Select Page

Semarak HUT Tangerang ke-28, 3 Anggota MAUNESIA Juarai Lomba Desain Kemasan Produk UMKM

Semarak HUT Tangerang ke-28, 3 Anggota MAUNESIA Juarai Lomba Desain Kemasan Produk UMKM

I'jaah Moe (kanan ketiga) dan Dapur Mamayon (kiri kedua) ditetapkan sebagai Juara Pertama dan ke-3 di acara lomba Desain Kemasan Produk Pangan yang diikuti para pelaku UMKM se-Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Senin (8/2/2021). (Foto: Dok I'jaah Moe)

UMINews.com, Menyambut HUT Kota Tangerang ke-28, kecamatan-kecamatan yang tersebar di wilayahnya menggelar berbagai perlombaan yang diikuti oleh para pelaku UMKM. Tiga anggota komunitas Masyarakat Uminiaga Indonesia (MAUNESIA) berhasil dinyatakan sebagai juara di dua kecamatan yakni Kecamatan Pinang dan Kecamatan Cipondoh.

Di Kecamatan Pinang untuk perlombaan kategori Desain Kemasan Produk Pangan, dua anggota MAUNESIA dinyatakan sebagai pemenang yaitu produk I’jaah Moe sebagai Juara Pertama dan Dapur Mamayon Juara ke-3. Sedangkan untuk Juara ke-2 berhasil diraih produk Sultan Cake.

Satu lagi anggota komunitas MAUNESIA yang dinyatakan sebagai juara ke-2 untuk kategori Desain Fesyen di Kecamatan Poris Plawad adalah Cicipluk.

Berikut paparan tentang 3 anggota Komunitas MAUNESIA yang berhasil menjuarai lomba desain produk UMKM tingkat kecamatan di wilayah Kota Tangerang.

1. I’jaah Moe

Nandaini mengatakan dalam lomba kategori Desain Kemasan Produk Pangan ada 13 peserta yang merupakan perwakilan dari 11 kelurahan di wilayah Kecamatan Pinang.

Dirinya sendiri menampilkan kemasan dalam bentuk Pouch berbahan alumunium foil yang di dalamnya ada sachet.

“Varian produk-produk I’jaah Moe yaitu Jahe Merah Gula Semut, Kunyit Gula Semut, Rempah Celup, Ketumbar Celup, Bir Pletok, Bandrex dan Bajigur,” kata Nandaini.

UMKM-Jamu

Nandaini (kiri), Juara Pertama lomba kategori Desain Kemasan Produk Pangan yang digelar Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Senin (8/2/2021) dalam rangka memperingati HUT Kota Tangerang ke-28. (Foto: Dok I’jaah Moe)

Katanya, perlombaan dilaksanakan pada hari Senin, 8 Februari 2021, dan pengumuman pemenangnya juga dilakukan di hari yang sama. “Alhamdulillah saya Juara Pertama. Hadiahnya uang tunai Rp5 juta,” ucap Nandaini sumringah.

Baca Juga:
  Bank Syariah Indonesia Diresmikan 1 Februari, Akan Bangun Pusat UMKM di Daerah

Nanda, panggilan akrabnya menceritakan, dalam menentukan kemasan untuk produk-produk I’jaah Moe, ia dibantu oleh seorang desainer asal Bandung, Jawa Barat.

“Desainer itu mendengarkan kemasan seperti apa yang saya mau, lalu ia tuangkan dalam bentuk desain. Begitu cocok, saya buat deh kemasan itu,” jelasnya.

UMKM-Jamu

Foto: Dok I’jaah Moe

Nanda menjelaskan, kemasan-kemasan produk I’jaah Moe memang sengaja dibuat cerah dan ceria. Tujuannya agar kesan terhadap produk jamu herbal yang pahit dapat diminimalisir.

“Dengan melihat kemasan I’jaah Moe yang cerah dan ceria maka kesan atau stigma terhadap jamu herbal akan berubah. Yang sudah-sudah, pelanggan saya jadi ketagihan dan merasakan manfaatnya,” ujar Nandaini.

UMKM-Jamu

Foto: Dok I’jaah Moe

Sebagai Juara Pertama, I’jaah Moe akan mewakili Kecamatan Pinang dalam lomba di tingkat Kota Tangerang. Nandaini memastikan dirinya akan mempertahankan desain kemasan yang sekarang ini.

2. Dapur Mamayon

Satu lagi anggota Komunitas MAUNESIA yang berjaya di kategori lomba Desain Kemasan Produk Pangan di Kecamatan Pinang adalah Dapur Mamayon. Di acara menyambut HUT Kota Tangerang ke-28 ini menampilkan produk-produk terbarunya yaitu Red Ginger, Milk Mo Ginger, Ginger Candy, Ginger Chocolate, dan Stik Bawang.

Nenden Pratiwi mengatakan, dirinya dinyatakan sebagai Juara ke-3 dan berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp2 juta.

UMKM-Olahan-Jahe

Permen Susu Jahe Milk Moo Ginger. (Foto: Dok Nenden Pratiwi)

Seperti I’jaah Moe, Dapur Mamayon akan mewakili Kecamatan Pinang di perlombaan tingkat Kota Tangerang nanti. Nenden mengaku hadiah uang yang didapatnya akan dipergunakan untuk memperbaiki tampilan kemasan produknya.

Baca Juga:
  Akibat Di-PHK Danang Jadi Bos Teh Bunga Telang

“Ada beberapa koreksi dari juri untuk desain kemasan produk Dapur Mamayon,” tuturnya. “Semoga saja di event lomba se-Kota Tangerang desain kemasan produk Dapur Mamayon dapat bersaing,” kata Nenden berharap.

UMKM-Olahan-Jahe

Minuman olahan jahe Dapur Mamayon. (Foto: Dok Nenden Pratiwi)

Begitu juga dengan Nenden Pratiwi, dirinya dibantu oleh seorang desainer saat membuat kemasan produk-produk Dapur Mamayon. “Konsepnya dari saya, lalu dituangkan oleh desainer itu dalam bentuk gambar, karena saya enggak pintar komputer,” jelas Nenden Pratiwi.

3. Cicipluk

Sementara itu di Kecamatan Cipondoh seorang anggota MAUNESIA, Aspiah, dinyatakan sebagai Juara ke-2 kategori lomba Desain Fesyen dengan nama brand Cicipluk.

“Saya ditetapkan sebagai Juara ke-2, hadiahnya uang tunai Rp3 juta,” ucap Aspiah kepada UMINews.com.

Ada cerita unik dari keikutsertaan Aspiah di ajang lomba ini. Ia mengaku sebenarnya nyaris tidak ikut jika tidak didaftarkan oleh pihak Kelurahan Poris Plawad di mana dirinya tinggal.

“Awalnya saya diminta oleh Kelurahan Poris Plawad untuk membuatkan batik khas Tangerang dengan model sweater. Hasilnya ditampilkan di sebuah acara di kelurahan, Kamis (4/2) kemarin,” ungkapnya.

UMKM-Konveksi

Foto: Dok Aspiah

Tertarik dengan batik khas Tangerang yang dibuat Aspiah tersebut, pihak Kelurahan Poris Plawad menyarankan agar mengikuti acara perlombaan dan akand dibantu pendaftarannya. Aspiah pun menurutinya.

Tak disangka-sangka, desain batik khas Tangerang dengan model sweater produksi Cicipluk keluarga sebagai Juara ke-2 di tingkat Kecamatan Cipondoh.

Baca Juga:
  1.564 Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Go Digital 2020

Aspiah mengatakan akan menggunakan hadiah uang yang diterimanya untuk membeli bahan-bahan batik, lalu dijahitnya dan diikutlombakan di tingkat Kota Tangerang.

Aspiah, Juara ke-2 lomba kategori Desain Fesyen se-Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. (Foto: Dok Aspiah)

Pertanyaan selanjutnya, kapan lomba desain atau kemasan produk UMKM se-Kota Tangerang akan digelar? Kita tunggu saja informasinya. Dan, apakah tiga anggota MAUNESIA yang disebutkan di atas akan berhasil juara kembali.

Sampai saat berita ini diturunkan, masih ada beberapa kecamatan yang belum menggelar perlombaan antar pelaku UMKM di daerahnya dalam rangka memperingati HUT Kota Tangerang ke-28. Tak menutup kemungkinan ada anggota Komunitas MAUNESIA yang berhasil juara juga.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

5702 1,577,526 Kasus
126 42,782 (2.7%) Meninggal
6349 1,426,145 (90.4%) Sembuh
13 Apr 2021, 9:40 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia