Select Page

Keripik Duta Pisang Sisihkan 10% dari Keuntungan Untuk Masyarakat Kurang Mampu

Keripik Duta Pisang Sisihkan 10% dari Keuntungan Untuk Masyarakat Kurang Mampu

Septianes Handinata (kiri), foto bersama dengan Abi Wijaya, dan Hendrik Wijaya, bahu membahu menjalankan bisnis keripik Duta Pisang. (Foto: Dok Septianes Handinata)

UMINEWS.COM, Tiga orang pemuda, Septianes Handinata, Abi Wijaya, dan Hendrick Wijaya menjalankan bisnis keripik pisang dengan brand Duta Pisang. Tak hanya semata-mata mencari keuntungan saja, ada misi sosial yang mereka emban.

Septianes selaku Founder Duta Pisang mengatakan bersama dua rekannya telah bersepakat akan menyisihkan 10 persen dari keuntungan yang didapat untuk masyarakat yang membutuhkan.

Dia kemudian menceritakan awal mula berdirinya bisnis olahan pisang tersebut diawali dengan melakukan riset pada 2017.

Untuk diketahui, Indonesia masuk ke dalam daftar 7 besar di dunia sebagai penghasil buah pisang. Selain itu, ternyata masyarakat Indonesia sangat menggemari buah pisang.

“Buah yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah pisang, jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya,” kata Septianes Handinata kepada Uminews.com, Sabtu, 7 November 2020.

Foto: Dok Septianes Handinata

Tian, panggilan akrabnya, kemudian mengajak dua teman semasa SMA yakni Abi Wijaya dan Hendrick Wijaya untuk bersama-sama membangun bisnis peganan berbahan dasar pisang.

“Saya dengan Abi dan Hendrick sama-sama sekolah di SMA Dharma Putra Tangerang. Di Duta Pisang mereka sebagai Co-Founder,” ujarnya.

Lanjutnya bercerita, produk pertama yang dibuatnya bukan keripik, melainkan selai pisang. Namun, kata Septianes, tampilan selai pisang yang dibuatnya membuat dirinya ragu, apa bisa menarik masyarakat untuk membelinya.

Karena tidak yakin, Septianes, Abi dan Hendrick melakukan eksperimen membuat keripik pisang. Kali ini hasilnya sangat memuaskan.

“Lalu kami buat empat varian, yaitu cokelat, keju, vanilla, dan jagung bakar,” tuturnya.

Foto: Instagram @dutapisang

Tak mau setengah hati, Tian dan dua rekannya itu mendirikan sebuah perusahaan bernama PT Harapan Sang Abi pada 5 Desember 2019. Perusahaan ini sekarang yang memayungi produk Duta Pisang.

Dalam pemasarannya, kata Septianes, Duta Pisang lebih memilih cara membangun agen dan reseller daripada bekerja sama dengan toko atau pasar modern, juga marketplace. Saat ini sudah ada lebih dari 30 agen dan lebih dari 50 reseller yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Agen dan reseller Duta Pisang ada di Cirebon, Bandung, Tasikmalaya, Garut, 5 wilayah di Jakarta, Bogor, Batam, Bali, Medan, Palembang, Kediri, Yogyakarta, Surabaya, Manado, Makassar, Kendari, dan beberapa kota lainnya,” ucapnya.

Kepada agen dan resellernya, Septianes mengaku menyarankan agar lebih menawarkan kepada orang-orang terdekat untuk membeli produk Duta Pisang. Alasannya, khawatir tidak cepat laku jika dititip atau dijual melalui toko atau marketplace. Meski begitu, ia tidak melarang jika agen dan reseller ingin berjualan produk Duta Pisang di toko atau marketplace.

Foto: Instagram @dutapisang

Ditanya, bagaimana cara bagi masyarakat yang ingin menjadi agen atau reseller keripik Duta Pisang, Tian mempersilakan menghubungi melalui akun Instagram @dutapisang. “Bisa juga melalui nomor WhatsApp di nomor 089639348033,” terang Septianes Handinata.

Menurutnya, menjadi agen atau reseller keripik Duta Pisang mudah. Persyaratan untuk menjadi reseller hanya membeli 30 bungkus, sedangkan syarat menjadi beli 80 bungkus dan harus bayar cash.

Ungkapnya, saat ini dalam setiap bulan pihaknya menyuplai ke seluruh agen dan reseller totalnya mencapai 7.000 bungkus per bulan. “Belum terlalu banyak sih. Perlahan saja, tapi pasti. Kalau memasarkan juga ke marketpalce dan pasar modern bisa lebih dari 50 ribu bungkus, tapi kami belum menyentuh ke sana, nanti saja,” katanya.

Septianes menyatakan sangat bersyukur memiliki patner bisnis seperti Abi Wijaya dan Hendrick Wijaya. Katanya, ia dan dua rekannya itu saling melengkapi.

“Sebelum buka usaha Duta Pisang saya bekerja sebagai Business Development and Public Speaking. Sedangkan Hendrick sebagai PPIC dan Finance, sementara Abi bekerja sebagai Marketing Sales. Pengalaman kami selama bekerja sangat bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan keripik Duta Pisang,” katanya lagi.

Mempekerjakan Sahabat Disabilitas

Seperti dikatakan Septianes Handinata di atas, misi berbisnis keripik Duta Pisang tidak hanya semata-mata mendapatkan keuntungan semata, tapi juga mengemban misi sosial dan ekonomi.

“Kami sedang belajar bagaimana menjadi sebuah perusahaan yang mengedepankan aspek sosial,” ujar pria usia 32 tahun ini.

“Kami bertiga telah sepakat, 10 persen dari keuntungan yang kami dapat disalurkan ke Yayasan Sayap Ibu yang berlokasi di Bintaro, Tangerang Selatan. Mereka akan menyalurkan ke saudara-saudara yang kurang beruntung,” tambahnya menjelaskan.

Tak hanya itu, Septianes menyebutkan, ia juga mempekerjakan dua penyandang disabilitas. Masing-masing bernama Intan dan Putri. Selain itu, Duta Pisang juga menyekolahkan ke Perguruan Tinggi seorang penyandang disabilitas. “Minggu (8/11) kami membuat charity juga,” ungkapnya.

Putri dan Intan, penyandang disabilitas yang bekerja di Keripik Duta Pisang. (Foto: Dok Septianes Handinata)

Lebih detail lagi diberitahunya, Intan adalah penyandang tuna rungu (tuli), sedangkan Putri mengalami cerebral palsy, yaitu kelumpuhan otak yang mengakibatkan terganggunya kinerja motorik.

Ia pun mengajak kepada para pelaku UMKM untuk berbagi dengan para sahabat disabilitas seperti Intan dan Putri.

Katanya, meski harus menyisihkan 10 persen dari hasil penjualan keripik Duta Pisang tidak mempengaruhi keuangan bisnis penganan keripik pisang yang sedang dirintisnya ini.

6 Comments

  1. Avatar

    Inspirasi buat kami pelaku UKM. Masih muda tapi segudang prestasi.

    Ratna widihastuti
    Owner kenmust

    Reply
    • Avatar

      Assalamualaikum. Luar biasa. Sangat menginspirasi sekali. Anak muda yang sukses dan berjiwa sosial tinggi. Sepertinya saya harus belajar ilmunya terlebih dahulu agar bisa mengikuti jejak nya dan memperoleh hasil sesuai dengan apa yang diharapkan.

      Reply
      • Avatar

        Masya Allah tabarakallah. Sukses dunya wal akhiroh untuk tim duta pisang.

        Reply
  2. Avatar

    Luar biasaa anak2 muda keren sangat menginspirasi .
    Selamat dan sukses yaa moga makin meriah

    Reply
  3. Avatar

    Aku sih yes banget Duta Pisang emang Luar biasa.. disamping rasa nya yg makyoss tapi aku melihtat kreatifitas mereka yg muda2 penuh dengan kerja keras dan juga suka membantu.. semakin sukses Duta Pisang.

    Reply
  4. Avatar

    Begitu baca bagian “menyisihkan keuntungan penjualan dan bagian disabilitas saya tidak bisa berbicara banyak yang pasti sangat mengispirasi saya sebagai pemula untuk lebih explore lagi.mungkin tidak bisa berexpektasi lebih tinggi tapi paling tidak bisa lebih baik dari sekarang.lebih sukses lagi buat DUTA PISANG dan lebih bermanfaat lagi untuk sekitarnya barrakallahu aamiin yra.

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 522,581 Kasus
N/A 16,521 (3.2%) Meninggal
N/A 437,456 (83.7%) Sembuh
28 Nov 2020, 2:23 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia