Select Page

Menteri Agama Beri Garansi Kepada Pelaku UMKM Kemudahan Mendapatkan Sertifikasi Halal

Menteri Agama Beri Garansi Kepada Pelaku UMKM Kemudahan Mendapatkan Sertifikasi Halal

Menteri Agama RI Fachrul Razi. (Foto: ISTIMEWA)

UMINEWS.COM, Menteri Agama Fachrul Razi memastikan pihaknya akan membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mendapatkan sertifikasi halal.

Bentuk dukungan tersebut antara lain diberikan dengan memberikan pendampingan manajemen produk halal, penyederhanaan proses perizinan, serta fasilitasi pembiayaan sertifikasi halal.

“Para pelaku UMKM tidak perlu khawatir karena pemerintah mendukung penuh dengan pemangkasan mekanisme perizinan berusaha,” kata Fachrul Razi beberapa waktu lalu.

Ditegaskannya, Kementerian Agama (Kemenag) sangat mendukung pelaku usaha dalam memproduksi produk halal. Karena itu, Kemenag melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) telah mengalokasikan anggaran tahun 2020 berupa fasilitasi sertifikasi halal bagi 3.283 pelaku UMKM.

Fachrul Razi berharap pemberian fasilitasi ini akan membantu pelaku UMKM mendapatkan sertifikasi halal. Ini dilakukan sekaligus sebagai langkah awal merealisasikan kebijakan pemerintah untuk membebaskan biaya permohonan sertifikasi halal bagi UMKM.

Menurut Fachrul Rozi, pemberlakuan kewajiban sertifikasi halal sejak 17 Oktober 2019 lalu memberikan implikasi yang tidak sederhana. Menurutnya, ada tantangan yang menghadang di depan mata, salah satunya jumlah dan sebaran UMKM yang cukup besar di Indonesia. Dia menyebutkan, jumlah UMKM di Indonesia sebanyak 62,5 juta.

“Jika setengah saja menjadi target wajib bersertifikat halal, ini jumlah yang sangat besar dan signifikan,” ujarnya.

Lanjut Fachrul Rozi, untuk melayani pengajuan sertifikasi halal dibutuhkan dukungan skapaitas dan sumber daya manusia (SDM) pengelola layanan, infrastruktur, auditor yang berkompeten, penyelia halal, sebaran Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), pengawasan JPH, dan tak kalah pentingnya system informasi dan komunikasi yang dapat menopang proses itu semua.

Namun, menurutnya, tantangan tersebut tidak seberapa jika dibandingkan dengan manfaat yang akan diperoleh para pelaku usaha, khususnya UMKM dengan memenuhi kewajiban bersertifikasi halal.

Karena, pemerintah akan melakukan sinergis, kolaborasi, dan inovasi yang dapat mendorong ekosistem halal di Indonesia.

Diungkapkannya, banyak pihak yang menaruh harapan dan perhatian terhadap isu halal, baik di lingkup nasional maupun global.

“Pendek kata, peluang sektor halal ini sangat menjanjikan dan bisa menjadi global halal booming di masa depan. Maka dari itu kita harus memberikan kemudahan kepada para pelaku UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal,” pungkasnya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

8369 557,877 Kasus
156 17,355 (3.1%) Meninggal
3673 462,553 (82.9%) Sembuh
03 Dec 2020, 7:59 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia