Select Page

Rindu Masakan Daerah, Mampir Aja ke Restoran Ini

Rindu Masakan Daerah, Mampir Aja ke Restoran Ini

Restoran Sumber Asli yang menyajikan makanan tempo dulu khas Jawa Tengah dan Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

UMINEWS.COM, Pandemi COVID-19 bukan menjadi alasan bagi sejumlah pelaku usaha untuk tidak memulai bisnisnya, meski tak dipungkiri dampak dari wabah virus ini sangat berdampak bagi kelangsungan bisnis mereka. Seperti yang dilakukan Rofikoh Rokhim atau yang akrab disapa Bu Roro yang berani memulai bisnis Restoran Sumber Asli Makanan Tempo Dulu.

Ada beberapa alasan kenapa orang berani membuka usaha di saat kondisi pandemi, yaitu jumlah kompetitor berkurang, dan lainnya.

Adapun alasan Bu Roro memulai usaha di masa pandemi COVID-19, selain berbisnis tapi ada misi sosial yang disisipkannya, yakni menyerap tenaga kerja yang sebelumnya kehilangan pekerjaan akibat diberhentikan oleh perusahaan tempatnya bekerja dulu.

Dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat, Bu Roro membuka bisnis restoran yang khusus menyediakan menu tradisional, terutama dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Saya membuka restoran khusus untuk warga Jakarta yang kangen masakan tradisional dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Menunya bermacam-macam, tinggal pilih saja,” kata Bu Roro saat ditemui di Restoran Sumber Asli Kuliner Tempo Dulu, Jalan Cipete Raya. Jakarta Selatan, pekan lalu.

Dijelaskan Bu Roro, begitu memutuskan membuka restoran, dirinya melakukan perekrutan beberapa tenaga ahli seperti juru masak alias koki yang berpengalaman membuat masakan-masakan rumah dari kedua daerah tersebut.

Selain itu, ia juga merekrut sejumlah orang yang pernah bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) untuk membantunya membuat berbagai macam menu di Restoran Sumber Asli Kuliner Tempo Dulu.

Dia beralasan kenapa merekrut juru masak seperti itu, karena demi mempertahankan cita rasa masakan rumahan. Dengan begitu, masakan yang disajikan memiliki orientasi rasa yang khas.

“Saya memang sengaja merekrut juru masak atau koki rumahan, bukan yang dari jebolan restoran. Tujuannya ya agar masakan yang disajikan ke pelanggan benar-benar memiliki cita rasa yang khas seperti daerah asalnya,” jelas Bu Roro.

Beberapa kuliner yang ditawarkan di Restoran Sumber Asli memang terbilang unik, bahkan sulit dijumpai di berbagai tempat makan atau restoran yang ada di Jakarta. Sebut saja minuman Gempol Pleret, Botok, Nasi Megono. Tersedia juga menu lainnya seperti Rawon, Nasi Krawu, Sambel Tumpang, dan sebagainya.

Katanya, di Jakarta, pilihan menu-menu seperti itu memiliki konsumen tersendiri. Makanan desa tersebut diusung restorannya agar konsumen bisa bernostalgia menikmati kuliner tradisional.

Mempekerjakan korban PHK

Seperti yang dituliskan di atas, selain ada misi bisnis, Rofikoh Rokhim menyelipkan misi sosial begitu memutuskan akan mendirikan Restoran Sumber Asli, yakni juga memberdayakan masyarakat di sekitar restoran yang terdampak pandemi COVID-19, khususnya yang kehilangan pekerjaan. Dia mengajak lulusan SMA/sederajat untuk bekerja di restorannya.

“Yang kerja di sini ya masyarakat yang tinggalnya di sekitar restoran yang kehilangan pekerjaan atau belum mendapatkan pekerjaan selama pandemi COVID-19,” tuturnya.

Sebelum benar-benar bekerja, Bu Roro memberikan pelatihan kepada karyawan-karyawannya itu tentang bagaimana melayani pelanggan secara baik serta memahami suplly chain.

Apakah dirinya tidak takut mengalami kerugian karena kondisi perekonomian yang masih belum pasti, bahkan terkesan semakin memburuk. Dengan tegas, Rofikoh Rokhim mengatakan, dibutuhkan keberanian serta komitmen untuk memulai usaha dan mengambil keputusan. “Saat ini saya memilih untuk menjalankan Restoran Sumber Asli Makanan Tempo Dulu. Setiap usaha pasti ada risiko mengalami kerugian, tinggal bagaimana kita menyikapi dan menyiasatinya. Insya Allah semua risiko itu bisa kita lalui dengan indah,” ucapnya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

6267 534,266 Kasus
169 16,815 (3.1%) Meninggal
3810 445,793 (83.4%) Sembuh
29 Nov 2020, 8:33 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia