Select Page

Merintis dari Bawah, Kini Nenden Pratiwi Sukses dengan Dapur Mamayon

Merintis dari Bawah, Kini Nenden Pratiwi Sukses dengan Dapur Mamayon

Nenden Pratiwi pemilik Dapur Mamayon. (Foto: Dok Dapur Mamayon)

UMINEWS.COM, Kesuksesan dapat diraih dengan kegigihan, konsistensi dan sikap yang tak muda menyerah. Hal ini ditunjukkan Nenden Pratiwi, mompreneur yang sukses berbisnis susu jahe di bawah bendera Dapur Mamayon.

Nenden bercerita, awalnya di tahun 2014 dirinya bersama sang suami membuka wirausaha makanan dengan bahan dasar ceker.

“Namanya Mr Ceker Pentol Mercon,” kata Nenden Pratiwi kepada Uminews.com, Kamis, 13 November 2020.

Pertama kali, kata Nenden, dirinya membuka gerai atau warung di daerah Bojong Kunciran, Ciledug, Kota Tangerang. Tidak lama kemudian ia membuka cabang di Jalan KH Mas Mansyur, Gang Matahari, Pinang, Kota Tangerang.

Saat itu, kata Nenden lagi, dua gerai Mr Ceker Pentol Mercon itu banyak didatangi pelanggan.

dapur-mamayon

Mr Ceker Pentol Mercon Dapur Mamayon. (Foto: Dok Dapur Mamayon)

Ternyata keberhasilannya itu, menurut Nenden, membuat orang iri, tidak suka dagangannya laris, sehingga menyebabkan dua gerainya tutup.

Dalam kondisi tak berdaya, Nenden memutuskan bekerja. “Saya bekerja di salah satu perusahaan, sedangkan suami saya di tahun 2016 ikut orang berjualan susu jahe,” ujarnya.

dapur-mamayon

(Foto: Dok Dapur Mamayon)

Sambil berjualan produk milik orang, suaminya Nenden belajar cara membuat susu jahe. Setahun kemudian, 2017, ia dan suami kembali berwirausaha dengan bermodalkan seadanya. Tapi kali ini produk andalannya susu jahe.

Nenden menyebutkan, saat memulai kembali berwirausaha kondisi keuangannya sangat miris. Bahkan hanya untuk membuat gerobak saja ia tak mampu membeli bahan-bahan material yang dibutuhkan, seperti papan.

Kondisi itu tak membuat dirinya patah arang. Nenden berusaha mencari cara agar bisa membuat gerobak. Ia keliling mencari papan bekas. “Kalau ada yang sedang renovasi rumah, saya minta papan, triplek dan bahan material lainnya yang tidak terpakai untuk dijadikan gerobak. Bahasa kasarnya saya mulung,” kata Nenden.

dapur-mamayon

(Foto: Dok Dapur Mamayon)

Begitu gerobak yang dibuat dari papan atau material bekas jadi, langkah selanjutnya mencari lokasi berjualan, dan mendapatkan di daerah Kelapa Dua, Karawaci, Tangerang. “Alhamdulillah di tempat itu susu jahe saya laris,” ucapnya.

Seiring waktu berjalan Nenden membuka lapak baru di Gang Nangka, Jalan Raya Serpong. Untuk membantunya menjalankan cabang ini ia merekrut satu orang karyawan. Sekarang Dapur Mamayon sudah memiliki 10 gerai yang tersebar di beberapa daerah di Tangerang.

Nenden memberitahu, jika tidak ada aral melintang, dalam waktu dekat dirinya akan memperluas cabang di Bogor, Jawa Barat dan sekitarnya yang launching-nya pada Januari 2021 mendatang.

dapur-mamayon

(Foto: Dok Dapur Mamayon)

Karena kesibukannya mempersiapkan gerai baru, Nenden meminta maaf belum dapat melayani permintaan frenchise dari masyarakat. Alasan lainnya, seluruh produk Dapur Mamayon masih ia dan suami yang membuatnya sendiri.

“Produksinya tidak di rumah, ada tempat khusus di Jalan M Siban, Gang Madu I, RT 03 RW 014, Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang,” terang Nenden.

Selain itu, Dapur Mamayon tidak hanya menyajikan susu saja, tapi juga aneka makanan dan minuman lainnya yang terbuat dari jahe seperti kopi jahe, cokelat jahe, permen jahe, dan cookies jahe. “Dari ampas jahe saya berinisiatif melakukan inovasi-inovasi. Dari pada (ampasnya) dibuang, saya olah menjadi beberapa olahan dari jahe seperti yang saya sebutkan di atas,” imbuhnya.

Harga ekonomis dan memasyarakat

Berapa harga produk susu jahe Dapur Mamayon, Nenden Pratiwi menyebutkan sangat terjangkau kantong masyarakat.

“Kalau reading to drink, minum di tempat hanya Rp6.000, kemasan 250 mili Rp13.000, kemasan 1 liter Rp35.000,” terangnya.

Selain berjualan di sejumlah gerai, susu jahe Dapur Mamayon juga dapat dibeli melalui Gofood dan akun Instagram @dapur_mamayon01. Untuk marketplace masih diproses.

dapur-mamayon

(Foto: Dok Dapur Mamayon)

Dari hasil berbisnis susu jahe Mamayon, total omzet yang diraihnya setiap bulannya sebesar Rp40 juta, bahkan di awal masa pandemi COVID-19 lebih dari itu.

“Di awal-awal masa pandemi yang datang ke gerai banyak banget. Masyarakat meyakini khasiat susu jahe dapat memperkuat imunitas tubuh, dengan begitu terhindar dari ancaman bahaya virus Corona,” tuturnya.

Khusus untuk gerai di dekat Masjid Raya Al Azhom, Jalan Satria Sudirman, Kota Tangerang, dirinya hanya menjual Ceker Pentol Mercon saja. Dan jam operasionalnya hari Sabtu dan Minggu dari pukul 17.00 sampai 21.00 WIB. Katanya, hanya membutuhkan waktu empat jam, dagangannya itu sudah habis.

Berbagi pengalaman dengan rekan UMKM

Pengalaman jatuh bangunannya Nenden Pratiwi dalam berwirausaha diketahui oleh banyak orang, khususnya para pelaku UMKM. Dia pun kerap diminta untuk menceritakan pengalaman bisnisnya.

“Kepada teman-teman sesama pelaku UMKM, saya menceritakan jatuh bangunnya menjalankan sebuah usaha. Tentunya saya juga berbagi ilmu bagaimana memajukan usaha kita,” tuturnya.

Karena pengalaman dan keberhasilannya, Nenden pun didaulat menjadi Ketua UMKM Kunciran, Pinang, Kota Tangerang.

Nenden Pratiwi sangat sadar, ketika dirinya menerima amanah sebagai Ketua UMKM Kunciran maka tugas dan tanggung jawab memajukan UMKM Kunciran berada di pundaknya, selain memikirkan kemajuan Dapur Mamayon. “Kepada pelaku UMKM saya mengatakan di masa pandemi ini selalu putar otak mencari terobosan-terobosan strategi marketing agar usaha kami survive dan tidak melakukan pengurangan karyawan. Justru saya berpikir bagaimana caranya usaha kami dapat membantu membuka peluang pekerjaan guna mengurangi tingkat pengangguran,” pungkas Nenden Pratiwi.

1 Comment

  1. Avatar

    Keren ini bisnis model buat usaha gerobakan..sukses terus bu Lina. Mantap

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

8369 557,877 Kasus
156 17,355 (3.1%) Meninggal
3673 462,553 (82.9%) Sembuh
03 Dec 2020, 8:29 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia