Select Page

Nih Programnya Komunitas UMKM Cikalongkulon Mandiri Cianjur Tahun 2021

Nih Programnya Komunitas UMKM Cikalongkulon Mandiri Cianjur Tahun 2021

Pengurus UMKM Cikalongkulon mengikuti penyuluhan pembuatan PIRT dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur. (Foto: Dok UMKM Cikalongkulon)

UMINews.com, Usia boleh masih belia, tapi untuk persoalan program kerja, komunitas UMKM Cikalongkulon Mandiri, Cianjur, Jawa Barat boleh berbangga diri. Tak sampai setahun mereka akan memiliki beberapa kantor atau pengurus cabang.

Dede Kusmiran, Ketua UMKM Cikalongkulon Mandiri Dede Kusmiran mengatakan komunitasnya resmi berdiri tanggal 25 Oktober 2020.

“Masih belia, baru beberapa bulan,” kata kang Deka, panggilan akrab pria ini saat dihubungi UMINews.com, Sabtu, 9 Januari 2021.

Meski begitu, Dede Kusmiran menyebutkan di tahun 2021 telah menetapkan beberapa program pengembangan organisasi. “Insya Allah kalau tidak ada halangan, di tahun 2021 ini kami akan meresmikan pengurus cabang di lima wilayah Cianjur,” ucapnya.

Pengurus-pengurus cabang yang akan diresmikan tersebut di antaranya yaitu di Jalan Samolo, Jalan Jamali,  dan Ujung Genteng perbatasan dengan Sukabumi. Dua lagi adalah Cipanas dan yang wilayah Cianjur yang menuju ke Bandung.

Komunitas-UMKM-Cianjur

Pengurus dan anggota komuitas UMKM Cikalongkulon, Cianjur, Jawa Barat. (Foto: Dok UMKM Cikalongkulon Mandiri)

Lanjut Kang Deka menjelaskan, konsep yang diusung cabang-cabang komunitas UMKM Cikalongkulon Mandiri pada dasarnya tidak berbeda dengan yang sudah berdiri terlebih dahulu, yakni di Jalan Cimatis, Kampung Ngantay RT 08 RW 02, Desa Lembahsari, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur. Selain sebagai kantor sekretariat, juga harus menjadi wadah atau gerai produk-produk UMKM Cianjur.

Baca Juga:
  PTI Beri Pelatihan Kewirausahaan ke Penyandang Disabilitas

Bedanya, kata Kang Deka menambahkan, di setiap cabang kesekretariatan tersebut akan menyiapkan sebagian lahannya untuk dibuatkan semacam kedai, sehingga tamu atau masyarakat yang singgah bisa langsung merasakan produk makanan dan minuman yang dibuat anggota UMKM Cikalongkulon Mandiri. “Kalau yang di Lembahsari tidak ada. Hanya tempat penampungan produk anggota kami saja,” tuturnya.

UMKM-Cianjur

Dede Kusmiran (kanan pertama) dan pengurus UMKM Cikalongkulon hadir di acara pembentukan Koperasi Paguyuban Pasundan Cianjur. (Foto: Dok UMKM Cikalongkulon Mandiri)

Disinggung soal nama, Dede Kusmiran menyatakan tetap menggunakan identitas UMKM Cikalongkulon Mandiri meski di daerah yang berbeda. Namun dia memastikan tidak ada ekskusifitas salah satu daerah. Katanya, komunitas UMKM Cikalongkulon Mandiri dibentuk untuk menampung dan memperkenalkan produk-produk UMKM di Cianjur.

Wakil Ketua UMKM Cikalongkulon Mandiri Achmad Soleh menambahkan, pengembangan yang dilakukan ini sebagai salah satu upaya untuk menciptakan peluang dan memperkenalkan produk-produk UMKM asal Cianjur kepada masyarakat luas.

“Kami berpendapat jangan menunggu peluang, tapi menciptakan peluang,” ujar Achmad Soleh.

Tak hanya memperluas jangkauan struktur organisasi saja, Achmad menyebutkan pihak juga sedang mempersiapkan sebuah aplikasi berbasis Android yang mempromosikan dan menjual produk-produk UMKM, khususnya asli buatan warga Cianjur. “Ke depannya juga akan ada channel UMKM Cikalongkulon Mandiri di YouTube,” imbuhnya.

UMKM-Cianjur

Foto: Dok UMKM Cikalongkulon Mandiri

Ia pun mengajak seluruh warga Cianjur untuk bersama-sama memajukan dan memperkenalkan produk UMKM ke masyatakat luas. Ia pun mempersilakan kepada warga Cianjur yang memiliki produk sendiri untuk dipromosikan atau dititipkan di UMKM Cikalongkulon Mandiri walau bukan sebagai anggotanya.

Baca Juga:
  Impian Ati Diantini, Ingin Buat Pameran Tunggal Kain Tenun Asli Baduy

Ditegaskannya, komunitas UMKM Cikalongkulon Mandiri didirikan dari masyarakat dan untuk masyarakat. “Jadi bukan hanya untuk anggotanya saja, tapi untuk seluruh warga Cianjur,” pungkas Achmad Soleh.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

10365 927,380 Kasus
308 26,590 (2.9%) Meninggal
8013 753,948 (81.3%) Sembuh
19 Jan 2021, 12:23 PM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia