Select Page

Apa Rasanya Makan Kepiting Raksasa Raja Ampat, Datang Aja ke Restoran Ini

Apa Rasanya Makan Kepiting Raksasa Raja Ampat, Datang Aja ke Restoran Ini

menyantap sajian makanan laut kepiting Raja Ampat di restoran Cut The Crab. (Foto-foto: Instagram Cut The Crab)

UMINEWS.COM, Bagi para penggemar makanan laut (seafood) di wilayah Jakarta dan sekitarnya sepertinya tak lengkap jika belum ke restoran Cut The Crab. Anda akan merasakan sensasi menyantap kepiting raksasa Raja Ampat, Papua.

General Manager Cut The Crab Crisinda Sutadisastra mengatakan ada empat cabang di Jakarta yang bisa didatangi pelanggan yaitu di Jalan Cikajang, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan di Mangga Besar, Jakarta Pusat.

“Dua lagi di Pantai Indah Kapuk (PIK) dan Kelapa Gading,” kata  Crisinda.

Crisinda membenarkan pihaknya menyediakan berbagai macam menu makanan laut. Dan yang paling favorit adalah kepiting berukuran besar asal Raja Ampat, Papua.

“Ukuran kepiting Raja Ampat yang kami sajikan ukurannya beragam. Mulai dari satu kilo sampai tiga kilo, bahkan lebih,” jelasnya.

Tak hanya besar ukurannya, cara penyajiannya pun berbeda dengan restoran seafood lainnya. Seluruh makanan yang dipesan akan dihamparkan di atas kertas putih khusus di atas meja dan cara memakannya tidak menggunakan sendok atau garpu.

“Cara makannya langsung menggunakan tangan telanjang. Asyik banget kalau makannya beramai-ramai,” ujar Helmi, Operating Manager Cut The Crab Cikajang.

Menurut Helmi, sebenarnya cara atau tradisi makan tanpa menggunakan sendok dan garpu tak asing bagi masyarakat Indonesia. Bedanya dulu menggunakan daun pisang sebagai alasnya.

“Banyak daerah di Indonesia memiliki tradisi makan seperti ini, misalnya di Jawa Barat alasnya tidak menggunakan piring, sendok dan garpu untuk mengambil makanan, pakai tangan langsung saja,” imbuhnya.

Untuk pilihan bumbu, Cut The Crab menyiapkan beberapa varian yang dapat dipilih pelanggan sesuai kesukannya di antaranya blackpepper, sour and salt, garlic butter, dan saus sambal.

Tak hanya itu, pelanggan juga bisa request bumbu tradisional seperti saus padang, super pedas, medium, atau tidak pedas.

Helmi mengatakan bahwa apa cara penyajian yang diterapkan Cut The Crab merupakan bagian dari upaya melestarikan kebudayaan nasional, serta mendukung program pemerintah membiasakan masyarakat menyantap hidangan laut.

Terpenting dan harus diketahui, seluruh seafood yang disajikan Cut The Crab dijamin terbebas dari zat beracun yang dapat mengancam kesehatan tubuh manusia. Seluruh seafood yang disajikan didatangkan dari luar pulau Jawa yang kondisi alamnya masih terjaga dengan baik.

“Kepiting yang berukuran satu kilo dan lebih kami ambil dari Raja Ampat, Papua. Sedangkan ukuran di bawah itu disuplai dari Kendari, Sulawesi Utara. Begitu pula dengan seafood lainnya,” terang Helmi.

Dipilihnya seafood dari luar pulau Jawa hanya semata-mata ingin menyajikan sajian yang segar dan bergizi kepada pelanggan. Diharapkan ke depannya perairan pulau Jawa, khususnya Jakarta, terbebas dari pencemaran. Dengan begitu hewan-hewan yang hidup di dalamnya layak dimakan.

Tawarkan franchise ke publik

Tak puas sudah memiliki empat cabang di Jakarta, Cut The Crab berencana akan membuka lagi cabang barunya di beberapa daerah, tidak terkecuali di luar Jabodetabek. Bedanya kali ini mengajak masyarakat yang berminat untuk terlibat.

“Bisa di Yogyakarta, Malang, atau daerah lainnya,” kata General Manager Cut The Crab Crisinda Sutadisastra.

Ia berharap rencana membuka cabang baru itu segera terealisasi, apalagi saat ini banyak masyarakat membutuhkan pekerjaan akibat terdampak pandemi COVID-19.

Dijelaskannya, persyaratan untuk mendapatkan franchise Cut The Crab sangat mudah, yaitu hanya mengisi formulir pengajuan dan memiliki tempat untuk berjualan.

“Untuk perabotan dan perlengkapan kami punya standar sendiri, dan harus diterapkan di semua cabang. Peralatan-peralatan yang diperlukan akan kami suplai,” tuturnya.

Demi menjaga kualitas dan Standar Operasional Prosedur (SOP), Cut The Crab akan memberikan training dan pelatihan kepada karyawan di cabang yang baru tersebut.

Selain itu, Cut The Crab juga akan menyuplai bahan-bahan seafood demi menjamin ketersediaan seperti kepiting Raja Ampat, kerang, udang, dan sebagainya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

5803 563,680 Kasus
124 17,479 (3.1%) Meninggal
3625 466,178 (82.7%) Sembuh
04 Dec 2020, 4:53 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia