwakilan negara, di antaranya China, Taiwan, Australia dan Turki menyatakan ketertarikannya terhadap Sambal Ayu Mak Nyus.

Tapi, karena sesuatu hal, salah satunya belum mengantongi izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) ia tidak dapat melayani permintaan perwakilan negara-negara asing tersebut.

UMKM-Sambal

Sambal Ayu Mak Nyus milik Siti Nurjanah. (Foto: Dok Siti Nurjanah)

Kata Janah bangga, orang Taiwan terkagum-kagum dengan sambal buatannya yang sangat berbeda dengan sambal yang ada di negara mereka.

“Orang Taiwan itu bilang ke saya, sambal di negara mereka rasanya agak manis, berbeda dengan sambal yang saya buat yang semua rasa ada. Saya jelaskan ke dia, Indonesia kaya akan rempah-rempah, jadi sambalnya berbagai macam rempah-rempah yang dijadikan satu,” terang Siti Nurjanah.

Di tahun 2018 juga, Siti Nurjanah mengikuti kompetisi Pemuda Inspiratif se-Indonesia yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Ia berhasil dalam jajaran 20 besar.

enterpreneur-muda

Siti Nurjanah (kiri pertama), berbaur dengan anggota Komunitas UMKM Maunesia di acara Kopdar anggota Maunesia di Tangerang, Sabtu (18/12/2020). (Foto: Dok Siti Nurjanah)

Tak berhenti di situ saja, di tahun 2019, Siti Nurjanah diundang mengikuti pelatihan-pelatihan di berbagai lembaga negara atau kementerian seperti Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), dan Kementerian Perindustrian. Ia juga terpilih sebagai satu pelaku UMKM dan kewirausahaan yang mewakili Kota Tangerang untuk tampil di sebuah ajang di tingkat Provinsi Banten.

entrepreneur-muda

Siti Nurjanah terpilih sebagai Duta Pendidikan. (Foto: Dok Siti Nurjanah)

Namanya semakin dikenal oleh masyarakat, khususnya di Kota Tangerang dan Provinsi Banten begitu terpilih sebagai Duta Pendidikan. Siti mengaku dirinya sempat enggak pede kenapa dipilih sebagai Duta Pendidikan. Ia pun dijelaskan bahwa kepiawaiannya berbisnis ditularkan kepada sesama generasi milenial seperti dirinya dan juga masyarakat umum. Selain itu, ia harus memberitahu kepada masyarakat bahwa berwirausaha memberikan manfaat yang lebih bagi diri pribadi juga bangsa dan negara.

Baca Juga:
  Kisah Big Bos Chelsea Pernah Jadi PKL

“Kalau saya ingin mengangkat brand lokal ke pasar internasional. Harus kita ketahui, jumlah enterpreneur di Indonesia masih sangat sedikit, baru 3 persen, kalah dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Negara lain saja jumlah enterpreneur-nya sudah mencapai 15 persen. Kita harus mengejar ketertinggalan ini, salah satu caranya menciptakan enterpreneur muda baru,” tukas Siti Nurjanah.

1 Comment

  1. Avatar

    Young Enterpreneurs keren

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

10365 927,380 Kasus
308 26,590 (2.9%) Meninggal
8013 753,948 (81.3%) Sembuh
19 Jan 2021, 11:44 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia