Select Page

Nih Cara Mudah Dapatkan Bantuan Tunai UMKM dari Pemerintah

Nih Cara Mudah Dapatkan Bantuan Tunai UMKM dari Pemerintah

Foto: Ilustrasi/Istimewa

UMINEWS.COM, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan anggaran beragam bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19, seperti pemberian subsidi bagi pekerja dengan upah di bawah Rp5 juta hingga bantuan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tapi, banyak dari masyarakat yang membutuhkan bantuan tersebut kesulitan saat hendak mendaftarkan diri.

Khususnya bantuan pemerintah kepada UMKM berupa subsidi besarannya mencapai Rp2,4 juta untuk sekali penciran yang ditransfer langsung ke rekening penerimanya.

Supaya mendapatkan bantuan UMKM ini, masyarakat harus mendaftar secara online. Namun, karena situs atau website tersebut beberapa terakhir ini tidak bisa diakses, maka dimunculkan alternatif baru dalam mekanisme pendaftarannya.

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengklaim per 30 Agustus 2020 sudah menyalurkan bantuan tunai sedikitnya kepada 6 juta pelaku UMKM. Dan, masih ada 50 persen kuota bagi pelaku usaha yang ingin mendaftar.

Pendaftaran bantuan bagi UMKM ini awalnya dilakukan hingga 10 September 2020, Namun melihat kondisi di masyarakat, pemerintah akan memperpanjang pemberian bantuan di tengah pandemi COVID-19 yang melanda.

Pemberian bantuan tersebut menargetkan kepada 12 juta pelaku UMKM.

Berikut syarat dan cara terbaru atau alternatif untuk mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp2,4 juta untuk UMKM :

Pertama, pelaku usaha mikro tidak sedang menerima kredit dari perbankan. Pelaku juga harus mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul sebagai lampiran.

Pelaku UMKM juga bukan berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), bukan anggota TNI/Polri, dan bukan karyawan BUMN atau BUMD.

Syarat lainnya, pelaku UMKM merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Semula pelaku UMKM harus mendaftarkan diri secara online melalui laman https://siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id/.

Namun akhir-akhir ini situs atau laman tersebut tidak bisa diakses. Maka dari itu para pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri dengan cara baru, secara manual.

Cara baru untuk memperoleh bantuan tersebut dengan datang ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UMKM) Kabupaten/Kota di wilayahnya masing-masing.

Untuk memudahkan proses verifikasi, pendaftaran diharapkan pelaku UMKM memberikan informasi tentang kondisi usaha secara spesifik. Nantinya, Kementerian Koperasi dan UKM akan melakukan penilaian kelayakan bersama Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Itulah penjelasan cara mendaftar mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah sebesar Rp2,4 juta. Semoga bermanfaat bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Antusias masyarakat

Cara baru mendapatkan bantuan uang tunai disambut antusias oleh para pelaku UMKM. Dodi, pedagang di daerah Cibitung, Bekasi, Jawa Barat mengatakan dirinya sangat membutuhkan bantuan tersebut. Jika dapat akan dipergunakannya untuk menambah modal dagangannya.

Dodi bercerita, dirinya mulai minuman dan makanan setelah diberhentikan oleh perusahaan tempatnya bekerja tanpa diberikan pesangon sepeser pun.

“Saya hanya dikasih gaji terakhir. Dari gaji itu saya gunakan sedikit untuk modal usaha minuman ini,” kata Dodi kepada Uminews.com.

Dia mengaku sudah mendengar pemerintah akan memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM, tapi setiap kali mendaftar melalui online situs pendaftaran itu sering kali error.

“Saya sudah tanya ke sana ke mari, tapi enggak ada jawaban yang pasti,” ujarnya.

Ia berharap, dengan cara terbaru atau alternatif ini dirinya akan mendapatkan bantuan tunai UMKM dari pemerintah. “Lumayan banget buat tambahan modal ngelengkapin barang dagangan saya. Banyak pembeli nanyain, tapi saya enggak ada. Ya karena modalnya kurang,” ucap Dodi.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

6267 534,266 Kasus
169 16,815 (3.1%) Meninggal
3810 445,793 (83.4%) Sembuh
29 Nov 2020, 4:21 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia