Select Page

Nih Cara Agar Produk Anda Dipasarkan di Indonesia Mall BRI

Nih Cara Agar Produk Anda Dipasarkan di Indonesia Mall BRI

Indonesia Mall yang digagas oleh BRI menjadi salah satu wadah para pelaku UMKM untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produknya. (Foto: Dok Andry Sugiarto)

UMINews.com, Indonesia Mall membuka pintu selebar-lebarnya kepada pelaku dan komunitas UMKM di Indonesia untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produknya. Caranya mudah kok.

Pimpinan Tim Leader Indonesia Mall Andry Sugiarto terlebih dahulu menjelaskan bahwa Indonesia Mall adalah sebuah program dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk memperkenalkan, sekaligus memasarkan produk-produk UMKM di Indonesia tak hanya kepada calon konsumen di dalam negeri saja, tapi juga ke seluruh dunia.

“Tidak hanya di dalam negeri saja. Kami setiap hari melayani permintaan dari  Singapura dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, dan sebagainya. Selain itu ke Korea Selatan, Amerika Serikat, Jerman, Australia dan beberapa negara lainnya di dunia,” kata Andry Sugiarto saat dihubungi UMINews.com, Selasa, 12 Januari 2021.

Indonesia-Mall

Andry Sugiarto (bawah kiri pertama) bersama pelaku UMKM yang tergabung dalam Indonesia Mall menunjukkan produk-produknya. (Foto: Dok Andry Sugiarto)

Lanjutnya menjelaskan, dalam mendistribusikan produk-produk UMKM, Indonesia Mall bekerja sama dengan beberapa e-commerce dalam negeri dan luar negeri. Saat ini produk UMKM yang dikelola Indonesia Mall paling banyak dipasarkan di Tokopedia, yaitu sebanyak 112.000 produk.

Untuk menampung produk-produk tersebut, Andry menyebutkan pihaknya memiliki gudang di beberapa wilayah Indonesia, seperti Jakarta (Palmerah, Jakarta Barat, Bandung, Palembang (Sumatera Selatan), dan Sulawesi. “Stok di gudang kami yang berada di Palmerah ada sekitar 78.000 picis. Terbesar kedua ada di Bandung, ditambah lagi dengan gudang-gudang lainnya,” ujarnya.

Indonesia-Mall

Indonesia Mall bersama para pelaku UMKM dalam acara Tahun BRI UMKM Export 2020 BRILianpreneur. (Foto: Dok Andry Sugiarto)

Cara bergabung dengan Indonesia Mall

Baca Juga:
  Selamat Ya! Seblak Cilok Jeletot Teh Neng Dapat Sertifikat dari Kemenparekraf

Lalu bagaimana caranya para pelaku UMKM dapat bergabung di Indonesia Mall? Menurut Andry sangat mudah.

Pertama yang harus dilakukan adalah mengakses bri.co.id. Di website ini nanti akan menemukan link cara mendaftar ke Indonesia Mall, yakni link http://bit.ly/RegistrasiIM.

“Kalau terlalu lama diresponnya, bisa juga melalui Instagram @indonesiamallbri. Kirim pesan saja ke Direct Message (DM). Kami sangat aktif dan sering menerima pengajuan melalui DM Instagram,” terang Andry Sugiarto.

Indonesia-Mall

Para pelaku/komunitas UMKM di Medan, Sumatera Utara mengikuti proses kurasi Indonesia Mall beberapa waktu lalu. (Foto: Dok Andry Sugiarto)

Selanjutnya, kata Andry lagi, pihaknya akan memberitahu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelaku UMKM, salah satunya harus sudah memiliki izin Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi yang berjualan kuliner. Selain itu, Indonesia Mall juga akan memperhatikan bentuk kemasan produk UMKM yang bersangkutan.

“Kami punya standar kemasan. Kalau dianggap belum layak, kami akan mengarahkan dan menyarankan untuk memperbaiki kemasannya. Ini perlu dilakukan demi meningkatkan penjualan mereka,” tuturnya.

Nah, begitu dinyatakan sudah sesuai dengan klasifikasi yang ditentukan, dirinya akan menghubungkan pelaku UMKM dengan perwakilan atau PIC Indonesia Mall di daerahnya masing-masing.

Indonesia-Mall

Roorsuningsih, pelaku UMKM di Malang, Jawa Timur yang bergabung dengan Indonesia Mall. (Foto: Instagram @indonesiamallbri)

Syarat lainnya yaitu, pelaku UMKM bersedia bekerja sama secara konsiyasi sesuai yang disepekati, khususnya persoalan pembayaran dan harus memiliki rekening BRI.

Baca Juga:
  Wastafel Daur Ulang Drum Bekas, Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi COVID-19

Terkhusus untuk pelaku UMKM di bidang kuliner, ia memberitahu hal yang harus diperhatikan adalan masa kadaluarsa (expired) produknya, yaitu minimal 6 bulan.

Terakhir, para pelaku UMKM yang ingin bergabung dengan Indonesia Mall harus bersedia menyediakan stok sesuai permintaan. “Karena sangat mungkin akan didistribusikan ke daerah-daerah lainnya dan dipromosikan secara besar-besaran,” ungkap Andry.

Keuntungan bergabung dengan Indonesia Mall

Muncul pertanyaan, apa sih keuntungan dan bedanya bergabung dengan Indonesia Mall dibandingkan dengan marketplace yang lain? Andry Sugiarto menjelaskan, dengan bergabung ke Indonesia Mall maka secara otomatis akan dipromosikan dan dipasarkan ke banyak marketplace tak hanya di dalam negeri saja, tapi juga di luar negeri.

“Seperti yang sudah saya jelaskan, kami bekerja sama dengan banyak marketplace seperti Tokopedia, Bli Bli, Shopee, Lazada, dan sebagainya. Dengan marketplace luar negeri kami juga bekerjasama,” jelasnya.

Indonesia-Mall

Foto: Dok Andry Sugiarto

Keuntungan lainnya yaitu, dengan bergabung ke Indonesia Mall, pelaku UMKM tidak perlu repot atau kebingungan membuat materi promo, karena Indonesia Mall akan memotretkan produk tersebut, bahkan sampai menyediakan sosok modelnya sehingga terlihat bagus dan menarik saat produk UMKM tersebut dipromosikan dan dipasarkan

“Bisa dibayangkan berapa anggaran yang harus dikeluarkan pelaku UMKM untuk menggunakan jasa fotografer profesional dan seorang model. Kami menyediakannya free loh,” imbuhnya.

Andry Sugiarto pun memberitahu rencana ke depannya Indonesia Mall akan bermetamorfosis menjadi sebuah marketplace tersendiri. Alasannya, karena semakin hari semakin banyak produk yang ditanganinya.

Baca Juga:
  Produk UMKM Anda Ingin Go Global, Ikut Yuk Program BRI Ini

“Di tahun 2020 ada 30.000 produk UMKM yang mendaftar. Di tahun 2021 Indonesia Mall menargetkan 5-6 kali lipatnya. Kalau kita tidak mandiri, apa bisa marketplace lainnya menampung produk sebanyak itu,” pungkasnya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

10365 927,380 Kasus
308 26,590 (2.9%) Meninggal
8013 753,948 (81.3%) Sembuh
19 Jan 2021, 12:01 PM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia