Select Page

Pelaku UMKM Kesulitan Mendapatkan NIB, IUMK, PIRT dan HAKI, Ini Solusinya

Pelaku UMKM Kesulitan Mendapatkan NIB, IUMK, PIRT dan HAKI, Ini Solusinya

Rina Nur Mela Sari (keempat dari kiri) bersama anggota Komunitas UMKM Sinergi Indonesia. (Foto: Dok Rina Nur Mela Sari)

UMINews.com, Salah satu syarat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk maju dan berkembang adalah memiliki izin dan legalitas. Faktanya, banyak pelaku UMKM yang menyatakan kesulitan untuk mendapatkannya karena berbagai alasan dan penyebab. Nah, Komunitas UMKM Sinergi Indonesia menjadi salah satu solusinya.

Pendiri UMKM Sinergi Indonesia Rina Nur Mela Sari mengatakan, komunitas yang didirikan tahun 2020 ini berlokasi di Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Untuk sementara ini kantor sekretariatnya menggunakan sebagian dari rumah saya di Perumahan Griya Parung Panjang,” kata Rina Nur Mela Sari kepada UMINews.com, akhir pekan kemarin.

Katanya lagi, siapapun dapat bergabung dengan komunitas ini, syaratnya hanya punya Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

Komunitas-UMKM-Parung-Panjang

Foto: Dok Rina Nur Mela Sari

Lalu bagaimana dengan mereka yang belum memiliki NIB dan IUMK tapi ingin bergabung, Mela menyatakan pihaknya akan membantu asalkan orang tersebut dapat membuktikan dirinya benar-benar sebagai pelaku UMKM. “Free, enggak mengeluarkan uang sepeser pun,” jelasnya.

Mela mengatakan, visi dan misi didirikannya Komunitas UMKM Sinergi Indonesia adalah membantu para pelaku UMKM agar bisa mengembangkan usahanya. Dan salah satu programnya adalah membantu para pelaku UMKM mendapatkan perizinan.

Baca Juga:
  Kopdar Maunesia: Komunitas UMKM Harus Bisa Berikan Solusi Untuk Anggotanya

Menurutnya, salah satu yang menghambat berkembangnya UMKM karena pelakunya tidak tahu bagaimana cara membuat berbagai izin. “Seperti yang saya katakan tadi, sebenarnya untuk mendapatkan berbagai perizinan dan legalitas tidak mahal kok, bahkan ada yang gratis,” ujar.

“Tapi karena ketidaktahuan dari para pelaku UMKM itu sendiri, akhirnya dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” ungkap Mela menambahkan.

Komunitas-UMKM-Parung-Panjang

Foto: Dok Rina Nur Mela Sari

Mela menegaskan, dirinya dan beberapa anggota Komunitas UMKM Sinergi Indonesia sudah membuktikan itu. Untuk mendapatkan NIB, IUMK, Produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) tidaklah sulit, asalkan segala persyaratan dipenuhi.

Dia pun mempersilakan bagi para pelaku UMKM yang ingin bergabung di Komunitas Sinergi Indonesia dapat menghubunginya di nomor WhatsApp (WA) 082112533278. “Bisa juga langsung ke sekretariat kami. Tapi sebelumnya janjian dulu ya,” imbuhnya.

Komunitas-UMKM-Parung-Panjang

Foto: Dok Rina Nur Mela Sari

Selain membantu para pelaku UMKM mendapatkan perizinan dan legalitas, lanjut Mela menceritakan, beberapa program lainnya telah dijalankan yaitu ‘Jumat Berbagi’.

“Di Jumat Berbagi ini kami atau pelaku UMKM menyisihkan sebagian rezekinya untuk berbagi dengan masyarakat. Contohnya, selesaikan ibadah sholat Jumat anak-anak bisa mendapatkan makanan dari program ini,” ujar Mela.

Program lainnya, lanjut Mela, mengadakan bazar rutin setiap hari minggu di sepanjang jalan utama Griya Parung Panjang, tepatnya di depan Ceria Mart.

Baca Juga:
  Nih Programnya Komunitas UMKM Cikalongkulon Mandiri Cianjur Tahun 2021

Namun, untuk sementara ini terpaksa dihentikan karena masih penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). “Kalau PSBB ketat sudah dicabut, Insya Allah bazar akan kami gelar kembali,” tuturnya.

UMKM-Craft

Acara Jumat Berkah yang dilaksanakan Komunitas UMKM Sinergi Indonesia (Foto: Dok Rina Nur Mela Sari)

Mela mengungkapkan, ke depannya, Komunitas UMKM Sinergi Indonesia akan membentuk koperasi yang tujuannya juga untuk membantu para pelaku UMKM, misalnya dalam persoalan pemasaran dan keuangan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 4,235,384 Kasus
N/A 142,999 (3.4%) Meninggal
N/A 4,075,011 (96.2%) Sembuh
19 Oct 2021, 8:38 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia