Select Page

Menikmati Keindahan Alam Indonesia Melalui Aksesoris dari Batu Karya Teafortoo Handycrafts

Menikmati Keindahan Alam Indonesia Melalui Aksesoris dari Batu Karya Teafortoo Handycrafts

Pajangan rumah dari batu yang dibuat Teafortoo Handycrafts. (Foto: Instagram @Teafortoo Handycrafts)

UMINews.com, Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan potensi alamnya. Apapun yang dihasilkan dari dalam perut bumi memiliki nilai ekonomi, salah satunya batu.

Rully Sende Tua Lubis, pemilik galery Teafortoo Handycrafts mengatakan dirinya dibantu oleh saudara dan beberapa temannya membuat bermacam bentuk karya seni dari batu yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia.

“Bentuknya ada yang alami, ada juga yang dipoles, dirapihkan atau dibentuk,” kata Rully Sende Tua Lubis saat dihubungi Uminews.com, Jumat, 1 Desember 2021.

Craft-Batu

Foto: Instagram @Teafortoo Handycrafts

Ia mencontohkan beberapa bentuk kerajinan tangan yang telah dibuat oleh Teafortoo Handycrafts di antaranya bentuk binatang, bangunan, asbak, tempat sabun, piring, dan sebagainya.

Rully menyebutkan beberapa jenis batu yang diolahnya menjadi karya seni bernilai tinggi seperti Kalimaya, Fosil Kayu (batu sempur), Pancawarna, dan Red Jasper.

Dijelaskannya lebih detail, Fosil Kayu adalah kayu yang sudah menjadi batu di mana semua bahan organiknya telah digantikan oleh mineral, dengan struktur kayu tetap terjaga. Proses fosil terjadi di bawah tanah, ketika kayu terkubur di bawah lapisan sedimen.

Craft-Batu

Foto: Instagram @Teafortoo Handycrafts

Sedangkan Jasper adalah suatu agregat dari kuarsa mikrogranular dan/atau kalsedon dan fase mineral lainnya, adalah jenis silika yang tidak tembus cahaya dan tidak murni, biasanya berwarna merah, kuning, coklat atau hijau; dan jarang berwarna biru. Warna merah yang umum disebabkan oleh inklusi besi. “Kalau Kalimaya adalah keindahan batu mulia dari Banten,” ujarnya menerangkan.

Craft-Batu

Foto: Instagram @Teafortoo Handycrafts

Sebagai informasi, Kalimaya adalah salah satu jenis batu mulia atau batu permata yang secara mendunia lebih populer dengan nama opal. Batu ini memiliki kelebihan di antara batu mulia yang lain karena permainan warna karena sifat optiknya yang sangat unik.

Baca Juga:
  Nekat! di Masa Pandemi Kak Maya Buka Toko Buah Dhaha Fresh di Pamulang

Di dalam satu Kalimaya atau Opal, kita dapat menyaksikan indahnya merah delima, zamrud, topas, kecubung dan semua warna cemerlang dari batu permata lain, sehingga seorang maestro drama Shakespeare menyanjungnya sebagai ‘Queen of Gems‘ atau ratunya permata.

Sejauh ini catatan mengenai penemuan Opal di Indonesia hanya berasal dari Banten, tepatnya di empat wilayah kecamatan di Kabupeten Lebak, yaitu Kecamatan Maja, Cimarga, Sajira dan Curugbitung. Dari segi harganya melampaui Opal yang berasal dari negara lain seperti Australia atau Afrika. Salah satu tempat penggalian yang cukup produktif, yaitu di Ciluwuk, yang berada sekitar aliran sungai Ciberang.

Craft-Batu

Foto: Instagram @Teafortoo Handycrafts

Kembali lagi ke Rully, disinggung soal harga, ia menyebutkan mulai dari Rp100.000 sampai jutaan Rupiah. “Saya punya yang harganya Rp17 juta,” ungkapnya.

Penyuka musik Jazz ini menceritakan, dirinya memang penyuka batu sejak dulu, diperkuat lagi dengan latar belakangnya yang pernah bertugas di Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Lebak, Banten.

Craft-Batu

Proses pembuatan karya seni dari batu yang dilakukan Teafortoo Handycrafts: (Foto: Instagram @Teafortoo Handycrafts)

Diakui Rully, dirinya mulai berbisnis batu ketika dipindahkan ke Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lebak pada 2017. Pembelinya, kata Rully, tersebar di berbagai wilayah Indonesia seperti Jakarta, Kalimantan Bali. Bahkan ada pengusaha dari Sukabumi, Jawa Barat mengajak dirinya joint.

Craft-Batu

Foto: Instagram @Teafortoo Handycrafts

Ia juga mendirikan galery di kediamannya di Komplek Siliwangi Regency, Blok F No. 9, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Selain itu, ia pernah menitipkan ke SMESCO dan salah satu toko laboratorium batu di daerah Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga:
  Quna Cookies and Snack, Camilan UMKM Kaya dengan Varian Rasa

Untuk mempromosikan aksesoris dan hiasan dari batu yang dibuat Teafortoo Handycrafts dan melayani permintaan dari konsumen, Rully membuat layanan online melalui Instagram @Teafortoo Handycrafts dan WhatsApp (WA) nomor 087786666245.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

3835 4,185,144 Kasus
219 140,138 (3.3%) Meninggal
7912 3,976,064 (95.0%) Sembuh
17 Sep 2021, 3:43 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia