Select Page

Suka Duka Triyono yang Kaleng Krupuknya Dibeli Jokowi

Suka Duka Triyono yang Kaleng Krupuknya Dibeli Jokowi

Triyono menunjukkan kaleng krupuk yang dibeli Presiden Joko Widodo. (Foto-foto: ISTIMEWA)

UMINEWS.COM, Siapa yang tak bangga jika produk kategori UMKM buatannya diminati dan dibeli oleh seorang Presiden RI. Hal ini dirasakan Triyono, perajin funiture kayu dan kerajinan tembaga.

Triyono yang memulai bisnisnya pada tahun 1994 memiliki galeri di kawasan Kemang Timur, Jakarta Selatan. Galeri itu diberi nama Mandiri Art Shop. Triyono. Setiap bulannya Triyono mengaku bisa meraup omzet di kisaran Rp50 juta.

Selain kualitas produk yang tidak diragukan, Triyono memastikan seluruh produk buatannya didesain dengan karakter khusus dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Ia mencontohkan perabotan rumah tangga yang dipadukan dengan ukiran bertemakan budaya lokal seperti wayang dan batik. Berkat ciri khasnya ini Triyono mampu bersaing menggaet pembeli dari berbagai kalangan.

Tak hanya warga lokal saja yang membeli ke Triyono, tetapi juga banyak ekspatriat atau warga negara asing (WNA), bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli produknya.

“Tahun 2006 Presiden Jokowi beli produk kaleng kerupuk, gelas dan ring serbet. Saya yang mengantarkan langsung ke bagian Rumah Tangga Istana Kepresidenan,” kata Triyono.

Awal merintis usaha

Triyono menceritakan perjalanan bisnisnya. Awalnya ia tidak membuat produk sendiri, melainkan mengambil dan menjual kembali produk kerajinan asal Bali, Lombok dan Yogyakarta.

Lingkungan tempat tinggalnya yang didominasi warga ekspatriat membuat dirinya banyak bergaul dengan orang-orang mancanegara. Dari situlah ia melihat ada peluang bisnis kerajinan seni asli Indonesia.

“Saya sering mengikuti bazar yang digelar para ekspatriat. Hasilnya saya dapat pelanggan tetap dari kalangan mereka,” ujar Triyono.

“Mereka ada yang berasal dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, India, Jepang, dan lainnya. Mereka suka dengan benda yang memiliki nilai seni yang tinggi,” tambahnya.

Informasi tentang Triyono dengan cepat menyebar di kalangan ekspatriat dari mulut ke mulut. Hingga banyak rekan-rekan orang asing itu membeli produk Triyono.

Karena semakin besar dan banyaknya pelanggan, Triyono mulai mencari perajin yang dapat membantu usahanya. Seorang perajin kayu asal Wonogiri dan satu lagi perajin tembaga asal Yogyakarta direkrutnya. “Satu lagi asal Jakarta untuk bantu saya di sini,” tuturnya.

UMKM binaan Pertamina

Diketahui Triyono merupakan salah satu pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) PT Pertamina (Persero) Tbk yang berhasil Go Global. Pertamina mendorong seluruh UMKM binaannya agar mampu memasarkan produknya ke mancanegara.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan upaya Go Global UMKM mitraan binaan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya seperti yang dilakukan Triyono, yakni bergaul dengan para ekspatriat.

Pertamina sendiri, kata Fajriyah, telah memiliki program kemitraan sebagai upaya menduniakan produk-produk UMKM Indonesia.

“Ada program atau tempat namanya Business Forum dan Business Matching yang anggotanya buyer-buyer asing. Ini merupakan wadah untuk memperkenal produk-produk UMKM kita ke calon pembeli di mancanegara,” jelas Fajriyah Usman.

Sebelumnya, lanjut Fajriyah, pelaku UMKM akan diberikan pelatihan dan pembinaan dasar, seperti membantu mendapatkan perizinan usaha atau sertifikasi lainnya. Setelah itu Pertamina mendorong pelaku UMKM dari tradisional menjadi Go Global, Go Digital, Go Modern, dan Go Online.

“Ini sebagai implementasi Go 8 Sustainable Development Goals (SDGs). Diharapkan program ini akan membantu masyarakat mendapatkan pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

Fajriyah berkeyakinan, jika program ini jalan sebagaimana mestinya dan baik, maka akan banyak bermunculan pelaku-pelaku UMKM sukses seperti perajin funiture kayu dan kerajinan tembaga, Triyono.

1 Comment

  1. Avatar

    Waah keren ya
    Unik dan sangat kreatif
    Sukses terus ya pa Triyono

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

5803 563,680 Kasus
124 17,479 (3.1%) Meninggal
3625 466,178 (82.7%) Sembuh
04 Dec 2020, 5:41 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia