Select Page

Lestarikan Kuliner Tradisional, Kumpul-kumpul Keluarga Sambil Ngelahap Cilok Diny Thea

Lestarikan Kuliner Tradisional, Kumpul-kumpul Keluarga Sambil Ngelahap Cilok Diny Thea

Foto: Dok Diny Fitriani

UMINEWS.COM, Merayakan ulang tahun anak atau acara kumpul keluarga dengan keluarga, bisa juga dengan teman-teman akan terasa berbeda jika kita menyajikan makanan tradisional. Salah satu yang layak dipilih adalah cilok.

Nah, jika Anda tidak bisa membuat cilok tak perlu bingung. Hubungi saja Cilok Diny Thea.

Diny Fitriani mengatakan berbagai varian cilok diciptakannya yaitu cilok kuah, cilok sambal kacang, dan crispy telur puyuh.

Foto: Dok Diny Fitriani

Mengenai harga, Diny menyebut sangat murah meriah. Harganya disesuaikan dengan jumlah pemesanan.

“Kalau pesan 25 cilok kuah saya banderol dengan harga Rp20 ribu.  Saya juga pernah terima pesanan 100 buah cilok sambal kacang, harganya Rp75 ribu,” kata Diny Fitriani kepada Uminews.com, Sabtu, 7 November 2020.

“Kalau beli paket komplit harganya Rp150 ribu,” tambahnya menjelaskan.

Foto: Dok Diny Fitriani

Setiap harinya, ungkap Diny, dirinya mampu menjual sedikitnya 3 Kilo cilok dengan berbagai varian rasa.

Selain membuat cilok siap saji, Diny mengaku juga membuat kemasan frozen. Per bungkus isi 7 buah dijual seharga Rp15 ribu.

Untuk kemasan frozen ini, ungkap Diny, ia produkso karena banyaknya request (permintaan) dari pelanggannya.

Cilok kemasan frozen ini ketahanannya selama 7 hari. Kok cepat sekali? Diny mengatakan seluruh cilok yang dibuatnya tidak menggunakan bahan pengawet.

Baca Juga:
  Enggak Lama Lagi, Gerai Seblak Cilok Jeletot Teh Neng Eksis Kembali

Alasannya tidak menggunakan bahan pengawet karena ingin mempertahankan cita rasa cilok yang khas buatan dirinya untuk pelanggan-pelangganya.

Foto: Dok Diny Fitriani

Khususnya cilok crispy telur puyuh, kata Diny lagi, ukurannya seperti cilok pada umumnya. “Enggak kecil, sama ukurannya dengan cilok pada umumnya,” ucapnya.

Diakuinya, cilok crispy telur puyuh agak mahal harganya karena proses pengolahannya cukup memakan waktu dan cukup rumit. “Prosesnya harus melalui tiga tahap,” jelas Diny Fitriani.

Diny mengatakan, dirinya memproduksi cilok-ciloknya di rumahnya di Jalan Kentang V No. 31, Cibodas, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Wanita berusia 43 tahun asal Pandeglang ini mempersilakan kepada masyarakat yang ingin menikmati cita rasa khas Cilok Diny Thea dapat menghubungi dirinya di nomor WhatsApp (WA) 085817467968, atau bisa memesan melalui aplikasi Gofood dan Instagram @dinythea19. “Saya juga berjualan di rumah,” tutur ibu dari dua anak ini.

Foto: Dok Diny Fitriani

Diny sadar, sebagai pelaku usaha kuliner dirinya harus memberikan kepastian kenyamanan kepada pelanggannya. Dirinya sudah mengajukan labelisasi halal dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

“Pengajuan saya untuk sertifikasi halal dan HAKI sedang diproses. Insya Allah enggak lama lagi didapat,” imbuhnya.

Foto: Dok Diny Fitriani

Tak hanya di Kota Tangerang dan sekitarnya saja, Cilok Diny Thea  juga diminati penggila makanan tradisional di beberapa daerah lainnya, di antaranya DKI Jakarta.

Baca Juga:
  Berpatner dengan Adiknya, Yeni Berbisnis Pakaian Wanita Muslim NoNi Collection

“Pelanggan saya mayoritas di wilayah Tangerang dan Jakarta. Ada permintaan dari Kalimantan, tapi belum saya realisasikan karena ketahanan cilok yang saya buat enggak lama. Saya sedang mencari formula, apa bisa tanpa bahan pengawet ini dapat bertahan lama,” terang Diny yang memulai usaha cilok sejak 2018.

Diny mengklaim, usahanya membuka usaha cilok sebagai bentuk upaya melestarikan makanan tradisional akibat ekspansi dari makanan luar negeri yang menjamur di Indonesia. “Siapa lagi kalau bukan kita yang melestarikan makanan tradisional,” pungkas Diny Fitriani.

7 Comments

  1. Avatar

    Boleh juga nih

    Reply
  2. Avatar

    Cilook..owh cilook menul menul rasanya mantuul..di nikmati kapan saja ok…pengganti maem nasi cucook nih buat saya ygdiet..so diet freindly daah.

    Rafa kitchen.

    Reply
    • Avatar

      Cucokk dan aman pastinya dilambung 😍

      Reply
  3. Avatar

    Sukses selalu ya teteh,,,,,,bsk ciloknya kita ekspor ke luar negeri yak

    Reply
    • Avatar

      Aamiin yra…doa terbaik buat mam aura kitchen sukses dunia akherat🤩

      Reply
  4. Avatar

    Boleh pak ditunggu orderanya yaa…
    Ig.dinythea16
    Wa.085817467968

    Hanupis
    Salam cilokers 😀

    Reply
  5. Avatar

    Mantul nih ciloknya..dapetinnya ju gampang. Tinggal wa..cilok datang sendiri ke rumah. Tanpa susah2..langsung haap….hmmm…enyaaakkkk..🤗🤗🤗

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 4,255,672 Kasus
N/A 143,807 (3.4%) Meninggal
N/A 4,103,639 (96.4%) Sembuh
28 Nov 2021, 7:52 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia