Select Page

Nina Pastel, dari Rasa Sayuran Hingga Rasa Daging Ayam Ada

Nina Pastel, dari Rasa Sayuran Hingga Rasa Daging Ayam Ada

Foto: Dok Nina Rachman

UMINews.com, Bagi Anda suka mengadakan acara kumpul-kumpul dengan keluarga atau dengan siapapun, pasti akan menyiapkan sajian makanan. Dari makanan berat sampai camilan disiapkan. Nina Pastel layak disajikan untuk menambah kehangatan suasana.

Pembuatnya adalah Nina Rachman, warga Jalan Duku V No. 30, Perumnas 1 Kota Tangerang, Banten. Nina mengatakan, ia membuat pesanan pelanggannya di rumah.

“Saya lebih dulu kerja Work From Home (WFH) sebelum pandemi COVID-19,” kata Nina sambil tertawa kepada Uminews.com, Jumat, 27 November 2020.

camilan-pastel

Foto: Dok Nina Rachman

Nina yang mengaku sambil ‘ngelinting’ pesanan pelanggan mengatakan, dirinya kerap mendapatkan pesanan untuk acara pengajian, arisan, ulang tahun, juga sering untuk acara resmi seperti pernikahan, hingga memenuhi kebutuhan instansi pemerintah dan swasta.

Nina menyebutkan, yang membedakan pastel buatannya dengan yang pada umumnya adalah pada isinya. Dirinya membuat berbagai varian rasa.

“Kebanyakan orang bikin pastel isinya kentang, wortel dan bihun. Kalau saya segala varian rasa, sesuai pesanan konsumen, misalnya rasa telur, ayam, daging sapi, dan sebagainya,” tuturnya.

camilan-pastel

Foto: Dok Nina Rachman

Lanjut Nina, selain melayani pesanan untuk dimakan langsung (fresh), dirinyal juga membuat pastel frozen. Diakuinya, sejak virus COVID-19 mewabah di Indonesia, orderan pastel yang datang ke dirinya menurun. Katanya, dalam waktu yang cukup lama pengajian ditiadakan untuk sementara. Begitu juga dengan arisan dan acara-acara kumpul lainnya.

Baca Juga:
  Monggo Mampir ke Djowo Klaten, Rajanya Mie Jawa di Tangerang Raya

Sebenarnya, ucap Nina, sebelum menerapkan pelayanan konsumen secara online, yaitu melalui WhatsApp, dirinya menitipkan pastel buatannya ke beberapa kantin sekolah, gerai dan warung.

Saat ini, kata Nina lagi, dirinya juga belum terlalu aktif berpromosi di media sosial Instagram, juga belum berjualan di marketplace dengan alasan masih membuat pastel sendiri. “Takut pesanan banyak enggak kepegang. Tapi perlahan-lahan saya akan gunakan medsos dan marketplace,” imbuhnya.

camilan-pastel

Foto: Dok Nina Rachman

Seiring waktu berjalan, pesanan melalui online bertambah banyak, Nina tidak nitip lagi ke tempat-tempat tersebut. Dirinya hanya berjualan secara offline di rumahnya saja.

Selain pastel, Nina Rachman juga membuat beberapa camilan lainnya, di antara donut yang juga ada beberapa varian rasa.

Soal harga, Nina menyebutkan disesuaikan dengan request pelanggan. Disebutkan contohnya, harga pastel original yang isi kentang, wortel dan sayuran dibanderolnya dengan harga Rp2.000 per buah. Sedangkan isi telur Rp2.500 dan isi ayam Rp3.000. “Kalau isi telur dan ayam Rp3.500. Harga disesuaikan request pelanggan deh,” jelas Nina.

nina-rachman-umkm-pastel

Nina Rachman, pelaku UMKM kuliner. (Foto: Dok Nina Rachman)

Lanjutkan usaha orang tua

Nina Rachman mengaku berjualan pastel meneruskan usaha ibunya. Katanya, sang ibu berjualan pastel sejak dirinya masih kecil.

“Ibu saya jualan pastel sejak masih kecil. Saya suka bantu ibu saya,” ujar Nina.

Dirinya mulai mandiri berjualan pastel sekitar tahun 2010-2011. Saat itu ibunya juga sudah pensiun dari berjualan pastel.

Baca Juga:
  Bagi yang Suka Ngemil, Qiensa Snack Siapkan Tape Uli, Steak Bayam dan Banyak Lagi

Nina pun tidak memungkiri, sang ibu mewariskan resep membuat pastel kepada dirinya. Berbekal resep itu Nina Pastel memiliki pelanggan setia yang cukup banyak.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 927,380 Kasus
N/A 26,590 (2.9%) Meninggal
N/A 753,948 (81.3%) Sembuh
20 Jan 2021, 4:42 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia